Arti Warna Helm Proyek Wajib Kalian Ketahui !!

Arti Warna Helm Proyek – Jika anda salah satu pekerja proyek bangunan tentu sudah tidak asing lagi dengan pemandangan sebuah helm yang digunakan banyak orang. Nah yang menjadi pertanyaan kenapa terdapat banyak warna helm digunakan, kenapa tidak satu warna saja.

Apabila setiap warna ada artinya, lantas helm proyek putih artinya apa dan warna kuning artinya apa ? Apakah keduanya memiliki perbedaan atau sama. Perihal pertanyaan seperti tersebut sebetulnya terdapat arti warna helm proyek harus anda ketahui.

Setidaknya ada 6 warna helm proyek sesuai ketentuan berlaku, masing masing warna helm proyek memiliki arti sendiri sendiri. Penggunaan warna pada helm proyek bisa di lihat dari jabatan yang dimiliki, contoh saja driver ALAT BERAT memiliki warna berbeda dengan manager maupun pengawas lingkungan.

Oleh karena itulah kenapa anda semua wajib untuk mengetahui arti warna sebuah helm proyek, sehingga lebih mudah mengenal atau memahami jika kebetulan bekerja di proyek. Selain itu juga akan dijelaskan pengertian helm proyek tambang serta konstruksi secara jelas dan detail.

Arti Warna Helm Proyek Wajib Kalian Ketahui

Sampai disini pastinya kalian semua semakin penasaran dengan arti masing masing warna pada helm bangunan bukan ? Untuk mengetahui itu semua silahkan simak langsung pembahasan sudah dipersiapkan oleh Ahlikuli.com tentang arti warna helm proyek seperti dibawah ini.

Fungsi Helm Proyek

Sebagai informasi tambahan, sebelum lanjut ke pembahasan utama terlebih dahulu informasikan kepada anda semua fungsi utama sebuah helm proyek. Karena kami sangat yakin sekali jika masih banyak orang belum begitu paham, terutama bagi pekerja baru.

Baca  Kelebihan Tangga Besi Wajib Diketahui & Kekurangan

Fungsi helm proyek adalah sebagai pelindung kepada dari kejadian seperti kejatuhan dari atas sehingga mengurangi resiko cidera dalam bekerja. Sampai saat ini banyak perusahaan besar wajib memerintahkan setiap pekerja untuk menggunakan sebuah helm proyek.

Warna Helm Proyek

Warna Helm Proyek

Dikutip dari laman resmi Binamarga, terdapat 6 warna yang sudah ada saat ini dimana masing masing memiliki arti warna helm proyek. Dari ke enam warna tersebut diantaranya adalah Putih, Hijau, Biru, Merah, Orange dan yang terakhir adalah Kuning.

Seperti sudah kami jelaskan kepada kalian semua, setiap warna memiliki arti masing masing. Jika penasaran dengan arti setiap warnanya akan kami informasikan seperti dibawah ini.

Arti Warna Helm Proyek

Arti Warna Helm Proyek

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas, sebelumnya juga sudah disampaikan beberapa warna sudah digunakan. Sedangkan untuk kali ini akan terfokus arti dari sebuah warna helm proyek seperti dibawah ini.

Putih

Warna putih artinya helm yang digunakan bagi mereka yang memiliki jabatan seperti Manager, Pengawas, Insinyur maupun juga mandor.

Hijau

Warna Hijau artinya helm yang digunakan oleh pengawas lingkungan saja.

Biru

Warna Biru artinya sebuah helm dipakai bagi mereka yang memiliki jabatan Supervisi, Elektrikal Kontraktor maupun Pengawas Sementara.

Merah

Warna Helm Merah artinya sebuah helm yang digunakan bagi mereka dengan jabatan Saffty Officer yang bertanggung jawab memeriksa keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Orange

Helm Orange pada warna ini memang jarang dilihat karena akan digunakan bagi tamu perusahaan atau tamu proyek yang melakukan survei lapangan.

Kuning

Helm Kuning artinya sebuah warna yang digunakan bagi orang memiliki jabatan seperti pekerja umum, operator maupun sub kontraktor.

Kesimpulan

Setelah melihat artikel seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa fungsi utamanya memang untuk melindungi, sedangkan pemilihan warna dilihat dari jenis jabatan yang dimiliki. Sampai disini apakah sudah paham dan jelas ? Tentunya sudah dong, karena kami jelaskan secara detail.

Baca  3 Persyaratan Dalam Instalasi Listrik Wajib Diketahui & Dipatuhi

Sekiranya hanya itu saja informasi dapat disampaikan mengenai arti warna helm kontruksi serta fungsi utamanya untuk apa dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.