20 Jenis Alat Berat Terlengkap 2020 : Penjelasan & Fungsi

Jenis Alat Berat – Alat berat sendiri merupakan mesin berukuran besar yang di desain untuk melakukan fungsi kontruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking) dan juga untuk memindahkan bahan bangunan ke tempat lain. Perlu kalian ketahui juga bahwa ada 5 komponen yang terdapat pada alat berat.

Komponen-komponen tersebut diantaranya adalah implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisi serta sistem kendali. Alat berat juga merupakan aspek penting dalam sebuah proyek, yang utama adalah proyek kontruksi maupun pertambangan serta kegiatan lainnya dengan skala besar.

Jenis alat berat disamping pekerjaan kontruksi juga meliputi pertanian, traktor, truk pengankut, pertambangan dan kegiatan kontruksi lain dengan skala yang besar. Berbicara mengenai jenis alat berat, kami akan membahas mengenai hal tersebut serta apa saja fungsi dari masing-masing alat berat.

Banyak sekali jenis-jenis alat berat yang biasa digunakan dalam proyek pembangunan dan lain sebagainya. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai jenis alat berat terlengkap beserta penjelasan dan fungsinya berikut ini.

Jenis Alat Berat Terlengkap : Penjelasan & Fungsi

Jenis Alat Berat

Jenis dan Fungsi Alat Berat

Ada banyak sekali jenis alat berat yang dapat kalian ketahui. Setiap alat berat juga memiliki fungsinya masing-masing. Nah lebih jelasnya simak pembahasannya berikut ini.

1. Excavators

Excavators

Excavator merupakan jenis alat berat yang paling sering kita temui, khususnya di tempat-tempat yang nantinya akan dibangun sebuah gedung atau perumahan. Jenis ini banyak digunakan untuk pembongkaran, mengangkat berat, mengeruk tanah, memotong pohon, perataan tanah dan lainnya.

Bentuk alat ini terdiri dari batang, tongkat, keranjang dan sebuah rumah sebagai tempat untuk si pengendali mesin. Alat ini dapat berputar hingga 360 derajat yang menjadikan pengemudi semakin mudah menjalankannya.

2. Backhoe

Backhoe

Backhoe merupakan jenis alat berat yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menggali parit, bongkar muat, mengangkat material dan lain sebagainya.

3. Dragline Excavator

Dragline Excavator

Jenis yang selanjutnya ada Dragline Excavator. Alat yang satu ini banyak digunakan untuk penggalian kedalaman dalam skala besar. Dragline Excavator ini terdiri dari boom yakni sebuah alat panjang dan juga ember penahan yang terpasang pada bagian atas boom yang menggunakan kabel. Alat berat ini juga kerap digunakan untuk pembangunan pelabuhan, penggalian bawah air, pembuangan sedimen dan lain sebagainya.

4. Bulldozer

Bulldozer

Buldozer adalah alat berat yang kerap digunakan sebagai alat untuk menghilangkan lapisan tanah hingga kedalaman tertentu. Buldozer memiliki logam besar dan lancip pada bagian depan yang dapat diatur untuk menaikan atau menurunkannya dengan piston hidrolik.

Kemudian pada bagian belakang terdapat Ripper yang berfungsi untuk membongkar material yang tidak bisa digali serta Winch untuk menarik material. Jenis alat ini banyak ditemui di proyek pertambangan batu bara dan pertambangan lainnya.

5. Graders

Graders

Graders juga dikenal dengan nama motor perata, yang mana bisa digunakan untuk meratakan permukaan tanah dalam kontruksi jalan secara mekanis. Ada 3 bagian penting dalam alat berat yang satu ini, yang pertama adalah bilah horizontal yang ada diantara roda depan dan belakang.

Kemudian bilah yang diturunkan ke permukaan tanah untuk perataan dan kabin pengoperasian untuk mengatur. Graders ini banyak digunakan sebagai alat untuk menghilangkan salju atau kotoran yang ada di jalanan, meratakan tanah sebelum dilakukan pengaspalan, meratakan tanggul, pencampuran tanah, pengurugan tanah galian dan lain sebagainya.

Pada awalnya, Grader merupakan alat dengan model yang ditarik dengan menggunakan tenaga hewan atau manusia. Namun seiring dengan perkembangan zaman, maka alat ini dilengkapi dengan teknologi mesin.

6. Wheel Tractor Scraper

Wheel Tractor Scraper

Dikenal juga dengan nama Traktor Pencakar Roda yang merupakan alat berat dengan bagian depan seperti traktor beroda dan bagian belakang merupakan alat scrapping untuk digunakan memindahkan tanah seperti blade dan berjalan dengan hopper yang mengumpulkan tanah. Jenis alat berat ini memiliki konfigurasi-konfigurasi seperti berikut ini:

  • Open bowl: membutuhkan pendorong lain
  • Elevating scraper: self-loading dan tidak membutuhkan push-cat
  • Tandem scraper: traktor dan scraping terpisah untuk daerah yang licin dan curam
  • Tandem Push-pull: memusatkan tenaga gabungan dari dua mesin ke satu ujung tombak
  • Auger: dipasng secara vertikal pada bowl untuk menarik material ke atas
  • Pull type scrape: truk pertanian, truk pembuangan, atau buldoser untuk menarik

7. Trenchers

Trenchers

Trenchers banyak digunakan untuk menggali parit, dimana penggalian ini biasanya untuk pemasangan pipa, kabel, drainase dan lainnya. Ada 5 jenis Trenchers yang dapat kalian ketahui berikut ini.

  • Chain trenchers: penggali rantai yang digerakkan disekitar bingkai logam berbentuk bundar
  • Wheeled trenchers: penggali beroda yang terdiri dari roda logam bergigi, untuk tanah keras atau lunak
  • Micro trenchers: penggali dengan roda batu kecil khusus untuk daerah perkotaan
  • Portable trenchers: penggali portabel, sepesialis untuk perawatan rumput atau memasang tepi landscape dan jalur irigasi
  • Trench-mount trenchers: penggali yang membutuhkan traktor gear creep untuk beroperasi, dn termasuk chain trenchers

8. Loaders

Loaders

Loaders adalah alat berat yang difungsikan untuk memuat material ke dumper, truk dan lain-lain. Material tersebut juga dapat berupa limbah, tanah galian, pembongkaran, bahan baku dan material jenis lainnya. Alat ini memiliki sebuah ember besar pada bagian depan dengan lengan yang lebih pendek.

Alat ini juga memiliki ban karet yang berukuran besar. Untuk komponen utama Loaders adalah mesin (disel di semua case), hidrolik (pompa, katup dan motor) dan komponen transmisi (gearbox, as roda, lintasa, motor, pompa dan lainnya).

9. Tower Cranes

Tower Cranes

Tower Crane merupakan alat berat yang kerap digunakan sebagai alat untuk mengangkat material kontruksi dengan jangkauan yang tinggi seperti pembangunan gedung bertingkat. Balok beton, rangka baja dan jenis material inilah yang banyak diangkat menggunakan alat ini dengan ketinggian yang dapat ditentukan. Tower Crane sendiri memiliki beberapa komponen-komponen penting seperti berikut ini:

  • Tiang Vertikal sebagai menara pendukung utama,
  • Jib Crane adalah tiang horizontal sebagai lengan operasi crane,
  • Counter Jib yakni lengan lainnya yang membawa beban di sisi belakang crane, memegang counterweight, hoist motor, hoist drum, dan elektronik.
  • Slewing merupakan unit yang berada diatas tiang, sebagai mesin derek untuk berputar.
  • Kabin Operator berfungsi sebagai pengoperasian crane, berada di atas slewing.
  • Hoist Winch yaitu kerekan-kerekan yang terdiri dari (motor, gearbox, drum, tali dan rem kerekan)
  • Hook merupakan alat kait sebagai penghubung antar material ke crane.
  • Beban yaitu bobot pada counterweight sebagi pengimbang antr berat matelial yang diangkat.

10. Asphalt Pavers

Asphalt Pavers

Alat berat yang satu ini banyak ditemui di proyek pengaspalan jalan di kota-kota besar atau jalan tol dan lainnya. Paver terdiri dari feeding bucket berisi aspal yang siap untuk di sebar secara merata. Kemudian juga ada roller yang berfungsi untuk pemadatan lapisan aspal.

11. Compactors

Compactors

Compactor biasa juga disebut dengan roll. Dimana alat ini berfungsi untuk memadatkan material atau permukaan aspal. Ada banyak jenis compactor dengan fungsi pemadatan yang berbeda-beda, diantaranya Sheep-foot rollers digunakan untuk pemadatan yang lebih dalam, sedangkan Pneumatic tyred rollers digunakan untuk memadatkan tanah yang halus, dan lapisan aspal.

12. Telehandlers

Telehandlers

Lalu ada Telehandlers yang berfungsi untuk mengangkat material hingga ketinggian yang ditentukan. Walaupun memiliki fungsi yang sama dengan crane, namun alat ini merupakan mesin beroda yang dapat berjalan dan memiliki lengan sebagai pengangkatnya.

Lengan yang dimiliki berisi telescopic boom panjang yang dapat dinaikkan dan diturunkan atau diteruskan. Alat ini juga memiliki jenis konfigurasi lain seperti forklift, bucket, kabin, jib, dan lainnya. Telehandler juga bisa dipasang pada ujung telescopic boom berdasarkan kebutuhan pekerjaan.

13. Feller Bunchers

Feller Bunchers

Feller Bunchers adalah alat yang dapat digunakan untuk memotong pohon sebelum melakukan penebangan. Alat ini akan memudahkan pekerjaan pengumpulan batang pohon yang hendak dimuat ke truk. Alat ini dilengkapi juga dengan gergaji rantai, gergaji bundar dan alat penjepit pada bagian dasarnya.

14. Dump Trucks

Dump Trucks

Dump Truk biasa digunakan untuk mengangkut material dalam jumlah yang besar. Material yang biasanya diangkut adalah pasir, tanah, batu dan lain sebagainya.

15. Pile Boring Machine

Pile Boring Machine

Kemudian ada Pile Borring Machine. Dimana alat berat yang satu ini banyak digunakan pada kontruksi penggalian lubang bor untuk pemasangan pasak atau tiang. Alat ini banyak ditemui di pengerjaan tiang jembatan, gedung tinggi, komplek industri besar atau pengerjaan pondasi tiang yang dalam.

16. Pile Driving Machine

Pile Driving Machine

Dan jenis yang terakhir adalah Pile Driving Machine. Jenis ini banyak digunakan sebagai alat penggerak tiang pancang dalam kontruksi pondasi tiang.

Itulah beberapa pembahasan mengenai jenis dan juga fungsi masing-masing alat berat yang dapat kalian ketahui. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga cakar ayam bangunan yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.

5/5 (1 Review)