15 Tips & Cara Agar Cat Dinding Tidak Mengelupas 2020

Cara Agar Cat Dinding Tidak Mengelupas – Keindahan sebuah rumah bukan hanya terletak pada desain eksterior dan juga interior rumah tersebut. Namun ada salah satu elemen penting dalam sebuah rumah, yakni warna. Rumah dengan tampilan warna yang serasi tentu akan memberikan kesan indah dan elegan.

Walaupun demikian masih banyak dari mereka yang kurang paham mengenai cara mengkombinasikan warna agar terlihat lebih menawan dan menarik. Padahal perpaduan warna yang sangat serasi sangat menambah nilai plus yang terpampang dari sisi eksterior maupun interior rumah kalian nantinya,

Perlu kalian ingat juga bahwa metode pengecatan sebaiknya dilakukan dengan prosedur yang benar agar nantinya hasil yang diperoleh sangat memuaskan. Jika kalian mungkin kurang percaya diri untuk melakukan pengecatan sendiri, kalian dapat menyewa jasa pengecatan rumah dengan mengetahui terlebih dahulu HARGA BORONGAN CAT yang dipatok saat ini.

Prosedur pengecatan yang dilakukan asal-asalan biasanya dapat membuat cat dinding mudah mengelupas. Hal ini tentu bukan yang kalian inginkan bukan? Maka dari itu kalian dapat memahami terlebih dahulu mengenai penyebab cat dinding mengelupas dan bagaimana cara agar cat dinding tidka mengelupas. Untuk informasi lengkapnya simak pembahasan berikut ini.

Tips & Cara Agar Cat Dinding Tidak Mengelupas

Cara Agar Cat Dinding Tidak Mengelupas

Penyebab Cat Dinding Mengelupas

Disini perlu kalian ketahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan cat dinding mudah mengelupas. Lebih jelasnya simak pembahasannya berikut ini:

1. Kualitas Cat Rendah

Cat dengan kualitas rendah biasanya memiliki resin yang kurang baik, hal ini yang menyebabkan cat dapat dengan mudah mengelupas. Maka dari itu jangan ragu untuk membeli cat dengan kualitas yang baik. Saat ini harga cat tembok dengan kualitas memang dibanderol dengan harga yang cukup mahal, akan tetapi sebanding dengan kualitasnya.

2. Permukaan Dinding Kotor dan Berminyak

Pada saat melakukan pengecatan ulang, pastikan terlebih dahulu bahwa permukaan dinding sudah benar-benar bersih dan tidak berminyak. Karena biasanya dinding kotor dan berminyak menjadi salah satu penyebab mengapa cat mudah mengelupas.

3. Permukaan Tembok yang Mengapur

Selain penyebab diatas, permukaan tembok yang mengapur juga dapat menjadikan cat tembok mengelupas. Cat tembok yang mengapur juga dapat menjadikan permukaan tembok keropos. Jika sudah seperti ini, kalian juga harus menemukan cara memperbaiki tembok yang keropos sebelum melapisi cat dasar tembok dan cat akhir.

4. Tidak Membersihkan Sisa Cat yang Lama

Ketika melakukan pengecatan, sebaiknya kalian harus membersihkan sisa-sisa cat yang lama. Terlebih apabila cat lama memiliki kualitas yang buruk, tentu ini dapat menjadi penyebab cat mudah mengelupas.

5. Dempul Berkualitas Rendah

Dinding keropos memang mau tidak mau harus kita tambal dengan dempul. Dempul tersebut juga sebaiknya memiliki kualitas baik agar hasilnya maksimal. Pengaplikasian dempul dengan kualitas rendah sebelum melakukan pengecatan biasanya dapat menyebabkan cat mudah sekali terkelupas.

6. Pencampuran Cat Terlalu Encer

Campuran cat umumnya menggunakan waterbase, akan tetapi kalian bisa memberikan campuran air. Campuran air ini juga sebaiknya jangan terlalu banyak, karena dapat membuat cat menjadi terlalu encer. Pengecatan dengan menggunakan cat yang encer tentu akan membuat cat dapat dengan mudah terkelupas nantinya.

7. Ketidakcocokan Antara Cat Dasar dan Cat Akhir

Apabila kalian menggunakan cat dasar dan cat akhir yang tidak cocok, hal ini dapat menimbulkan lapisan cat tertarik dan memicu adanya pengelupasan pada cat tersebut. Cari tau terlebih dahulu jenis cat dasar dan juga cat akhir yang cocok dengan merk yang sama.

Tips & Cara Agar Cat Dinding Tidak Mengelupas

Cara Mengecat Tembok

Jika kalian sudah mengetahui apa saja penyebab yang membuat cat mudah terkelupas, maka langkah selanjutnya adalah langkah pengecatan. Cara agar cat dinding tidak mengelupas dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama kalian dapat mempersipkan peralatan mengecat, alat-alat tersebut diantaranya adalah:

  • Masking Tape
  • Amplas
  • Penutup (kain koran atau lembar plastik)
  • Dempul
  • Kape
  • Kuas & Roller
  • Tiang Ekstensi sebagai penyangga roller untuk mengecat area yang tinggi
  • Papan/Baki Cat
  • Tangga
  • Dan lain-lain

2. Jika semua peralata sudah lengkap, kalian dapat mulai membersihkan permukaan dinding dengan menggunakan scrap/kape serta kain

3. Usahakan dinding benar-benar bersih tidak kotor, berminyak, lembab dan cat lama benar-benar sudah terkelupas

4. Setelah itu siapkan cat, baki dan kuas atau roller untuk mengecat dan lakukan pelapisan cat dasar terlebih dahulu. Pada poin ini kalian dapat melakukan pelapisan cat dasar dengan merk yang sama seperti cat yang akan digunakan nantinya.

5. Celupkan kuas atau roller cat ke baki yang sudah berisi cat, lakukan pengaplikasian cat dengan teknik huruf WS atau MS jika kalian menggunakan roller. Cara ini lebih efektif dan lebih menghemat penggunaan cat.

6. Setelah lapisan pertama selesai dan merata, maka kalian dapat melakukan pengecatan untuk lapisan ketiga. Hal ini agar cat benar-benar merata dan menempel sempurna sehingga kemungkinan mengelupas sangatlah sedikit.

7. Jika menurut kalian dengan melakukan 2 lapisan pengecatan masih dirasa kurang, kalian dapat melakukan pengecatan sekali lagi.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara agar cat dinding tidak mengelupas. Mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.