18 Cara Membasmi Rayap Terlengkap 2021 : Penyebab & Cara Mengatasi

Cara Membasmi Rayap – Rayap adalah binatang dianggap mengganggu karena sifatnya yang merusak. Rayap akan memakan semua furniture dengan bahan kayu mencakup lemari, ranjang, pintu, tiang, bahkan sampai dinding rumah.

Jika pemilik rumah tidak membasmi rayap maka kerusakan akan semakin parah bahkan resikonya bangunan bisa roboh. Munculnya rayap memang bersumber dari adanya kondisi ruangan yang lembab dan memiliki akses langsung dengan tanah.

Kesalahan saat pembangunan dapat menjadi penyebab munculnya rayap. Termasuk ketika TIPS MEMASANG PAVING BLOCK tidak dilakukan secara benar maka efeknya menimbulkan rongga sehingga dapat menjadi jalan rayap.

Cara membasmi rayap juga dapat menghindari kerugian fiansial akibat rusaknya furniture serta struktur bangunan berbahan kayu. Memang munculnya rayap tidak dapat diduga, jadi apabila anda menjumpainya segera lakukan langkah pembasmian.

Cara Membasmi Rayap Terlengkap

Cara Membasmi Rayap

Rayap muncul ke permukaan tanah untuk mencari makan, dengan teknologi terbaru sudah ada radar khusus untuk mendeteksi keberadaannya. Namun perangkat radar dijual cukup mahal, lantas bagaimana cara membasmi rayap secara maksimal?

Penyebab Timbulnya Rayap

Langkah pertama sebelum membasmi rayap adalah mengetahui penyebab kemunculan pada sebuah bangunan. Kondisi lingkungan lembab memang jadi salah satu faktor, selain itu struktur sebuah bangunan juga berpengaruh besar

Penyebab Timbulnya Rayap
  • Struktur bangunan memiliki rongga dimana dapat dimanfaatkan rayap untuk masuk. Biasanya terdapat pada pipa, celah pondasi, bagian tembok bahkan kuda kuda atap.
  • Perabotan kayu yang dimiliki tidak berkualitas bagus sehingga memancing rayap.
  • Bangunan tidak bersih dan terurus sehingga rayap mudah tinggal dan berkembang biak didalamnya.
  • Dalam sebuah bangunan kurang mendapatkan cahaya maupun aliran udara sehingga menimbulkan kondisi lembab.
  • Tanah yang subur diarea rumah juga akan memancing rayap datang.

Cara Membasmi Rayap

Cara membasmi rayap dapat dilakukan menggunakan alat maupun bahan pendukung. Selain itu dengan melakukan cara dibawah ini juga dapat dijadikan langkah pencegahan rayap masuk kedalam sebuah bangunan.

Cara Membasmi Rayap Terlengkap

1. Coba Turunkan Suhu Ruangan

Khusus untuk anda yang menggunakan AC silahkan turunkan suhu ruangan sehingga tidak terlalu lembab. Silahkan set AC ke temperatur yang paling rendah dimana erubahan suhu akan membuat rayap cepat mati dan tidak bisa berkembang biak.

2. Tambah Ventilasi Udara

Anda bisa menambahkan lebih banyak lubang udara supaya suhu akan naik dan sinar matahari bisa masuk. Usahakan pada tiap sudut rumah dilengkapi ventilasi dan dekatkan juga dengan perabotan berbahan kayu.

3. Bersihkan Genangan Air

Cara membasmi rayap berikutnya sangat simple karena anda cukup membersihkan genangan air. Jika memiliki kolam di halaman silahkan secara teratur membersihkannya supaya tidak memancing rayap.

4. Menyemprotkan Cairan Garam

Berikutnya anda dapat menggunakan campuran air dan garam kemudian menyemprotkannya ke tempat rayap berada. Air garam cukup ampuh membuat rayap mati dengan perlahan

5. Memakai Minyak Jeruk

Langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan minyak jeruk ke sarang rayap. Secara langsung kandungan d-limonede akan membunuh rayap dengan waktu cukup cepat.

6. Cara Membasmi Rayap dengan Oli

Oli juga dapat dimanfaatkan membasmi rayap karena memiliki suhu yang lebih panas. Dengan menuangkan oli pada sarang akan membuat perubahan suhu sehingga perlahan rayap akan pergi.

7. Cara Membasmi Rayap dengan Kapur Barus

Kapur barus sangat mudah didapatkan di toko terdekat dan dikenal memiliki banyak manfaat. Cukup ampuh untuk mengusir rayap melalui baunya, selain itu anda juga bisa memasang kapur barus pada furnitur seperti lemari misalnya.

8. Memakai Air Sabun

Air sabun mempunyai manfaat mengganggu pernafasan rayap sehingga akan cepat mati. Cara membasmi rayap dengan sabun memang hal yang mudah karena tinggal mencampurkannya dengan air kemudian dituangkan furniture.

9. Menggunakan Lidah Buaya

Cara membasmi rayap berikutnya adalah memakai lidah buaya, tanaman ini cukup mudah didapatkan. Lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rayap di bagian plafon rumah.

10. Perbaiki Pipa ataupun Keramik yang Rusak

Perbaikan pada keramik dan pipa rumah juga bisa jadi langkah untuk menangkal rayap yang kelihatannya mungkin disepelekan. Dengan memperbaiki rumah maka tidak akan ada uap air yang masuk sehingga suhu ruangan lebih terjaga.

11. Tutup Semua Retakan

Jangan berikan celah untuk rayap masuk kedalam sebuah bangunan dengan menutup lubang lubang. Anda bisa menutup retakan dengan menggunakan adonan semen atau dapat memakai berbagai merek CAT ANTI BOCOR.

12. Hindari Kontak Dinding Berbahan Kayu ke Tanah

Apabila masih menggunakan material dinding kayu maka usahakan menjaga jaraknya dengan tanah. Rayap memang menyukai kayu sehingga akan mudah untuk masuk, anda bisa mengakalinya dengan memasang penutup lantai.

13. Hindari Menyimpan Kayu Kering

Hal berikutnya yang cukup penting adalah menghindari menyimpan kayu kering dimana menjadi media berkembang biak rayap.Anda dapat menyingkirkan kayu kering ke lokasi yang jauh dari rumah atau bahkan membuangnya.

14. Jemur Perabotan Kayu

Secara teratur menjemur perabotan kayu juga dapat menghindarkan dari serangan rayap. Jemur dengan waktu cukup lama supaya kayunya tidak lembab dan mengandung air, selain itu gunakan juga pernis berkualitas untuk menutup rongga furniture.

15. Gunakan Air Cucian Beras

Ternyata air cucian beras juga dapat dimanfaatkan membasmi rayap, jadi saat memasak jangan buru buru membuangnya. Langsung saja semprotkan cucian beras ke lokasi rayap berkembang biak maka membuatnya berpindah.

16. Mengusir Rayap Memakai Minyak Esensial Cengkeh

Minyak cengkeh juga memiliki kemampuan maksimal untuk mengusir rayap secara permanen. Hal ini disebabkan bau cengkeh tidak disenangi rayap sehingga membuat perlahan mati ataupun berpindah ketempat lainnya.

17. Memakai Obat Rayap

Cara membasmi rayap paling cepat adalah menggunakan obat yang bisa didapatkan secara mudah di toko. Beberapa merek obat rayap terbaik seperti misalnya Hogasan, Bash Stealth, Conant, Bantrek maupun Latrex 400 EC.

18. Memanfaatkan Asam Borat

Bahan kimia yang mampu membunuh rayap dengan cepat dan mengusirnya adalah asam borat. Memang untuk mendapatkannya anda perlu mendatangi toko bahan kimia, namun ketika digunakan mampu bekerja maksimal membasmi rayap.

Demikian rangkuman cara membasmi rayap yang Ahlikuli.com berikan, anda dapat memilih sendiri metode mana yang paling ampuh. Selain itu membasmi rayap juga bisa murah karena cukup menggunakan bahan yang ada di rumah.