3 Cara Mengatasi Meteran Listrik Error 01 02 03 & Penyebabnya 2021

Cara Mengatasi Meteran Listrik Error – Listrik memang sudah jadi kebutuhan pokok untuk masyarakat Indonesia. Kita tentunya sudah mengenal listrik pascabayar maupun prabayar dimana setiap orang memiliki preferensi tersendiri.

Masalah meteran listrik error sering kita jumpai apalagi untuk pelanggan prabayar yang menggunakan token. Beberapa kode yang sering muncul seperti ERR-01, ERR-02 serta ERR-03 dimana masih banyak orang kurang mengetahuinya.

Apalagi untuk industri rumahan yang sudah membeli HARGA CUTTING POTONG BESI mahal tentunya tidak akan berfungsi jika tanpa listrik. Untuk mengatasi masalah meteran error memang dibutuhkan penanganan berbeda berdasarkan kode yang muncul.

Kadang kita juga menjumpai meteran hidup tapi listrik mati yang menjadi tanda tanya, padahal pulsanya masih ada. Sumber masalahnya bisa jadi berada pada sistem perhitungan meteran yang mengalami gangguan sehingga mematikan daya otomatis.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Error

Nah untuk cara mengatasi meteran listrik error dapat dilakukan jika anda mengetahui sumber masalahnya darimana. Sebagai referensi Ahlikuli.com sudah menyiapkan tutorial untuk mengatasi meteran listrik error berikut ini.

1. Cara Mengatasi Meteran Listrik Error 01

Penyebab utama dari munculnya error 01 atau ERR-01 adalah token listrik habis sehingga bagian contractor pada meteran secara otomatis dilepas. Namun karena ada jumper positif maka anda masih bisa mengatasinya tanpa perlu mengganti meteran listrik.

Meteran Listrik Error 01

Bisa jadi ada tegangan listrik yang tidak stabil dari peralatan rumah tangga. Sebaiknya anda periksa terlebih dahulu kabel atau perangkat mana yang berpotensi menimbulkan konsletting, cara berikutnya ikuti langkah dibawah ini.

Cara Mengatasi

  • Laporkan kepada PLN kemudian kenakan P2TL.
  • Tahapan mengatasinya adalah dengan melepas jumper listrik.
  • Selanjutnya masukkan free issue.
  • Kemudian langkah terakhir adalah memasukkan clear tamper dan dalam beberapa saat meteran listrik akan kembali normal.

2. Cara Mengatasi Meteran Listrik Error 02

Kemungkinan besar munculnya error 02 ataupun ERR-02 adalah grounding yang menyatu dengan komponen netral. Hal ini pastinya akan menimbulkan daya tegangan dimana seharusnya fungsi grounding untuk meredam arus listrik.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Error 02

Kemungkinan kedua bisa jadi anda mengalami kehabisan token listrik sehingga contractor secara otomatis dilepaskan. Langkah mengatasinya anda dapat melakukan reset meteran listrik supaya bisa bekerja seperti semula.

Cara Mengatasi

  • Matikan semua aliran listrik.
  • Tunggu sampai maksimal 15 menitan kemudian hidupkan listrik kembali.
  • Jika ternyata meteran masih error maka langkah berikutnya adalah melakukan reset.
  • Tekan tombol 07 kemudian enter untuk melakukan reset.
  • Selanjutnya tinggal beli token listrik kemudian isi seperti biasanya.

3. Cara Mengatasi Meteran Listrik Error 03

Kemudian saat muncul error 03 atau ERR-03 biasanya masalah terdapat pada jumper positif. Anda perlu melepas jumper kemudian memasangnya kembali supaya meteran dapat kembali berjalan normal.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Error 03

Namun bisa jadi kabel grounding juga bermasalah karena bergabung dengan netral sehingga menimbulkan tegangan. Tak menutup kemungkinan juga pulsa listrik anda habis sehingga memunculkan kode eror.

Cara Mengatasi

  • Silahkan cari sumber mengapa error terjadi, anda dapat mengambil gambar pelanggaran ataupun penyebabnya.
  • Kenakan P2TL kemudian membuat berita acara.
  • Apabila sudah memperoleh laporan P2TL dari PLN maka anda akan diminta membeli pulsa listrik.
  • Silahkan lepas jumper listrik terlebih dahulu.
  • Langkah selanjutnya adalah memisahkan ground.
  • Selanjutnya masukkan token kedalam meteran listrik.
  • Tunggu sampai menyala lalu pasang lagi ground.

Memang sebagian besar kemunculan pesan error tidak akan berpotensi menimbulkan kerusakan meteran listrik. Jadi anda tidak perlu kawatir karena jika langkah mengatasinya tepat maka masalah meteran listrik error mudah segera teratasi.