5 Cara Menghitung Kebutuhan Epoxy Lantai Per Meter Persegi 2021

Cara Menghitung Kebutuhan Epoxy Lantai – Epoxy merupakan salah satu pilihan bahan untuk melakukan pelapisan pada permukaan beton. Epoxy lantai mampu memberikan warna menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan suatu bangunan.

Kebutuhan epoxy lantai memang terus meningkat karena mampu diandalkan untuk menahan beban berat. Selain itu secara langsung epoxy mampu melindungi beton dari kerusakan, zat kimia dan sangat mudah untuk dibersihkan.

Selain itu pemasangannya juga lebih murah jika dibandingkan dengan HARGA LANTAI VINYL. Dalam cara menghitung kebutuhan epoxy lantai memang akan langsung disesuaikan dengan ketebalan lapisan dan juga luas permukaan.

Harga satuan pekerjaan epoxy lantai lebih terjangkau apabila menggunakan sistem borongan. Namun kebanyakan saat ini pekerjaan epoxy lantai dihitung berdasarkan ukuran per meter persegi sehingga lebih mudah dilakukan.

Cara Menghitung Kebutuhan Epoxy Lantai

Setiap jenis pekerjaan konstruksi memang tidak lepas dari menghitung kebutuhan supaya tidak kekurangan atau bahkan kelebihan. Kami sudah menyiapkan cara menghitung kebutuhan epoxy lantai yang bisa anda simak berikut ini.

1. Mengetahui Jenis Lapisan Epoxy Lantai

Cara pertama adalah mengetahui apa saja jenis lapisan epoxy karena cukup berpengaruh saat pengaplikasiannya. Setiap ukuran ataupun ketebalan sudah digolongkan kedalam beberapa jenis berbeda yang mampu mengoptimalkan hasil akhirnya.

Epoxy lantai menggunakan satuan micron dimana merujuk pada ukuran suatu partikel dengan nilai seper satu juta meter ataupun seper seribu milimeter. Di Indonesia ada beberapa jenis pelapisan epoxy yang berbeda beda nilainya.

  • Epoxy Coating = memiliki ketebalan pengaplikasian 300 sampai dengan 500 micron.
  • Epoxy Seal Coating = memiliki ketebalan sampai dengan 500 micron.
  • Epoxy Injection = dihitung berdasarkan tingkat keretakan pada tiap titik area.
  • Eoxy Lantai Self Levelling = memiliki ketebalan 1000 sampai dengan 3000 micron.
  • Epoxy Multilayer = jika terdapat lapisan epoxy 1 sampai 3 layer, untuk ketebalannya berukuran 3mm – 5mm.
  • Epoxy Water Proofing = adalah lapisan epoxy yang terbuat dari bahan fibermeet, thinner, resin dan juga hardener.
  • Fyuretan Coating = lapisan yang difungsikan untuk mengurangi goresan dari material seperti debu, pasir, benda tajam serta zat kimia

2. Menentukan Ketebalan Lapisan Epoxy Lantai

Memang tingkat ketebalan epoxy lantai akan berpengaruh pada perhitungan kebutuhan. Anda bisa menghitung dengan cara mengukur jarak dasar beton sampai dengan permukaan lantai paling atas yang diinginkan, misalnya 500micron.

Ketebalan500 micron
Konversi ke meter0,5m
Harga Epoxy Lantai Per m2

3. Cara Menghitung Pekerjaan Luas Lantai

Cara berikutnya adalah menghitung luas permukaan yang akan dilapisi epoxy lantai. Mulai dengan mengukur panjang ruangan kemudian bagian lebarnya kemudian silahkan kalikan untuk mendapatkan hasil luas ruangan.

Panjang20m
Lebar15m
Luas Ruangan20×15 = 300m2

Semakin luas ruangannya maka harga kebutuhan epoxy lantai juga bertambah mahal. Selain itu pastikan bahwa lantai beton sudah benar benar rata karena jika miring maka kebutuhan epoxy juga bertambah banyak.

4. Harga Epoxy Lantai Per m2

Selanjutnya adalah mengetahui harga pengerjaan epoxy lantai dengan ukuran per m2. Pastinya analisa pekerjaan epoxy lantai akan lebih mudah dengan menggunakan informasi ketebal maupun harganya.

Jenis PekerjaanKetebalanHarga epoxy lantai per m2
coating350micronRp.60.000
coating500micronRp.90.000
floor coating1000micronRp.150.000
floor Self leveling1000micronRp.165.000
floor Self leveling2000micronRp.215.000
floor Self leveling3000micronRp.285.000
garis len500micron x 10cmRp.15.000

Diatas merupakan harga pasaran umum di Indonesia, namun semuanya kembali ke tukang yang mengerjakan pelapisan. Tarif bisa saja berbeda untuk tiap kota, hal ini hampir sama seperti pada CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN GRANIT.

Menghitung Kebutuhan Epoxy Lantai

5. Cara Menghitung Kebutuhan Epoxy Lantai

Setelah mendapatkan semua koefisien anda tinggal menghitung kebutuhan epoxy lantai. Dimulai dengan menyesuaikan ketebalannya dengan luas permukaan lantai dan juga harga epoxy, kurang lebih cara perhitungannya sebagai berikut.

Ketebalan500 micron
Jenis pengerjaancoating
Luas ruangan300m2
Harga epoxy per m2Rp.90.000
Kebutuhan lantai epoxy90.000×300= Rp.27.000.000

Jadi dapat ditarik kesimpulan untuk pengerjaan coating dengan tebal 500 micron dan luas ruangan 300m2 total biayanya senilai Rp.27.000.000. Anda bisa mengganti angka diatas sesuai dengan perhitungan kebutuhan bangunan.

Cukup mudah bukan cara menghitung kebutuhan epoxy lantai diatas? Demikian informasi dari Ahlikuli.com, mudah mudahan akan bisa membantu anda menghitung kebutuhan untuk lantai bangunan.