4 Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank 2020

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank – Rencana dalam membangun sebuah rumah memang harus benar-benar diperhitungkan dengan teliti. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak ada pembengkakan biaya yang signifikan. Jika terjadi pembengkakan biaya tentu akan sangat merugikan kalian bukan?

Maka dari itu kalian harus benar-benar teliti dalam perhitungan biaya mulai dari UPAH TUKANG BANGUNAN, material bangunan yang diperlukan dan biaya lain-lainnya. Berbicara mengenai pembangunan sebuah rumah, kalian tentu harus membuat pondasi rumah terlebih dahulu, seperti pemasangan bouwplank, pengukuran kedalam pondasi dan lain sebagainya.

Nah pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara menghitung biaya pemasangan bouwplank. Bouwplank sendiri merupakan pembatas area kerja konstruksi yang memiliki peran penting di awal sebuah proyek pembangunan rumah atau bangunan lainnya. Biaya pemasangan bouwplank ini juga harus dimasukkan ke dalam perhitungan RAB walaupun nantiny bouwplank juga akan dibongkar.

Untuk lebih memahami mengenai pembahasan kali ini, daripada penasaran sebaiknya langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai cara menghitung biaya pemasangan bouwplank, ongkos tukang serta rincian lengkap pemasangan bouwplank berikut ini.

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank

Alat, Bahan dan Material Pemasangan Bouwplank

Material bouwplank ini terdiri dari beberapa bahan bangunan sederhana yang dapat kalian beli di toko bangunan terdekat. Material tersebut juga tergantung dari variasi bahan yang ingin digunakan, berikut ini adalah daftar material untuk pembuatan bouwplank yang sesuai dengan PERMEN PUPR 28/PRT/M/2016.

  • Kayu Balok atau Usuk 5/7 (Kayu Kelas C)
  • Paku 2″ – 3″
  • Benang
  • Kayu Papan 3/20 (Kayu Kelas C)

Ongkos Tukang Pemasangan Bouwplank

Untuk ongkos pemasangan bouwplank ini juga harus dicatat dan dimasukkan ke dalam perhitungan RAB. Dalam pembuatan bouwplank skala besar, biasanya akan membutuhkan beberapa tukang dan pekerja yang tidak sedikit. Nah berikut ini adalah beberapa pekerja yang terlibat dalam pengerjaan pemasangan bouwplank pada umumnya.

  • Pekerja
  • Tukang
  • Kepala tukang
  • Mandor

Untuk pembangunan skala kecil, kalian dapat menghilangkan komponen mandor dan juga kepala tukang. Karena biasanya orang pada umumnya akan menggunakan jasa 1 tukang dan juga 1 atau 2 pekerja pembantu.

Cara Menghitung Volume Pekerjaan Bouwplank

Kemudian dalam melakukan perhitungan volume bouwplank, kalian dapat melakukannya ketika pengukuran dan pemasangan. Jadi volume akan dihitung berdasarkan panjang bouwplank, atau dengan kata lain volume bouwplank ini tergantung dari panjang keliling bangunan. Pengukuran serta pemasangannya diukur dengan satuan meter lari atau meter panjang. Untuk rumusnya kalian dapat lihat berikut ini.

  • Keliling Bangunan = Penjumlahan panjang semua sisi dan lekukan

Rincian Biaya Pemasangan Bouwplank

Dan untuk mengetahui kebutuhan biaya pemasangan bouwplank, kalian hanya tinggal menjumlahkan komponen biaya bahan dan ongkos tukang. Komponen biaya bahan dapat dikalikan dengan estimasi harga bahan serta komponen ongkos tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka nantinya untuk 1 meter pengkuran dan pemasangan bouwplank rincian bahan, tukang dan biayanya adalah sebagai berikut:

1 m2 PENGUKURAN DAN PEMASANGAN BOUWPLANK

No.

URAIANSATUANKOEFISIENHARGA SATUANJUMLAH HARGA
(Rp)

(Rp)

A.TENAGA
PekerjaOH0.10112.00011.200
Tukang KayuOH0.10115.00011.500
Kepala TukangOH0.01120.0001.200
MandorOH0.005130.000650
JUMLAH TENAGA KERJA25.550.
B.BAHAN
Kayu Balok 5/7m30.0126.700.00080.400
Paku 2” – 3”Kg0.0218.000360
Kayu Papan 3/20m30.0076.715.00047.005
JUMLAH BAHAN127.765
C.PERALATAN
JUMLAH ALAT
D.Jumlah (A+B+C)152.315
E.Overhead & Profit0% x D
F.Harg satuan pekerjaan (D+E)152.315

Dengan melihat tabel diatas, kalian dapat lihat bahwa harga pemasangan bouwplank per meter persegi adalah sebesar Rp 152.315. Namun perlu kalian perhatikan juga bahwa harga pada tabel diatas kemungkinan berbeda-beda disetiap daerah, maka dari itu alangkah baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai harga bahan serta ongkos tukang.

Bagi kalian yang mungkin ingin tahu bagaimana cara menghitung biaya pemasangan bouwplank, dibawah ini kami sampaikan contoh lengkap menggenai cara hitung volume dan RAB pekerjaan interior bouwplank .

Contoh perhitungan pekerjaan pengukuran dan pemasangan bouwplank:

  • Ukuran lahan = 10 m x 10 m
  • Panjang Rumah = 8
  • Lebar Rumah = 7
  • Dengan asumsi jika bentuk rumah adalah persegi panjang tanpa lekukan

Berdasar data diatas, kalian dapat menentukan lebih dulu keliling dari bangunan yang akan dikerjakan.

  • Keliling = Penjumlahan semua isi
  • Keliling persegi panjang = 2 x (panjang + lebar)
  • Keliling = 2 x (8+7) = 30 m2

Setelah mendapat hasil volume pekerjaannya, selanjutnya adalah dengan mengalikan keliling bangunan dengan harga per meter pemasangan bouwplank sesuai tabel diatas. Maka akan ketemu total biaya yang diperlukan sebagai berikut:

  • Biaya Bouwplank = Keliling bangunan x harga per meter
  • Biaya Bouwplank = 30 m2 x Rp 152.315,00 per m’
  • Biaya Bouwplank = Rp 4.569.450,00 atau dibulatkan menjadi Rp 4.600.000

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara menghitung biaya pemasangan bouwplank yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua.