5 Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah Per Meter 2020

Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah – Batu bata merah sendiri merupakan salah satu material bangunan yang sangat penting. Dimana penggunaan batu bata memang lebih dipilih masyarakat dari jaman dulu hingga saat ini, walaupun saat ini ada bata ringan atau hebel yang dapat menjadi opsi kedua.

Akan tetapi penggunaan bata merah diklaim lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan bata ringan atau hebel. Dari segi harga juga bata merah terbilang terjangkau. Nah berbicara mengenai bangunan dan juga bata merah, disini kami akan menginformasikan mengenai cara menghitung kebutuhan bata merah per meter.

Merencanakan sebuah bangunan berarti kita harus merencanakan dengan sangat detail semua material bangunan yang nantinya akan dibutuhkan. Semen, pasir, kayu, besi, batu hingga batu bata harus dihitung dengan seksama agar nantinya biaya yang kita persiapkan juga tidak membengkak serta tidak akan kekurangan atau kelebihan terlalu banyak.

Kekurangan bahan tentu akan menghambat proses pengerjaan bangunan, sedangkan jika material lebih tentu akan menyebabkan pemborosan dari biaya yang sudah kita hitung sebelumnya. Maka dari itu menghitung keperluan material bangunan ini sangatlah penting dan usahakan tepat agar tidak terjadi hal-hal yang seperti kami sebutkan diatas.

Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah Per Meter

Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah

Sebenarnya apa sih pentingnya menghitung jumlah material bangunan sebelum melakukan proses pembangunan sebuah bangunan? Yakni agar kita memiliki gambaran jumlah material keseluruhan dan nominal biaya yang nantinya kita keluarkan. Nah salah satu bahan yang harus dihitung adalah batu bata merah.

Cara Menghitung Kebutuhan Bata Merah

Penggunaan batu bata merah pada umumnya akan dibeli dalam jumlah ribuan. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan bata merah per m2 agar kita dapat memperkirakan berapa yang harus dibeli. Bata merah ini memiliki ukuran panjang, lebar, dan tebal yang berbeda-beda di setiap wilayah atau daerah.

Ada beberapa produse bata merah yang mencetak lebih tebal, dan ada juga yang lebih panjang. Hal ini berdasarkan kebiasaan serta kebutuhan dari masing-masing daerah. Maka, untuk menghitung kebutuhan batu bata merah per m2 juga sudah pasti berbeda-beda. Tidak ada rumus untuk menghitung kebutuhan material yang satu ini.

Karena bentuk dan volume setiap daerah tidak sama. Akan tetapi kalian masih tetap dapat menghitung kebutuhan bata untuk bangunan yang akan kalian bangun.

Jumlah Bata Merah dalam 1 m2

Ada 2 langkah yang akan kami sampaikan disini, yang pertama adalah dengan menggunakan uji coba secara langsung dengan menggunakan rumus sesuai ukuran panjang dan tinggi. Lebih jelasnya marin kita simak berikut ini.

Melakukan Pemasangan Uji Coba

Cara yang pertama adalah dengan melakukan pemasangan uji coba dengan ukuran 1 meter persegi. Penghitungan ini bisa dikatakan cukup akurat, kalian hanya perlu memasang atau membentuk sebuah bidang persegi atau persegi panjang. Kalian dapat meminta tukang untuk membuat spesi mortar dengan ketebalan standar yang umum digunakan.

Bentuklah tinggi dan panjang dengan ukuran tertentu agar dapat dihitung luas bidang tersebut. Setelah selesai, hitunglah luas dari bidang tersebut beserta jumlah bata yang digunakan. Sebagai contoh:

  • Jika tinggi dinding adalah 2 meter dan panjang 2,20 meter maka luasnya adalah 4,40 m2.
  • Setelah dihitung jumlahnya, maka ketemunya adalah 297 buah. 297 buah : 2,20 m = 67,5 buah/meter. Jadi bata merah yang dibutuhkan untuk setiap 1 m2 adalah kurang lebih 68-79 buah.

Menggunakan Rumus Panjang dan Tinggi

Pemasangan batu bata tersebut usahakan seluas mungkin, semisal targetkan lebih kurang 10 m2.

  • Setelah pemasangan selesai, lakukan pengkuran dengan detail terhadap luas dinding batu bata tadi, semisal luas pasangan batu bata adalah 11.37 m2.
  • Selanjutnya lakukan perhitungan manual secara detail jumlah bata yang terpasang dengan luas 11,37 m2 tersebut. Semisal bata yang digunakan adalah 716 buah.
  • Nah sekarang kita dapat lakukan penghitungan, yakni jumlah batu bata per meter persegi = 716 : 11,37 m2 = 63 buah/m2

Nah itulah beberapa cara menghitung kebutuhan bata merah yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara menghitung kebutuhan genteng di postingan yang telah ahlikuli.com sampaikan.