24 Harga Kayu Meranti Terbaru 2020 : Kelebihan & Kekurangan

Harga Kayu Meranti – Kayu merupakan salah satu material bangunan yang sangat penitng. Jadi untuk kegunaan hampir sama pentingnya dengan bahan bangunan lain seperti semen, pasir, batu dan material bangunan lainnya.

Jaman dulu mungkin banyak yang menggunakan kayu ini sebagai tiang penyangga rumah, struktur rangka atap dan juga masih banyak lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan kayu ini bisa dikatakan hampir berkurang.

Akan tetapi bukan berarti tidak ada yang menggunakan kayu ini untuk material bangunan, masih ada beberapa yang diharuskan menggunakan material kayu ini salah satunya adalah ketika membangun sebuah rumah dipedesaan.

Banyak dari mereka yang lebih memilih menggunakan kayu karena dinilai lebih murah dan juga keawetan yang baik. Seperti penggunaan kayu jati, kayu mahoni, kayu kamper dan juga kayu meranti yang akan kita bahas kali ini.

Harga Kayu Meranti Terbaru : Kelebihan & Kekurangan

Harga Kayu Meranti

Penggunaan kayu Meranti ini biasanya digunakan untuk balok, reng dan juga kaso. Nah untuk harga kayu Meranti juga dikenal cukup mahal dan bervariatif disetiap jenisnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak informasi mengenai harga kayu Meranti berikut ini.

Harga Kayu Meranti Balok, Kaso, Reng

Untuk soal harga, harga kayu Meranti ini berbeda-beda, mulai dari harga balok, reng dan juga kaso. Dan lebih jelasnya langsung saja kita simak tabel daftar harga kayu meranti berikut ini.

Harga Meranti Balok

Spesifikasi KayuSatuanHarga
Meranti 2 x 3Batang (4m)Rp 15.000
Meranti 3 x 4Batang (4m)Rp 17.500
Borneo 2 x 3Batang (4m)Rp 17.000
Borneo 3 x 4Batang (4m)Rp 20.500
Kamper 2 x 3Batang (4m)Rp 20.500
Kamper 3 x 4Batang (4m)Rp 22.000

Harga Meranti Balok

Spesifikasi KayuSatuanHarga
Meranti 6 x 12Batang (4m)Rp 80.000
Meranti 8 x 12Batang (4m)Rp 125.000
Borneo 6 x 12Batang (4m)Rp 80.000
Borneo 8 x 12Batang (4m)Rp 100.000
Kamper 6 x 12Batang (4m)Rp 185.000
Kamper 8 x 12Batang (4m)Rp 210.000

Harga Meranti Kaso

Spesifikasi KayuSatuanHarga
Meranti 4 x 6Batang (4m)Rp 32.500
Meranti 5 x 7Batang (4m)Rp 39.000
Borneo 4 x 6Batang (4m)Rp 28.000
Borneo 5 x 7Batang (4m)Rp 43.000
Kamper 4 x 6Batang (4m)Rp 50.000
Kamper 5 x 7Batang (4m)Rp 70.000

Kelebihan Kayu Meranti

Lalu untuk kelebihan dan juga kekurangannya, kayu Meranti juga sama halnya dengan jenis kayu-kayu untuk bangunan lain yang memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Untuk itu mari kita simak informasi mengenai keunggulan dan kelemahan dari kayu yang satu ini.

Mudah Dikeringkan

Kayu ini termasuk dalam kategori kayu yang mudah dikeringkan. Proses pengeringan ini bertujuan untuk mengurangi kadar air yang ada didalamnya sehingga ukuran dan bentuk kayu menjadi tetap stabil. Pengeringan kayu dengan tebal 2.5 cm ini secara alami berlangsung selama 90 hari. Sedangkan jika menggunakan oven hanya membutuhkan waktu 7 hari saja.

Kekuatan Baik

Berdasarkan faktor kekuatan yang dimiliki kayu Meranti, kayu tergolong memiliki kekuatan yang baik. Kayu meranti juga dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yakni mernati merah, kuning dan juga putih. Semakin tua usia kayu tersebut maka semakin kuat pula.

Struktur Kayu yang Keras

Kayu ini juga dapat dimasukan ke dalam kategori kayu keras. Bentuk dan ukuran kayu ini tidak mudah mengalami perubahan. Kayu Meranti juga tidak mudah memuai atau menyusut yang diakibatkan oleh perubahan suhu.

Kekurangan Kayu Meranti

Memiliki Tekstur Kasar

Kekurangan dari kayu Meranti yang pertama adalah memiliki tekstur yang kasar. Secara alami juga memiliki garis-garis yang berukuran cukup besar. Kalian mungkin membutuhkan upaya lebih keras untuk menghaluskan permukaan kayu tersebut.

Tidak Terlalu Awet

Walaupun tergolong sebagai salah satu kayu kuat, namun kayu ini tidak terlalu awet. Dimana perubahan cuaca yang terjadi secara terus menerus akan mempercepat kerusakan kayu ini.

Harganya Mahal

Kemudian dari segi harga juga tergolong mahal. Dimana dapat kalian simak pada tabel daftar harga diatas. Hal ini juga menjadi masalah tersendiri bagi para pelaku industri kayu di tanah air. Disamping faktor usia kayu tersebut, masalah akomodasi juga menjadi penyebabnya. Kalian dapat memperoleh kayu Meranti dengan harga yang lebih mrah jika kalian langsung membelinya di pelabuhan. Akan tetapi perhatikan dengan teliti mengenai berkas dan surat yang melampiri kayu tersebut.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai harga kayu Meranti yang dapat kalian simak diatas. Selain itu kami juga memberikan informasi mengenai kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh kayu yang satu ini. Jangan lupa juga cara artikel lain mengenai harga kayu kamper dipostiungan sebelumnya. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

5/5 (1 Review)