Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 60×60 : Biaya & Jasa 2022

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 60×60 – Keramik merupakan salah satu material bangunan yang dijadikan sebagai alas lantai pada rumah hunian, mengenai material ini terdapat beberapa jenis bisa digunakan. Pada pembahasan sebelumnya memang sudah kami sampaikan kepada kalian semua, saat ini ada banyak jenis seperti lantai keramik, granit, marmer serta masih ada banyak lagi lainnya.

Lantai jenis keramik memang harganya yang relatif terjangkau dimana dapat membuat keramik menjadi salah satu jenis material pilihan banyak masyarakat di Indonesia diwaktu sekarang ini, dengan begitu tak heran jika banyak pilihan motif tersedia. Ada cukup banyak manfaat bisa digunakan ketika menggunakan keramik sebagai alas rumah milik sendiri, di sisi lain terdapat ukuran masing masing salah satunya ukuran 60×60 cm.

Apabila kalian ingin membeli lantai keramik atau ingin memasang keramik dengan ukuran 60×60 untuk mempercantik hunian idaman kalian semua, maka sangat disarankan untuk menghitung terlebih dahulu berapa jumlah kebutuhannya. Dengan mengetahui berapa banyak kebutuhan keramik untuk ruangan yang akan dipasang keramik, tentu akan sangat bermanfaat dalam menentukan budget harus dikeluarkan untuk membelinya dan pastinya biaya tukang.

Perlu kalian ketahui bahwa perhitungannya memang tidak jauh berbeda seperti cara menghitung keramik dinding kamar mandi, perhitungan total kebutuhan keramik tidak boleh dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan jika tidak ingin salah perhitungan. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana tata cara untuk menghitung kebutuhan keramik 60×60 menggunakan rumus agar hasilnya lebih akurat sehingga tidak lebih atau kurang.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 60x60 1

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada pertemuan sangat baik ini kami akan menyampaikan secara jelas dan detail, jadi sangat disarankan sekali agar simak ulasan artikel kali ini sampai selesai karena akan ada banyak informasi penting disampaikan. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua silahkan simak ulasan dari Ahlikuli.com mengenai cara menghitung kebutuhan keramik 60×60 yang sudah kami persiapkan seperti dibawah ini.

Baca  6 Cara Menghitung Kebutuhan Granit Lantai & Dinding Per Meter 2022

Rumus Perhitungan Kebutuhan Keramik 60×60

Seperti sudah dijelaskan di aweal pembahasan, agar hasil perhitungan kebutuhan keramik 640×460 lebih akurat, maka diperlukan untuk mengetahui rumusnya seperti apa. Nah, sebelum pembahasan cara menghitung kebutuhan keramik 60×60 lebih lengkapnya, sebaiknya pahami dan ketahui rumus perhitungannya di bawah ini terlebih dahulu.

Adapun mengenai rumus kebutuhan keramik adalah 60×60 : (A ÷ B) + (3/7% x A ÷ B)

Keterangan :

  • A : Luas ruangan.
  • B : Luas keramik.
  • 3% : Jika keramik dipasang horizontal.
  • 7% : Jika keramik dipasang diagonal.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 60×60

Langkah pertama yaitu cari tahu terlebih dahulu luas bidang atau ruangan yang akan dipasang keramik berukuran 60×60. Sebagai contoh kalian akan memasang keramik secara horizontal pada ruang tamu dengan ukuran 6 meter x 5 meter, maka tata cara perhitungannya akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang : 6 m.
  • Lebar : 5 m.
  • Pemasangan keramik horizontal : 3%.

Perhitungan :

  • Luas bidang pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Luas bidang pekerjaan : 6 m x 5 m = 30 m2 atau 300.000 cm2.
  • Luas permukaan keramik : 40 cm x 40 cm = 3.600 cm2.

Setelah mengetahui total kebutuhan keramik 60×60 pada ruang tamu seluas 30 meter persegi. Cara menghitungnya yaitu menggunakan rumus yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

  • Kebutuhan keramik : (A ÷ B) + (3% x A ÷ B).
  • Kebutuhan keramik : (300.000 ÷ 1.600 ) + (3% x (300.000 ÷ 1.600 ).
  • Kebutuhan keramik : 150.5 + (3% x 187.5).
  • Kebutuhan keramik : 150.5 + 5.625 = 170.125 keping.

Jadi, total kebutuhan keramik ukuran 60×60 untuk ruang tamu berukuran 6 meter x 5 meter yaitu kurang lebih sekitar 193.125 keping atau dibulatkan menjadi 194 keping. Apabila dihitung dalam satuan dus, maka total kebutuhan keramik berukuran 40×40 sekitar 33 dus (194 keping ÷ 6).

Tips Memilih Lantai Keramik

Sebagai informasi tambahan buat kalian semua, kali ini kami akan sampaikan beberapa tips untuk memilih lantai keramik agar nantinya tidak menyesal. Bila penasaran dengan semuanya, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  • Pastikan pilih lantai keramik merek terbaik.
  • Pilih jenis keramik sesuai dengan kebutuhan.
  • Sesuaikan warna keramik sesuai dengan keinginan atau desain rumah.
  • Pertimbangkan anggaran saat memilih jenis keramik.
  • Carilah material keramik yang memiliki masa garansi panjang.
Baca  √ Biaya Pasang Panel Surya Terbaru 2022 : 500 & 900 Watt

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan dengan mengetahui cara menghitung keramik 60×60 serta jasa dan material maka lebih memudahkan dalam menghitung biaya serta lainnya. Bahkan dapat mengetahui budget yang harus disediakan, adapun dalam menghitung kebutuhan memang wajib mengetahui ukuran yang dikerjakan yang akan digunakan sehingga nantinya perhitungan kalian tidak meleset.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai keramik 60×60 disertai dengan manfaat, jenis dan harga borongan pasang dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti diatas.