12 Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Marmer & Biaya Jasa Per Meter

Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Marmer – Ada cukup banyak jenis lantai bisa kalian gunakan untuk rumah sendiri masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan jadi sangat disarankan agar ketahui itu semua terlebih dahulu, sehingga bisa menentukan mau menggunakan jenis mana sekiranya cocok dan sesuai budget dimiliki. Lantai jenis marmer merupakan pilihan banyak orang karena memiliki kualitas sangat bagus diantara jenis yang ada, bahkan lebih unggul dari sebuah lantai granit.

Bahkan untuk harga marmer jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan harga lantai granit, yang mana tak heran banyak orang lebih suka untuk memakai granit karena lebih terjangkau dari marmer. Bila kalian memiliki budget lebih dari cukup maka sangat disarankan agar menggunakan marmer karena banyak keunggulan, namun sebelum lanjut membeli sebaiknya cari tahu bagaimana cara menghitung kebutuhan lantai marmer agar nantinya tidak kurang atau tidak lebih.

Sebagaimana sudah dijelaskan pada pembahasan sebelum sebelumnya bahwa lantai marmer memiliki kelebihan dimana lebih nyaman, rumah akan berkesan sangat mewah, motif tersedia banyak serta masih banyak lagi lainnya cuma harganya itu yang bikin dompet tipis. Dengan menggunakan jenis ini maka wajib melakukan perawatan secara rutin dan salah satunya adalah poles lantai marmer dengan tujuan kualitas tetap terjaga.

Karena banyak yang belum mengetahui seperti apa cara menghitung kebutuhan lantai jenis marmer serta bagaimana rumus yang digunakan seperti apa, maka pada pembahasan kali ini kami akan sampaikan kepada kalian semua secara jelas dan detail sehingga bisa menghitungnya dengan tepat. Adapun caranya tidak jauh berbeda seperti menghitung kebutuhan lantai granit maupun beberapa jenis lantai yang ada, jika sebelumnya pernah melakukan pasti akan langsung paham.

Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Marmer

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada kesempatan sangat baik ini akan jelaskan secara detail dari rumusnya seperti apa serta biaya pemasangan lantai marmer, maka sangat disarankan agar simak artikel ini sampai selesai dikarenakan ada banyak informasi menarik. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua sebaiknya cek langsung ulasan dari Ahlikuli.com mengenai cara menghitung kebutuhan lantai marmer yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Baca  5 Cara Menghitung Kebutuhan Epoxy Lantai Per Meter Persegi 2022

Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Granit

Jadi langkah awal harus dilakukan adalah menghitung luas ruangan yang akan dipasangi lantai granit, sebagai contoh saja ruangannya memiliki luas 20 meter persegi. Setelah mengetahui luasnya maka langkah berikutnya tinggal ketahui ukuran lantai marmer, pada umumnya memiliki ukuran 60×60 cm.

Jadi mengenai perhitunganya adalah Luas Ruangan : Luas Marmer = Total lantai granit atau lebih rincinya adalah Luas Ruangan : Luas Marmer = Total (20 : 0.36 m = 55.55 atau dibulatkan saja menjadi 56. Jadi untuk ruangan tersebut dibutuhkan 56 lembar marmer dengan ukuran 60×60 cm untuk satu ruangan, jika lebih dari satu maka kalian bisa hitung sendiri seperti rumus diatas.

Apabila satu dus marmer berisi 3 lembar maka cara menghitungnya adalah 56 : 3 = 18.66 atau dibulatkan saja menjadi 19 dus. Ketika sudah mengetahui kebutuhan seperti tersebut maka kalian tinggal melakukan pembelian dengan jumlah yang sudah dihitung sebelumnya.

Biaya Pasang Lantai Marmer

Sebagaimana diketahui, harga borongan biasanya akan sedikit berbeda di beberapa wilayah atau daerah. Adanya perbedaan harga borongan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti lokasi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan atau kesulitan hingga risiko pemasangannya.

Untuk harga borongan pasang marmer plus bahan biasanya berada di kisaran Rp 250.000 sampai Rp 350.000 per meter perseginya. Tarif jasa pemasangan granit oleh pekerja borongan tersebut berlaku untuk material berukuran 60 cm x 60 cm dengan kualitas standar.

Jadi, jika kalian menginginkan bahan material kualitas terbaik, maka pastinya harga borongan pemasangannya akan jauh lebih mahal. Harga borongan pasang granit plus bahan di atas sudah meliputi upah pekerja borongan, pemotongan plin hingga pembersihan lokasi pekerjaan.

Harga Marmer

Untuk melengkapi pembahasan kali ini kami akan sampaikan kepada kalian semua mengenai harga lantai marmer, adapun terdapat dua jenis. Jika ingin mengetahui semuanya, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Baca  Cara Menghitung Kebutuhan Besi Kolom (Ukuran & Jumlah Begel)

1. Harga Lantai Marmer Kualitas Lokal

Jenis MarmerSatuanHarga
Crema lks Slabm2Rp 653.100
Crema lks 60 x 60m2Rp 619.100
Crema Mangilu Slabm2Rp 1.020.450
Crema Mangilu 60 x 60m2Rp 953.800

2. Harga Lantai Marmer Kualitas Import

Jenis MarmerSatuanHarga
Travertine CreamSlabRp 1.800.450
Snow WhiteSlabRp 2.100.450
Black Gold60PRp 1.200.450
Nero AssolutoSlabRp 1.250.450
StatuarioSlabRp 3.550.450
Saint LaurentSlabRp 900.450
Dark EmpradorSlabRp 1.370.450
Light EmpradorSlabRp 1.370.450
Nero Marquina60PRp 850.450
White CararaSlabRp 1.450.450
Serpegiante GreySlabRp 1.273.450
Portoro SilverSlabRp 1.200.450

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan dengan mengetahui cara menghitung kebutuhan marmer serta jasa dan material maka lebih memudahkan dalam menghitung biaya serta lainnya. Bahkan dapat mengetahui budget yang harus disediakan, adapun dalam menghitung kebutuhan memang wajib mengetahui ukuran yang dikerjakan yang akan digunakan sehingga nantinya perhitungan kalian tidak meleset.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan lantai marmer disertai dengan manfaat, jenis dan harga borongan pasang jendela dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti diatas.