Cara Menghitung Kebutuhan Paving Block Per Meter Persegi

Cara Menghitung Kebutuhan Paving Block – Paving block salah satu material paling banyak digunakan banyak orang, dimana fungsi utamanya adalah untuk menyerap air ketika sedang hujan. Pada umumnya paving block akan digunakan di halaman rumah atau juga tepi jalan, lahan parkir dan masih banyak lagi lainnya.

Memiliki tekstur sangat kuat, tak heran jika banyak orang lebih percaya menggunakan paving block bila dibandingkan dengan cor ataupun sejenisnya. Jika ada niatan menggunakan paving block maka wajib mengetahui HARGA PAVING BLOCK terlebih dahulu, karena ada banyak ukuran dan bentuk telah tersedia.

Dengan mengetahui harganya per m2 atau satuan akan memudahkan untuk menghitung budget yang dibutuhkan, namun sebelum itu harus menghitung kebutuhan untuk luas lahan sekian x sekian. Adapun cara menghitung kebutuhan paving block memang sangat mudah, namun dengan catatan mengetahui ukuran masing masing paving.

Mungkin sebagian besara orang telah mengetahui cara menghitung seperti apa, tetapi berbeda bagi mereka yang baru mengetahui atau ada keniatan untuk menggunakan paving block. Oleh karena itu pada pertemuan sangat baik ini kami hendak informasikan cara menghitung kebutuhan sebuah paving block.

Cara Menghitung Kebutuhan Paving Block Per Meter Persegi

Jika anda salah satu pengguna yang memiliki niatan menggunakan paving block buat halaman rumah, garasi atau lainnya tetapi bingung cara menghitungnya. Tenang, karena pada kesempatan sangat baik ini Ahlikuli.com sudah mempersiapkan caranya, untuk mengetahui lebih jelasnya dapat simak langsung sebagai berikut.

Ukuran Paving Block Semua Jenis

Untuk mengawali pembahasan kali ini terlebih dahulu informasikan beberapa paving block serta berapa banyak paving yang dibutuhkan dengan luas per meter persegi. Agar mengetahui lebih jelasnya, silahkan simak langsung tabel seperti dibawah ini.

JenisUkuranKebutuhan Per M2
Bata persegi panjang21cm x 10,5 cm44 bh/m2
Hexagon Segi enam25 bh/m2
Cacing22.5cm x 11,2cm39 bh/m2
Trihex19,7cm x 9,6cm39 bh/m2
Ubin kecil10,5cm x 10,5cm88 bh/m2
Ubin Besar21cm x 21cm22 bh/m2
Topi uskup3,3 bh/m2

Cara Menghitung Kebutuhan Paving Block

Cara Menghitung Kebutuhan Paving Block

Setelah mengetahui ukuran dan jenis paving block maka lebih mudah untuk menghitung kebutuhan yang diperlukan, jadi intinya harus mengetahui rumus luas lahan. Sebagai contoh saja luas lahan berukuran 5 m x 6 m, maka menggunakan rumus Panjang X Lebar jadi total luas 30 m2.

Karena memiliki luas sekitar 30 M2, disini kami akan contohkan menggunakan paving block persegi panjang dengan ukuran 21 cm x 10,5 cm. Dimana pada jenis tersebut membutuhkan sekitar 44 buah untuk per M2. Jadi untuk kebutuhan seluas 30 M2 maka perhitungannya adalah 30 M2 x 44 buah paving block (30 x 44 ) = 1.320 buah.

Jadi setiap ada lahan dengan ukuran 5 m x 6 m membutuhkan sekitar 1320 buah paving block, namun disarankan agar untuk membeli lebih dikarenakan ada beberapa potongan yang dibutuhkan. Sampai disini apakah anda sudah paham dan jelas? Kami yakin sudah paham, karena perhitungannya memang sangat simpel dan mudah dipahami.

Kesimpulan

Sampai disini dapat menarik kesimpulan bahwa cara menghitung kebutuhan paving block atau paving conblock memang mudah, jadi kuncinya harus mengetahui terlebih dahulu berapa luas lahan yang akan dipasang paving block.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan pasving block per meter persegi untuk semua ukuran dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti tersebut.