17 Cara Menambal Lubang pada Kayu dengan Teknik Sederhana

Cara Menambal Lubang Pada Kayu – Perabotan furniture kayu memang menjadi salah satu jenis barang yang umum berada di sebuah rumah, bahkan hampir semua rumah tentu memiliki perabotan berbahan kayu. Perawatan furniture harus kita lakukan dengan baik dan benar agar furniture tidak cepat rusak.

Pada umumnya furniture kayu memiliki kualitas yang berbeda-beda, maka dari itu sebelum membelinya kita harus wajib mengecek apakah kondisi kayu tersebut asli atau palsu, karena jika palsu kemungkinan besar kayu tersebut tidak mampu bertahan lama dan mudah rusak.

Selain terjadi kerusakan, biasanya kayu juga mudah di serang rayap sehingga akan banyak menimbulkan lubang dan keropos. Nah dalam pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara menambal lubang pada kayu dengan teknik yang sederhana namun mudah untuk dilakukan.

Lubang pada kayu terjadi biasanya karena beberap hal, seperti karena rayap, kutu bubuk, teter dan lainnya yang menyebabkan lubang pada kayu. Ada beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk menutup lubang kecil tersebut dengan menggunakan dempul. Untuk langkahnya mari langsung saja kita simak berikut ini.

Cara Menambal Lubang pada Kayu dengan Teknik Sederhana

Cara Menambal Lubang pada Kayu

Alat dan Bahan

Sebelum kita melakukan perbaikan atau pendempulan pada lubang kayu, tentu hal pertama yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan alat dan juga bahannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dempul
  • Bubuk kayu
  • Kain lap
  • Pasah
  • Ampelas
  • Wadah
  • Kuas
  • Cat kayu

Cara Menambal Lubang pada Kayu

Setelah semua alat dan bahan dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah proses pengerjaan. Mari kita simak tutorialnya berikut ini:

1. Pertama kita siapkan dempul yang sudah kita beli di toko bangunan, kalian dapat menggunakan dempul kayu untuk pekerjaan yang satu ini. Biasanya kita akan mendapatkan dua kaleng yakni dempul dan bahan pengecernya.

2. Siapkan juga bubuk kayu bekas dari proses penggergajian kayu. Kalian dapat menyaringnya terlebih dahulu untuk mendapatkan bubuk kayu yang paling lembut lalu jemur hingga kering.

3. Siapkan juga bidang kayu yang berlubang yang akan kita tambal atau perbaiki. Gunakan juga kain lap untuk membersihkan permukaan area yang berlubang, usap hingga benar-benar bersih.

4. Periksa area di sekitar lubang kayu apakah masih keras atau sudah rapuh. Jika rapuh kalian dapar rontokan sekalian agar proses penambalan lebih kuat.

5. Langkah selanjutnya kalian dapat membuat adonan lem perekat untuk tambalan dengan mencampurkan dempul dan bahan pengecernya. Perbandingannya sesuai dengan pentunjuk yang ada pada kemasan. Aduk hingga merata.

6. Kemudian tambahkan bubuk atau serbuk kayu yang sudah halus ke dalam perekat adonan dempul. Aduk kembali hingga tercampur rata.

7. Bahan adonan dempul dapat kalian masukan ke lubang kayu. Isi lubang tersebut hingga penuh lalu ratakan permukaan bagian luar hingga nampak lebih rapi.

8. Biarkan bahan penambal kering dengan sendirinya, kurang lebih 24 jam. Setelah benar-benar kering kalian dapat memperhalus bekas dempulan dengan menggunakan pasah dan barulah dihaluskan lagi dengan amplas.

9. Terakhir kalian dapat melakukan finishing dengan menggunakan cat yang sesuai dengan warna kayu tersebut.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki kayu yang berlubang atau menambal lubang pada kayu. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga dempul kayu yang telah ahlikuli.com siapkan di postingan sebelumnya.