14 Harga Dempul Kayu Terbaru 2020 : Merk & Cara Penggunaan

Harga Dempul Kayu – Furniture untuk interior rumah memang hampir 75% menggunakan bahan dari kayu. Dimana bahan kayu ini juga tentu memiliki karakter dan sifat yang baik untuk digunakan sebagai bahan dasar furniture sehingga menghasilkan jenis furniture seperti meja, kursi, lemari dan lainnya yang sangat baik dan kuat.

Akan tetapi disini kita juga harus rajin dan teliti dalam merawat furniture yang terbuat dari kayu tersebut. Furniture kayu memang bisa dikatakan sangat rentan mengalami kerusakan dibandingkan dengan material lainnya. Kalian harus bisa melakukan perawatan perbaikan, seperti kayu yang berlubang dan jenis kerusakan lainnya.

Nah untuk solusi mengatasi kayu yang berlubang, disini kalain dapat menggunakan dempul kayu. Penggunaan dempul kayu saat ini mungkin sudah menjadi suatu keharusan untuk menjaga ketahanan furniture rumah. Dempul kayu sendiri memiliki bahan dasar solvent karena mampu memberikan dampak yang baik dan lebih mudah di rapikan pada benda lain.

Ada 2 jenis dempul kayu yang tentu memiliki fungsi berbeda-beda, yang pertama adalah Wood Putty yang digunakan untuk menambal cacat pada kayu dan kemudian di finishing dengan menggunakan cat warna solid. Lalui yang kedua adalah jenis Wood Filler yang digunakan untuk menambal cacat pada kayu dan di finishing dengan warna natural kayu.

Harga Dempul Kayu Terbaru : Merk & Cara Penggunaan

Harga Dempul Kayu

Dari jenis diatas juga dempul kayu memiliki beberapa varian merk yang dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak informasi lengkap mengenai harga dempul kayu yang telah kami siapkan berikut ini.

Merk & Harga Dempul Kayu Terbaik

Mowilex Wood Filler

Merk dempul kayu yang pertama adalah Mowilex Wood Filler. Dempul ini memiliki kandungan acrylic emulsion dengan pilihan warna yang senada dengan kayu jati atau kayu kamper. Pengalikasiannya juga cukup mudah, yakni dapat dengan menggunakan pisau pallet atau kapi. Apabilan permukaannya halus dan datar kalian dapat menggunakan kain bal. Produk ini adalah salah satu dempul kayu terbaik dibandingkan dengna produk lainnya. Harga dempul kayu ini dibanderol dengan harga berkisar Rp 32.500.

Impra Wood Filler

Merk dempul kayu terbaik yang selanjutnya adalah Impra Wood Filler. Produk ini dikeluarkan oleh Propan, dimana bahan dasarnya adalah Nitrocellulose. Bahan ini hanya dapat larut dengan solvent thinner untuk menjadikannya encer. Kelebihan dempul ini adalah mampu menyerap warna kayu dengan merata, namun kelemahannya adalah bahan dasar dan pelarutnya kurang ramah lingkung karena memiliki bau yang sangat menyengat. Harga dempul ini dibanderol berkisar Rp 26.000 per kalengnya.

Impra Aqua Wood Filler

Kemudian masih dari Propan, yakni ada Impra Aqua Wood Filler. Dempul ini dibuat dengan bahan dasar yang dapat dilarutkan dengan air atau waterbased. Walaupun ada perbedaan bahan dasar antara dempul Impra dan dempul Impra Aqua, namun keduanya merupakan salah satu dempul yang dapat dijadikan opsi utama untuk kalian. Harga dempul ini dbanderol dengan nominal berkisar Rp 25.000 per kalengnya.

Biovarnish Wood Filler

Dempul kayu yang satu ini merupakan produk dari Bio Industries yang dibuat dengan bahan dasar yang aman lingkungan. Sangat bagus diaplikasikan untuk kayu jati dan mahoni. Kandungan perekat yang ada didalamnya merupakan bahan perekat yang terbaik dikelasnya. Harga dempul ini dibanderol dengan nominal Rp 26.000 per kaleng.

BioColours Wood Putty

Dan yang terakhir adalah BioColours Wood Putty. Dempul ini sangat cocok diaplikasikan bagi kalian yang ingin menggunakan finishing warna-warna solid. BioClours juga dapat dilarutkan dengan menggunakan air karena tergolong salah satu dempul waterbased. Harganya juga cukup terjangkau, yakni Rp 26.000 per kalengnya.

Cara Penggunaan Dempul Kayu yang Baik dan Benar

Untuk hasil yang sempurna ketika melakukan dempul pada kayu, ada beberapa langkah-langkah yang dapat kalian perhatikan dan simak dibawah ini:

  1. Pertama lakukan pengamplasan material kayu hingga halus menggunakan grid 150 untuk hasil yang maksimal. Disamping itu grid 150 dipilih agar permukaan kayu juga sama rata, bukan hanya halus.
  2. Kemudian siapkan dempul yang sudah kalian pilih dan aplikasikan dengan menggunakan pisau scrape atau kapi. Ratakan dempul hingga benar-benar menutup cacat tekstur pada kayu. Jika cacat tesktur banyak, ulangi beberapa kali hingga cacat tertutup dengan baik.
  3. Terakhir adalah tunggu hingga dempul mengering, setelah itu amplas dengan grid 240. Lakukan hingga serat kayu terlihat setelah diamplas. Dan pastikan sekali lagi bahwa cacat tesktur telah tertutup sempurna.

Ciri-Ciri Dempul Kayu yang Bagus

Tidak Menimbulkan Peeling

Peeling sendiri adalah bulir-bulir yang ada pada lapisan kayu. Hal ini sudah jelas menandakan ketidaksempurnaan karena tidak menutup poripori dengan baik. Kerugian dari hal ini adalah ketahanan kayu tidak dapat bertahan cukup lama ketika digunakan. Selain itu peeling juga dapat terjadi karena kombinasi bahan dan cara yang dilakukan salah.

Dempul Tidak Terlalu Keras

Proses penutupan kayu dengan menggunakan dempul yang terlalu keras tidak akan menutupi pori-pori dengan baik. Sehingga bisa dikatakan kalian akan mendapatkan hasil yang kuran memuaskan pada tahap selanjutnya. Untuk mengatasi hal tersebut kalian dapat menggunakan air, dengan begitu kalian dapat kembali ke proses awal sehingga pengerjaan dapat berakhir dengan sempurna.

Dempul Cepat Kering

Produk dempul yang bagus selanjutnya adalah harus cepat kering. Jika dempul cepat kering maka kita akan lebih cepat melakukan proses selanjutnya dan melakukan finishing. Untuk pengaplikasiannya, kita dapat meletakkan peralatan di bawah sinar matahari atau luar ruangan agar terkena angin sehingga cepat kering.

Produk dempul yang kurang cepat mengering akan kurang baik karena dapat menghambat proses lainnya. Akan sulit bagi kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal apabila proses dempul saja sudah memakan waktu yang lama.

Tidak Menyebabkan Pengapuran

Dempul yang baik juga tidak akan menyebabkan pengapuran pada material. Jika sampai hal ini terjadi bisa dipastikan dempul tersebut kurang baik untuk digunakan.

Tekstur Dempul Halus

Tekstur dempul yang halus juga menandakan jika dempul tersebut baik dan dapat digunakan. Maka dari itu usahakan untuk melakukan pendempulan sebelum pembangunan. Sehingga nantinya proses pengecatan akan dapat menghasilkan hasil yang sempurna.

Menutup Noda

Dan yang terakhir adalah mampu menutup noda. Hal ini disebabkan karena dengan bahan yang digunakan mampu menyamarkan warna kayu yang sama seperti warna aslinya. Bukan hanya noda saja, kalian juga dapat membersihkan lubang-lubang kecil yang disebabkan karena kesalahan pada saat pemasangan.

Nah itulah beberapa pembahasan menarik dan terlengkap mengenai harga dempul kayu, kemudian keunggulan, cara penggunaan dan juga kriteria dempul kayu terbaik yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga plamir tembok yang telah ahlikuli.com sampaikan dipostingan sebelumnya.

5/5 (1 Review)