Perbedaan Besi Kolom dan Slof Wajib Diketahui !!

Perbedaan Besi Kolom dan Slof – Pada sebuah bangunan baik itu rumah, gedung, ruko dan jenis bangunan lainnya memiliki struktur bangunan wajib untuk diketahui serta diperhitungkan. Hal tersebut dikarenakan untuk memastikan bahwa bangunan tersebut layak dan memiliki kekuatan, karena akan digunakan dalam jangka waktu sangat panjang.

Sama seperti halnya dalam menggunakan besi slof dan kolom, tentu sebagian orang menyimpulkan antara keduanya adalah sama. Pada hal dalam ilmu kontruksi keduanya berbeda, oleh karena itu anda semua wajib mengetahui perbedaan besi kolom dan slof serta penggunaan material besi terutama pada ukuran besi yang digunakan.

Apabila dilihat secara kasat mata memang memiliki bentuk yang sama antara keduanya, jadi tidak ada orang yang menyangka terdapat perbedaan antara beberapa struktur dari sebuah bangunan tersebut. Tetapi jika sudah mengetahui fungsi dan komposisinya apa saja, maka anggapan tersebut tidak benar meskipun sama sama berbahan dari sebuah besi.

Masih ada lagi persamaan yang menyudutkan antara keduanya sama saja yaitu perakitan adan kebutuhan besi begel, selain itu juga CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN KOLOM dan Slof juga seperti demikian. Jika anda ingin mencari tahu perbedaan antara kolom dan slof, pada pertemuan sangat baik ini akan kami jelaskan secara jelas dan detailnya.

Perbedaan Besi Kolom dan Slof

Sampai disini tentu banyak orang semakin penasaran dengan perbedaan kolom dan slof apa saja, lalu apa fungsi utamanya. Untuk mengetahui itu semua silahkan simak langsung ulasan dari Ahlikuli.com telah dipersiapkan untuk anda semua seperti dibawah ini.

Perbedaan Besi Kolom dan Slof

Perbedaan Besi Kolom dan Slof 2

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas, kami akan menjelaskan setiap perbedaan. Baiklah untuk mempersingkat waktu, silahkan simak langsung ulasan sebagai berikut.

Baca  Cara Menghitung Kebutuhan Besi Kolom (Ukuran & Jumlah Begel)

Besi Kolom

Besi Kolom

Besi kolom dan slof memiliki bentuk yang sama, hanya saja yang menjadi pembeda adalah fungsinya dimana untuk kolom sebuah material yang menyambung dengan slof untuk menopang sebuah bangunan menjadi kuat dan kokoh. Pada umumnya orang menyebutnya dengan kerangka saka atau tiang, adapun untuk ukuran akan disesuaikan dengan desain apakah ingin membuat satu lantai, dua lantai atau lebih dari dua lantai.

Besi Slof

Besi Slof

Sedangkan untuk slof merupakan rangkai besi yang berfungsi sebagai penahan dimana terletak pada bagian atas pondasi bangunan persis, selain itu juga berfungsi untuk mengunci sebuah bangunan yang nantinya akan tersambung dengan kolom. Pada umumnya memiliki ukuran 8 x 12, namun ada juga yang berukuran lebih dari itu, tergantung bangunan tersebut mau dibuat satu lantai atau dua lantai.

Kesimpulan

Jadi disini dapat menarik kesimpulan bahwa antara keduanya memang saling berhubungan dimana sebuah bangunan terdiri dari pondasi batu kali lalu slof, kemudian disambungkan dengan kolom. Setelah besi kolom, diatasnya terdapat sebuah ring balok. Jadi intinya ketiganya memiliki bentuk yang sama, namun memiliki fungsi yang berbeda beda antara satu sama lain.

Sampai disini apakah sudah paham dengan penjelasan diatas? Jika masih penasaran bisa anda tanyakan kepada pekerja bangunan atau juga bisa pantau langsung ketika proses pengerjaan. Disitu anda bisa memahami dan membedakan perbedaan antara kolom, slof dan ring balak secara jelas dan detail.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai pembahasan perbedaan antara besi kolom dan slof dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti tersebut.