Cara Menghitung Kebutuhan Besi Kolom (Ukuran & Jumlah Begel)

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Kolom – Ada banyak hal perlu diperhatikan sekali ketika ingin memulai membangun sebuah rumah, terutama mengenai perhitungan material mulai dari pondasi hingga proses pemasangan boplang. Hal serupa juga harus dilakukan ketikan bangunan rumah sudah mendekati pemasangan besi kolom, nah disini juga harus menghitung kebutuhan besi berapa batang.

Sebetulnya cara menghitung kebutuhan besi untuk kolom ataupun sloff dapat dikatakan cukup mudah, sama seperti halnya dengan CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN BESI CAKAR AYAM. Jadi intinya anda harus mengetahui ukurannya terlebih dahulu mulai dari panjang kolom, lebar dan berapa jumlah kolom yang dibutuhkan dengan tujuan untuk memudahkan dalam membeli material.

Adapun cara menghitung kebutuhan besi beton baik buat bangunan 1 lantai maupun 2 lantai memiliki rumus yang sama saja, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan pada sebuah bangunan. Untuk menghitung besi kolom juga perhatikan gelang atau besi begel mulai dari jumlah dalam satu kolom berapa buah dan berapa batang besi yang diperlukan agar menjadi satu buah kolom.

Secara logika menghitung kebutuhan besi memang sangat mudah bagi beberapa orang telah berpengalaman, tetapi tidak jika anda masih awam dalam bidang tersebut. Terkait permasalahan seperti tersebut, jangan dibikin pusing karena pada pertemuan sangat baik ini kami akan menjelaskan itu semua secara jelas dan detail sampai benar benar paham.

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Kolom

Sampai disini pastinya anda semua semakin penasaran dengan cara menghitung kebutuhan besi kolom dan begel berapa banyak ? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kali ini akan dijelaskan. Baiklah untuk mempersingkat waktu anda semua, silahkan simak langsung ulasan dari Ahlikuli.com sebagai berikut.

Fungsi Kolom Pada Bangunan

Sebelum lanjut ke pembahasan utama terlebih dahulu kami jelaskan kepada anda semua fungsi dari besi kolom pada sebuah bangunan gedung atau rumah, karena masih banyak orang yang belum mengetahui fungsi utamanya untuk apa.

Fungsi besi kolom adalah menjadi penerus beban setelah cakar ayam dan slof untuk keseluruhan bangunan dimana kolom terbuat dari rangkaian besi yang nantinya membentuk persegi panjang dengan ukuran sesuai dengan perhitungan untuk menahan beban yang akan diberikan nantinya.

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Kolom

Kemudian berlanjut ke pokok pembahasan utama sesuai dengan judul diatas, disini kami akan mencontohkan ukuran besi kolom dengan panjang 3 meter dengan ukuran begel 8×12 cm. Untuk mengetahui lebih jelas akan perhitungannya seperti apa dapat simak langsung sebagai berikut.

Cara Menghitung Besi Begel

Cara Menghitung Besi Begel

Sesuai arahan seperti diatas pada perhitungan kali ini menggunakan begel berukuran 8×12 cm, jadi setiap satu begel membutuhkan besi dengan panjang 8 cm + 8 cm + 12 cm + 12 cm + 6 cm = 46 cm. Jadi satu begel membutuhkan panjang 46 cm, apabila kolom dengan panjang 3 meter maka perhitungannya 3 meter + 300 cm : 15 cm (jarak begel) -= 20 buah (total kebutuhan begel).

Sesuai dengan hitungan diatas mala setiap kolom membutuhkan 20 buah begel dimana satu begel membutuhkan besi sepanjang 46 cm, jadi 46 cm X 20 buah = 920 cm. Jadi kebutuhan besi begel harus disediakan sebanyak 10 batang besi beton ukuran 6 atau 8.

Itu perhitungan hanya satu kolom saja, jika pada bangunan atau rumah uang anda di buat membutuhkan 20 kolom maka tinggal kalikan saja 10 x 20 = 200, jadi besi yang harus disediakan kurang lebih 200 batang. Itu hitungan longgar, jadi kami yakin tidak mungkin kurang nantinya atau juga bisa membeli sudah jadi biasanya HARGA BESI BEGEL akan dihitung per kg.

Cara Menghitung Besi Kolom

Cara Menghitung Besi Kolom

Kemudian lanjut ke perhitungan besi kolom, apabila satu buah kolom memiliki panjang 3 meter dan satu kolom membutuhkan 4 batang besi dengan panjang 3 meter. Tentu perhitungannya seperti demikian 3 M x 4 buah = 12 meter, jadi satu kolom membutuhkan satu batang besi beton dengan ukuran 10 atau 12.

Apabila kolom yang dibutuhkan sebanyak 20 buah maka dapat dihitung saja 1 x 20 = 20 batang besi, kebutuhan besi tersebut memang jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan besi begel. Dan perhitungan tersebut memang hitungan pasti, jadi sangat disarankan sekali untuk di lebihi satu batang atau 2 batang untuk jaga jaga jika terjadi kekurangan.

Kesimpulan

Sampai disini dapat menarik kesimpulan untuk mengetahui berapa banyak besi beton yang dibutuhkan untuk membuat besi kolom memang sangat mudah. Intinya anda harus mengetahui berapa panjang ukuran dan diameternya sehingga proses hitung kebutuhan besinya akan lebih mudah dan cepat tentunya. Rumus diatas dapat disesuaikan dengan panjang kolom sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan besi kolom dan begel dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti sudah disampaikan tersebut.