Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam (Rumah 1 lantai & 2 Lantai)

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam – Membangun rumah untuk dihuni oleh diri sendiri memang diharuskan dengan perhitungan secara matang, mulai dari upah tukang, pengerjaan dan material yang dibutuhkan. Hal tersebut harus dilakukan untuk mengukur biaya yang harus dimiliki atau dikeluarkan hingga bangunan bisa langsung di tempati.

Sebagai contoh saja jika ingin membangun rumah dua lantai maka diperlukan menggunakan cakar ayam agar pondasi rumah lebih kuat dan tahan dari guncangan. Meskipun saat ini ada beberapa jasa pembuatan cakar ayam yang di hitung dengan HARGA CAKAR AYAM, namun beberapa orang lebih suka membuat sendiri karena dijamin kepuasannya.

Tentu banyak orang penasaran sebenarnya APA ITU CAKAR AYAM serta fungsinya untuk apa, pada pembahasan sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada anda semua. Sedangkan untuk pertemuan sangat baik ini kami hendak informasikan kepada anda semua cara menghitung kebutuhan besi cakar ayam untuk ukuran cakar ayam 2 lantai dan 1 lantai.

Adapun cara menghitung tiang kolom dengan footplat memang berbeda, oleh karena itu anda wajib untuk memahami terlebih dahulu. Sebab perhitungan tiang kolom akan disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran dari footplat apakah berukuran 100 x 100 cm atau 80 x 80 cm, adapun bentuk sebuah footplat juga bisa disesuaikan.

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam Rumah 1 lantai 2 Lantai

Sampai disini pastinya anda semua semakin penasaran, terlebih lagi jika ada niatan untuk membuat rumah 2 lantai. Sebetulnya untuk menghitung kebutuhan besi cakar ayam cukup mudah intinya harus mengetahui pola atau desain footplat dan kolomnya, baiklah untuk mempersingkat waktu kita semua langsung saja simak ulasan sudah dipersiapkan oleh Ahlikuli.com sebagai berikut.

Gambar Cakar Ayam

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, terlebih dahulu di informasikan mengenai sebuah cakar ayam. Pada umumnya sebuah cakar ayam memiliki footplat dan kolom.

Dengan mengetahui gambar cakar ayam maka lebih mudah dalam proses pembuatan dan kuga menghitung kebutuhan besi, berikut ini kami berikan beberapa gambar serta nama setiap potongan perspektif seperti dibawah ini.

Pondasi Footplat Serta Kolom

1 Pondasi Footplat Serta Kolom

Detail Cakar Ayam

2 Detail Cakar Ayam

Gambar Tulangan Footplat dan Kolom

3 Gambar Tulangan Footplat dan Kolom

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam

Cakar Ayam Berukuran 100 x 100 cm

Sesuai dengan judul diataa, pada pembahasan kali ini Ahlikuli hendak informasikan itu semua baik ukuran 80×80 cm serta 100×100 cm. Agar lebih jelas dan detailnya dapat simak cara hitung kebutuhan besinya sebagai berikut.

Cakar Ayam Berukuran 80 x 80 cm

Pertama akan dijelaskan hitungan untuk ukuran 80×80 cm, dimana ukuran tersebut sangat cocok buat rumah 1 lantai dan 2 lantai juga bisa.

Jadi mengenai perhitungannya sebagai berikut :

70 cm + 15 cm + 25 cm + 20 cm + 25 cm + 15 cm = 170 cm, pada sebuah footplat harus membutuhkan 10 bagian agar membentuk kotaka. Jadi 170 cm x 10 = 17.000 atau 17 meter, dengan demikian setidaknya membutuhkan 2 batang besi dengan ukuran 12 meter.

Cakar Ayam Berukuran 100 x 100 cm

Selanjutnya hitungan dengan ukuran 100×100 cm, secara teknis hampir sama persis. Akan tetapi banyak orang belum begitu paham, maka dari itu tetap kami jelaskan buat semunya sebagai berikut.

90 cm + 15 cm + 35 cm + 25 cm + 35 cm + 15 cm = 210 cm, pada sebuah footplat harus membutuhkan 10 bagian agar membentuk kotak. Jadi 210 cm x 10 = 21.000 atau 21 meter, dengan demikian setidaknya membutuhkan 4 batang besi dengan ukuran 12 meter.

Kesimpulan

Sampai disini apakah sudah paham dan jelas mengenai perhitungan besi cakar ayam? Kami rasa anda semua jelas sudah paham. Karena diatas sudah dijelaskan secara jelas dan detail mulai dari ukuran dan berapa banyak kebutuhan besi yang diperlukan.

Nah seperti itu tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan besi cakar ayam serta fungsinya yang bisa Ahlikuli.com sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti diatas.