Apa Itu Pondasi Cakar Ayam : Kelebihan & Kekurangannya

Pondasi Cakar Ayam – Sertiap bangunan tentunya membutuhkan pondasi yang sangat kuat. Pondasi ini memiliki beberapa jenis yang perlu kalian ketahui, salah satu yang cukup populer adalah pondasi cakar ayam. Konstruksi cakar ayam memiliki bentuk yang unik dan banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh pondasi jenis ini.

Pondasi konvensional dan pondasi cakar ayam tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain membahas mengenai pengertian pondasi cakar ayam, kami juga akan memberikan informasi mengenai sejaran serta kelebihan dan kekurangan penggunaan cakar ayam yang satu ini.

Setiap bangunan dengan komposisi pondasi yang kuat dan benar tentu akan bertahan dengan waktu yang sangat lama. Ini juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dengan sangat teliti oleh para pekerja bangunan.

Berbicara mengenai konstruksi cakar ayam, pondasi ini memiliki bentuk yang sangat unik layakanya cakar ayam. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai apa itu pondasi cakar ayam, kelebihdan dan kekurangannya berikut ini.

Apa Itu Pondasi Cakar Ayam : Kelebihan & Kekurangannya

Pondasi Cakar Ayam

Apa itu Pondasi Cakar Ayam

Pengerti konstruksi cakar ayam ini adalah pondasi bangunan yang terdiri atas plat tipis dan pipa-pipa yang saling bekerjasama secara monolit sehingga menciptakan konstruksi yang kaku, tahan terhadap beban besar serta mampu menceegah terjadinya penurunan yang tidak seragam.

Pondasi cakar ayam ini juga biasanya diterapkan ditanah yang lunak. Konstruksi cakar ayam sendiri pertama kali ditemukan oleh seorang insinyur dari Indonesia, yakni Prof. Dr. Ir. Sedijatmo pada tahun 1961, yang akhirnya dikenal hingga saat ini sebagai salah satu jenis pondasi yang kokoh.

Kelebihan

1. Dapat Digunakan Pada Tanah yang Kurang Stabil

Ini merupakan kelebihan utama yang dimiliki oleh konstruksi cakar ayam, dimana dapat dibangun di tanah yang kondisinya tidak stabil. Awal penemuan pondasi jenis ini didasarkan pada masalah pembuatan pondasi di daerah rawa-rawa yang memang sulit untuk dibangun pondasi. Akan tetapi dengan menggunakan cakar ayam, kendala ini dapat teratasi.

2. Memiliki Struktur Kokoh

Selanjuntya adalah memiliki struktur yang kokoh dan kuat. Kekuatan yang dimiliki oleh cakar ayam ini bahkan mampu menahan beban bangunan dengan sangat baik. Jadi sangat cocok digunakan untuk menopang bangunan bertingkat yang memiliki banyak lantai.

3. Tidak Membutuhkan Sistem Drainase

Lalu tidak memerlukan sistem drainase. Ini juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh konstruksi cakar ayam yang satu ini. Pada dasarnya pondasi ini terbuat dari beton dan pipa-pipa tulangan yang sangat kokoh yang tentu sudah memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air. Posisinya yang jauh didalam tanah juga membuatnya tidak membutuhkan sistem drainase.

4. Tidak Memerlukan Sambungan Kembang Susut

Kelebihan lainnya adalah tidak membutuhkan sambungan kembang susut untuk mendukung pondasi yang satu ini. Konstruksi cakar ayam memang diperuntukan untuk daerah yang memiliki tanah tidak stabil. Dengan struktur yang dimiliki, pondasi ini memiliki kekuatan yang kuat untuk menopang beban bangunan tanpa harus memerlukan sambungan kembang susut.

5. Cocok Diaplikasikan di Berbagai Daerah

Kuat dan kokoh menjadikan pondasi jenis ini dapat digunakan untuk pembangunan proyek diberbagai daerah. Pondasi ini bisa juga dikatakan mampu digunakan diberbagai macam daerah, dengan tanah yang stabil atau kurang stabil.

6. Proses Pembuatan Relatif Lebih Cepat

Sedangkan untuk proses pembuatan juga relatif lebih cepat. Hal ini dikarenakan pondasi ini tidak membutuhkan rangkaian porses yang panjang. Proses pembuatan juga bisa dikatakan cukup rumit, namun bisa diproses dengan cepat.

Kekurangan

1. Proses Pembuatan Rumit

Proses pembuatan memang cukup rumit dan memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Utamanya adalah mengenai pembuatan struktur pondasi yang memang cukup rumit. Pondasi jenis ini terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerjasama, baik plat beton maupun pipa-pipa pendukungnya harus dibuat dan dipasang pada posisi yang benar. Jika tidak maka banyak kemungkinan pondasi mengalami kerusakan.

2. Harus Dibuat Oleh Tenaga Ahli

Pembuatan pondasi juga harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli dalam hal ini. Tidak bisa sembarangan orang membuat cakar ayam yang satu ini.

3. Dibutuhkan Biaya yang Tidak Sedikit

Dari segi biaya, pembuatan cakar ayam ini membutuhkan biaya yang cukup banyak. Hal ini tentu sangat sesuai dengan kualitas yang nantinya diberikan oleh jenis pondasi yang satu ini. Pengadaan pipa-pipa dan juga plat beton tentu membutuhkan cukup banyak dan pastinya akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Nah itulah beberapa pembahasan menarik mengenai pengertian pondasi cakar ayam dan juga kelebihan serta kekurangan yang dimiliki. Jangan lupa simak artikel lain mengenai daftar harga bahan bangunan 2020 di postingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua dalam hal bangunan.