√ Harga Borongan Pasang Granit Plus Bahan Per Meter 2021

Harga Borongan Pasang Granit Plus Bahan – Lantai granit merupakan jenis lantai mewah yang kualitasnya lebih unggul dari keramik biasa, bahkan bisa disejajarkan dengan lantai marmer. Namun, granit sebenarnya memiliki ketahanan lebih kuat dan kokoh jika dibandingkan dengan lantai marmer.

Menariknya lagi, lantai granit memiliki motif yang tidak sama, sebab motif granit tersebut terbentuk secara alami. Oleh sebab itu, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan granit dibandingkan keramik biasa sehingga mampu menambah kesan cantik pada sebuah hunian, entah itu sebagai pelapis lantai maupun tangga.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak para kontraktor ataupun pekerja borongan yang menawarkan jasa pemasang granit plus material atau bahan. Biasanya setiap pekerja borongan tersebut memiliki ketentuan terkait tarif atau harga jasa pemasangan granit lantai per meter perseginya.

Maka dari itu, apabila kalian hendak memasang keramik menggunakan pekerja borongan plus bahan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harga jasanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pasang granit plus bahan per meter perseginya.

Harga Borongan Pasang Granit Plus Bahan

Kelebihan dan Kekurangan Granit

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu keunggulan granit dibandingkan keramik biasa yaitu memiliki daya tahan lebih tinggi. Kendati demikian, bukan berarti bahan material bangunan tersebut tidak memiliki kelemahan sedikitpun. Sebelum membahas harga borongan pasang granit plus bahan lebih lanjut, berikut akan kami berikan sejumlah kelebihan beserta kekurangannya.

Kelebihan

  • Kuat serta tahan lama.
  • Tahan terhadap berbagai macam cuaca.
  • Tata cara perawatannya tergolong mudah.
  • Mampu memberikan tampilan mengkilap.
  • Tahan terhadap goresan.
  • Mampu memberikan kesan mewah di dalam rumah.
  • Warna granit tidak mudah pudar.
Baca  70 Harga Borongan Pasang Hebel Plus Bahan Per Meter 2021

Kekurangan

  • Warnanya terkadang tidak menentu.
  • Harga granit lantai cukup tinggi.
  • Bobotnya cenderung berat.
  • Kurang tahan terhadap noda.
  • Proses pemasangannya membutuhkan pekerja berpengalaman.

Ukuran Standar Lantai Granit

Ukuran Standar Lantai Granit

Sebagai informasi, biasanya HARGA GRANIT di pasaran akan dipengaruhi oleh jenis, ukuran serta kualitasnya. Di pasaran Indonesia sendiri ukuran material granit lantai sebenarnya cukup bervariasi, mulai dari 15 x 60, 30 x 60, 40 x 40 hingga 60 x 60.

Namun, umumnya ukuran granit yang paling sering digunakan untuk melapisi lantai di rumah-rumah tinggal yaitu ukuran 60 x 60. Pasalnya, granit berukuran 60 cm x 60 cm tersebut dinilai menjadi ukuran standar pelapis lantai, entah itu di rumah tinggal, gedung perkantoran maupun apartemen.

Harga Borongan Pasang Granit Plus Bahan Per Meter

Harga Borongan Pasang Granit Plus Bahan Per Meter

Sebagaimana diketahui, HARGA BORONGAN TENAGA BORONGAN biasanya akan sedikit berbeda di beberapa wilayah atau daerah. Adanya perbedaan harga borongan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti lokasi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan atau kesulitan hingga risiko pemasangannya.

Untuk harga borongan pasang granit plus bahan biasanya berada di kisaran Rp 250.000 sampai Rp 350.000 per meter perseginya. Tarif jasa pemasangan granit oleh pekerja borongan tersebut berlaku untuk material berukuran 60 cm x 60 cm dengan kualitas standar.

Jadi, jika kalian menginginkan bahan material granit kualitas terbaik, maka pastinya harga borongan pemasangannya akan jauh lebih mahal. Harga borongan pasang granit plus bahan di atas sudah meliputi upah pekerja borongan, pemotongan plin hingga pembersihan lokasi pekerjaan.

Cara Menghitung Biaya Pasang Granit

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pasang granit plus bahan di semua wilayah. Selanjutnya, kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pemasangan granit menggunakan pekerja borongan plus material.

Baca  Harga Borongan Pasang Keramik Per Meter Terbaru

Karena disini pemasangan granit menggunakan pekerja borongan plus bahan, maka kalian tidak perlu MENGHITUNG KEBUTUHAN GRANIT. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara menghitung biaya pemasangan granit menggunakan pekerja borongan di bawah ini.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Langkah pertama dalam menghitung biaya pasang granit yaitu mencari tahu luas atau volume bidang pekerjaan. Misalkan kalian akan memasang granit pada ruang tamu berukuran panjang 6 meter serta lebar 5 meter, maka perhitungannya akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang : 6 meter.
  • Lebar : 5 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Volume pekerjaan : 6 m x 5 m = 30 m2.

Biaya Pasang Granit

Biaya Pasang Granit

Setelah mengetahui luas bidang pekerjaan pemasangan granit lantai, selanjutnya yaitu tinggal menghitung total biaya pemasangannya. Caranya yaitu mengalikan volume pekerjaan dengan harga borongan pemasangan granit per meter perseginya.

  • Biaya pemasangan : Luas pekerjaan x harga borongan per meter persegi.
  • Biaya pemasangan : 30 m2 x Rp 300.000 = Rp 9.000.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasang granit pada ruang tamu berukuran 6 m x 5 m menggunakan pekerja borongan plus bahan yaitu kurang lebih sekitar Rp 9.000.000. Saran kami sebaiknya siapkan dana melebihi hasil perhitungan untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal di luar dugaan pada saat proses pengerjaan sedang berlangsung.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif jasa borongan pemasangan granit plus bahan bisa berbeda di beberapa wilayah. Meskipun demikian, selisih perbedaannya sebenarnya tidak akan terlalu jauh sehingga upah pekerja borongan di atas masih bisa menjadi acuan.

Itulah sekiranya penjelasan dari Ahlikuli.com seputar daftar harga borongan pasang granit plus bahan per meter perseginya untuk semua jenis dan ukuran. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang granit di rumah mengunakan pekerja borongan plus material.