5 Harga Borongan Pasang Paving Per Meter 2021 : Tenaga & Bahan

Harga Borongan Pasang Paving Per Meter – Paving block atau nonblock merupakan bahan bangunan yang saat ini menjadi favorit masyarakat untuk menutup permukaan tanah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya paving sangat ramah terhadap lingkungan serta memiliki nilai ekonomis.

Di sisi lain, harga jual paving block juga lebih murah dibandingkan material aspal ataupun beton ready mix sehingga menjadi keunggulan tersendiri. Seperti halnya beton pracetak lainnya, proses pembuatan paving juga melalui sistem fabrikasi secara massal sehingga ukurannya cukup seragam.

Di Indonesia sendiri sudah tersedia cukup banyak kontraktor atau pemborong yang menyediakan jasa pemasangan paving sebagai penutup permukaan lantai atau tanah. Umumnya pekerja borongan tersebut mematok tarif atau harga jasa pemasangan paving per meter persegi.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana MEMASANG PAVING BLOCK menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harga jasa pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap daftar harga borongan pasang paving per meter, entah itu hanya tenaga kerja saja ataupun borongan plus material.

Harga Borongan Pasang Paving Per Meter

Jenis Jenis Paving

Sebelum pembahasan harga borongan pasang paving per meter lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis-jenisnya. Di pasaran Indonesia, saat ini setidaknya terdapat 6 jenis paving yang umum digunakan oleh masyarakat.

Pastinya setiap jenis paving tersebut memiliki bentuk, corak, tekstur serta warna bervariasi. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami berikan beberapa jenis paving yang biasa beredar di pasaran Indonesia.

  1. Paving uskup.
  2. Paving trihex.
  3. Paving bata.
  4. Paving segi enam (hexagon).
  5. Paving cacing.
  6. Paving rumput.

Kelebihan dan Kekurangan Pasang Paving

Kelebihan dan Kekurangan Pasang Paving

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu keunggulan dari paving yaitu sangat ramah terhadap lingkungan. Meskipun demikian, bukan berarti produk tersebut tidak memiliki kekurangan sedikitpun. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasangnya, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan paving.

Baca  27 Harga Borongan Pasang Plafon Triplek 2021 : Tenaga & Material

Kelebihan

  • Paving memiliki daya serap air yang baik sehingga mampu menjaga keseimbangan air tanah di sekitar bangunan.
  • Bobotnya cenderung lebih ringan dibandingkan betonan ataupun aspal.
  • Tersedia dalam berbagai macam motif, bentuk hingga warna.
  • Memiliki daya tahan cukup tinggi terhadap cuaca panas terik matahari serta hujan.
  • Ketika terjadi kerusakan, maka cara penggantiannya sangat mudah.
  • Proses pemasangannya tergolong cepat.

Kekurangan

  • Jika pondasi atau struktur dasar pelevelannya tidak cukup kuat, maka permukaan pemasangan paving mudah bergelombang.
  • Kurang baik jika dipasang untuk area jalan raya ataupun jalan yang dilalui oleh kendaraan berkecepatan tinggi.
  • Kerap terjadi pemasangan kurang cocok sehingga mudah bergeser dari susunan pemasangannya.

Cara Menghitung Kebutuhan Paving

Cara Menghitung Kebutuhan Paving

Perlu diketahui, kebutuhan paving per satu meter perseginya biasanya akan berbeda untuk masing-masing jenis. Tentunya perbedaan tersebut dipengaruhi oleh ukuran serta bentuk dari paving itu sendiri. Untuk menghitung total kebutuhannya, kalian bisa menggunakan rumus di bawah ini.

Kebutuhan paving : Luas area pemasangan x Kebutuhan paving per meter persegi

Sebagai contoh kalian akan memasang paving pada halaman rumah berukuran 6 meter x 6 meter, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti berikut ini.

Luas halaman : 6 m x 6 m = 36 m2.

Jumlah Kebutuhan Paving :

  • Paving bata : 36 m2 x 44 bh/m2 = 1.584 bh.
  • Paving hexagon : 36 m2 x 25 bh/m2 = 900 bh.
  • Paving cacing : 36 m2 x 39 bh/m2 = 1.404 bh.
  • Paving trihex : 36 m2 x 39 bh/m2 = 1.404 bh.
  • Paving ubin kecil : 36 m2 x 88 bh/m2 = 3.168 bh.
  • Paving ubin besar : 36 m2 x 22 bh/m2 = 792 bh.

Harga Borongan Pasang Paving Per Meter

Daftar Harga Borongan Pasang Paving Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN TENAGA BANGUNAN dalam pekerjaan lainnya, besaran tarif jasa pemasangan paving juga dapat berbeda di beberapa wilayah. Perbedaan harga borongan tersebut biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pemasangannya.

Selain itu, harga borongan pasang paving per meter juga dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu harga borongan khusus tenaga serta harga borongan plus bahan. Untuk harga borongan tenaga pemasangan paving tanpa material berada di kisaran Rp 22.000 sampai Rp 30.000 per meter perseginya.

Sementara harga borongan pasang paving plus material per meter perseginya kurang lebih sekitar Rp 135.000 hingga Rp 165.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa harga borongan tersebut hanya berlaku untuk paving block jenis standar dengan ukuran sekitar 6 cm.

Jika lebih memilih menggunakan pekerja borongan tanpa material, maka kalian perlu mencari bahan material pemasangannya sendiri. Maka dari itu, sebaiknya lakukan survei ke beberapa pemasok atau supplier untuk mengetahui HARGA PAVING BLOCK terbarunya.

Cara Menghitung Biaya Pasang Paving

Cara Menghitung Biaya Pasang Paving

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pasang paving per meter perseginya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pemasangan paving. Daripada penasaran, berikut adalah tata cara menghitung biaya pasang paving menggunakan pekerja borongan.

Luas Pekerjaan

Tahap pertama, silahkan cari tahu terlebih dahulu berapa luas atau volume bidang pekerjaan yang akan dipasangi paving. Misalkan kalian akan memasang paving pada pekarangan rumah berukuran panjang 7 meter serta lebar 4 meter, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Luas pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Luas pekerjaan : 7 m x 4 m = 28 m2.

Biaya Pasang Paving

Langkah berikutnya yaitu menghitung biaya pemasangan paving block menggunakan pekerja borongan plus material. Caranya yaitu mengalikan luas bidang pekerjaan dengan harga borongan pasang paving per meter perseginya.

  • Biaya pasang paving : Luas pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya pasang paving : 28 m2 x Rp 135.000 = Rp 3.780.000.

Dari data perhitungan di atas, untuk memasang paving pada halaman rumah berukuran 7 m x 4 m menggunakan pekerja borongan plus bahan membutuhkan biaya kurang lebih sekitar Rp 3.780.000. Biaya tersebut sudah termasuk ongkos pekerja borongan serta pembelian paving block beserta material pendukung lainnya.

Demikian penjelasan dari Ahlikuli.com seputar daftar harga borongan pasang paving per meter untuk semua jenis, baik itu borongan tanpa material ataupun plus material. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang paving di rumah menggunakan pekerja borongan.