Cara Menghitung Keramik Dinding 25×40 (Kebutuhan Material & Biaya)

Cara Menghitung Keramik Dinding 25×40 –Ada banyak jenis keramik dapat digunakan salah satunya adalah keramik dinding baik itu untuk kamar mandi teras serta interior. Dengan menggunakan keramik dinding memiliki kesan berbeda dari lainnya adapun dalam pemilihan bentuk, ukuran, warna maupun motif keramik harus benar sempurna.

Maka dari banyak keramik dinding memiliki berbagai macam motif, ukuran serta warna dapat dipilih sesuai dengan desain ruangan. Hampir kebanyakan orang memilih ukuran keramik dinding yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat pada saat membangun hunian yaitu keramik berukuran 25 cm x 40 cm.

Pada umumnya, keramik dinding dengan ukuran tersebut digunakan buat melapisi tembok ruangan dapur ataupun tembok kamar mandi. Akan tetapi, keramik dinding ukuran 25×40 juga bisa di aplikasikan didalam ruangan, namun wajib untuk memilih motif dan warnanya agar serasi dan enak dipandang.

Nah yang menjadi pertanyaan bagaimana cara menghitung keramik dinding 25×40 ? Lalu apa saja harus dilakukan ketikan ingin menggunakan keramik dinding. Terkait itu semua, pada pertemuan sangat baik ini kami hendak informasikan mulai dari cara hitung luas dinding dan biaya.

Cara Menghitung Keramik Dinding 25×40 Kebutuhan Material Biaya

Oleh karena itu sangat disarankan agar tetap simak terus artikel ini sampai selesai dengan tujuan paham serta jelas, meski CARA MENGHITUNG KERAMIK dinding atau lantai tidak jauh berbeda. Baiklah untuk mempersingkat waktu dapat simak ulasan dari Ahlikuli.com seperti dibawah ini.

Cara Menghitung Volume Dinding

Cara Menghitung Volume Dinding

Pertama hitung terlebih dahulu volume pekerjaan atau luas permukaan dinding yang akan di pasangi keramik dinding. Sebagai contoh akan memasang keramik dinding ukuran 25×40 pada ruangan kamar mandi berbentuk persegi berukuran 1.35 meter dengan tinggi pemasangan 1.5 meter, maka tata cara menghitungnya akan seperti berikut.

Baca  5 Cara Membuat Cakar Ayam 2021 : Ukuran Pondasi & Biaya Terlengkap

Dinding kamar mandi sekitar 1.35 meter,lalu tinggi pemasangan : 1.5 meter dam lebar pintu : 0.7 meter. Maka perhitungannya sebagai berikut :

Rumus Perhitungan : Sisi + sisi + sisi + sisi – Luas pintu.
Jadi keliling dinding : 1.35 m + 1.35 m + 1.35 m + 1.35 m – 0.65 m = 4.7 m (0.65 berasal dari panjang dinding 1.35 m dikurangi lebar pintu 0.7 m).
Jadi, total volume luas bidang permukaan dinding pada kamar mandi tersebut berukuran 1.35 meter yaitu 4.7 meter.

Cara Menghitung Keramik Dinding 25×40

Cara Menghitung Keramik Dinding 25×40

Setelah ketemu luas dinding yang akan dipasangi keramik maka lanjut hitung kebutuhan keramik, adapun caranya juga sangat mudah. Jika masih bingung dapat simak langsung sebagai berikut.

Luas pemasangan keramik dinding : Volume pekerjaan x tinggi pemasangan, kemudian luas pemasangan keramik dinding : 4.7 m x 1.5 m = 7.05 m2.

Jadi perhitungan kebutuhan keramik dinding seperti ini : 7.05 m2 + 0.2115 m2 = 7.2615 m2 (dibulatkan menjadi 8 dus).
Dari perhitungan di atas, total kebutuhan keramik dinding 40×25 kamar mandi berukuran 1.35 m x 1.35 m yaitu sekitar 8 dus.

Biaya Pasang Keramik Dinding 25×40

Biaya Pasang Keramik Dinding 25×40

Sampai disini sudah mengetahui kebutuhan dinding berapa dus, kemudian lanjut mengenai biaya. Pada umumnya pemasangan akan di hitung harian sekitar Rp 120.000 per hari. Sedangkan biaya untuk membeli material keramik dinding ukuran 25×40 kurang lebih Rp 85.000 per dus, jika membutuhkan 8 dus maka di kalikan yakni 8 x 85.000 = Rp 680.000 + Jasa.

Kesimpulan

Setelah melihat perhitungan diatas, maka dapat menarik kesimpulan dapat memperhitungkan budget yang dibutuhkan dan selain itu pembelian material bida dipastikan tidak kurang. Karena perhitungan diatas sudah di bulatkan atau hitungan lebih.

Nah Seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan keramik dinding ukuran 24×40 dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.

Baca  12 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Paling Ampuh 2021