17 Perbedaan Finishing HPL dan Duco pada Kitchen Set

Perbedaan Finishing HPL dan Duco – Seperti kita ketahui bahwa ada banyak jenis finishing perabot interior, seperti HPL dan juga Duco. Biasanya finishing ini digunakan pada kitchen set atau jenis perabot lainnya seperti rak dinding, rak tv dan lain sebagainya. Namun perlu kalian ketahui juga bahwa ada beberapa perbedaan diantara keduanya.

Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan finishing HPL dan Duco pada kitchen set pada pertemuan kali ini. Finishing memang berguna untuk memperindah tampilan perabot atau furniture yang kita miliki agar terlihat lebih mewah dan elegan yang tentunya dengan pilihan warna yang solid.

Penggunaan material Duco memang lebih banyak digunakan unutk finishing, namun saat ini penggunaan HPL juga dikenal lebih praktis dalam pemasangannya. Material ini dijual dalam bentuk lembaran yang memiliki tekstur serta warna yang lebih beragam, jadi kita dapat memilihnya sesuai dengan selera dan keinginan kita.

Karena memiliki bentuk lembaran, pemasangan HPL juga dinilai lebih mudah. Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai perbedaan finishing HPL dan Duco pada kitchen set yang dapat kalian simak berikut ini.

Perbedaan Finishing HPL dan Duco pada Kitchen Set

Perbedaan HPL dan Duco

Finishing HPL

HPL merupakan material laminasi dari PVC yang dibuat dengan tekanan tinggi. Lapisan tipis yang membentuk material ini menjadi lebih pada sehingga awet dan mampu bertahan cukup lama karena dibuat dengan tekanan yang tinggi. Lapisan HPL juga dilindungi dengan overlay yang membuat material ini menjadi anti gores guna melindungi tekstur yang ada dibawahnya.

Lapisan overlay juga dikenal karena pengerjaannya yang lebih mudah dan singkat. Pemasangan HPL tidak membutuhkan tukang dengan keahlian khusus, karena dapat dipasang dengan cara ditempel pada permukaan perabot atau kitchen set. Dibawah ini merupakan keunggulan dan kekurangan dari material HPL yang wajib kalian ketahui.

1. Keunggulan

  • Biaya pemasangan lebih murah karena dapa dipasang sendiri tanpa perlu jasa tukang.
  • Material homogen sehingga tekstur akan sama di seluruh bagian.
  • Memiliki motif yang beragam, mulai dari warna solid hingga tekstur yang bermotif seperti kayu ataupun batu alam seperti marmer dan granit.
  • Pengerjaan tidak berantakan dan lebih bersih ketika pemasangan karena cukup ditempel saja.
  • Awet dan tahan lama, tahan gores, air dan panas.
  • Harga relatif lebih murah.

2. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan pada saat Pemasangan HPL

  • Pemasangan membutuhkan ketelitian yang tinggi. Jika kurang teliti maka akan menimbulkan gelembung-gelembung kecil pada permukaan HPL.
  • Walaupun HPL dapat dipasang pada pinggiran furniture dengan cara dipanaskan atau menggunakan produk edging, material HPL sulit untuk dipasang pada permukaan dengan ukuran lengkungan yang kecil. Contohnya pada profil pintu kabinet kitchen set.
  • HPL terbuat dari lembaran plastik komposit yang dipadatkan sehingga kaku dan tidak fleksibel. Jika tidak hati-hati, maka dapat menyebabkan HPL mudah patah.
  • Tampilan tidak semewah cat duco.

Finishing Duco

Cat Duco sendiri merupakan material cat penis berbahan minyak yang diaplikasikan pada permukaan dengan cara disemprot. Teknik aplikasi cat duco ini membutuhkan keahlian khusus, dan tidak sembarang orang dapat melakukan finishing yang satu ini. Sebelum penyemprotan, biasanya permukaan yang akan dicat perlu diberi dempul untuk menutupi pori-pori kayu.

Lalu haluskan dempul dengan menggunakan amplas, setelah itu semprot dengan cat duco. Lapisan cat diberikan coating untuk memberikan kesan glossy atau mengkilap. Cat duco memang lebih mewah dibandingkan dengan HPL. Selain itu warnanya pun lebih solid dan glossy jika diaplikasikan dengan baik dan benar. Untuk keunggulan material ini dapat kalian simak berikut ini.

1. Keunggulan

  • Dapat diaplikasikan pada berbagai permukaan kayu, baik permukaan rata atau yang melengkung. Jika pintu kabinet kitchen set memiliki profil, cat duco ini sangat cocok untuk digunakan.
  • Selain memiliki tampilan glossy yang mewah, cat duco juga tersedia dalam jenis satin dan matte untuk kesan warna yang lebih lembut.
  • Memiliki banyak pilihan warna.
  • Bau tidak menyengat dan aman karena berbahan mirip plastik melamine.

2. Kekurangan

  • Harga relatif lebih mahal.
  • Proses pengaplikasian relatif lama karena dilakukan tidak hanya satu tahap saja untuk hasil yang maksimal.
  • Dibutuhkan tenaga ahli agar pengecatan maksimal sesuai dengan keinginan.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai perbedaan finishinga HPL dan Duco yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga veneer kayu yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.