27 Harga Veneer Kayu Terbaru 2020 Berbagai Jenis

Harga Veneer Kayu – Kalian pasti pernah mendengar istilah Veneer Kayu. Veneer kayu adalah jenis lembaran kayu dengan tebal 0,24 mm hingga 3 mm yang dibentuk melalui proses pengupasan jenis kayu tertentu seperti kayu jati, kayu mindi, kayu sungkai dan juga kayu oak.

Veneer kayu saat ini kerap menjadi pilihan sebagai material finishing untuk perabot atau material mentah seperti papan kayu lapis ataupun papan kayu blockboard. Veneer kayu ini juga berguna untuk membantu permukaan material tersebut menjadi lebih merata dan halus.

Disamping dapat dimanfaatkan sebagai material finishing, veneer kayu memiliki ketebalan yang cukup juga sering menjadi bahan mentah pembuatan material lain seperti kayu lapis yang mana dapat di olah kembali menjadi sebuah furniture.

Tak jarang juga digunakan sebagai pelapis lantai parket atau langsung diaplikasikan sebagai pengganti HPL atau material finishing lainnya. Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan lengkap mengenai harga veneer kayu, jenis veneer kayu dan kelebihan serta kekurangannya berikut ini.

Harga Veneer Kayu Terbaru Berbagai Jenis

Harga Veneer Kayu

Jenis Veneer Kayu

Berbicara mengenai Veneer Kayu, ada beberapa jenis yang perlu kalian ketahui. Apa saja jenisnya, mari kita simak ulasannya berikut ini:

RAW Veneer

Jenis yang satu ini adalah sebuah matrerial mentah dan belum diolah, sehingga sulit dibedakan mana permukaan depan dan permukaan belakang. Untuk melapisi furniture, veneer perlu disambung antara potongan satu dengan lainnya. Veneer mentah ini memiliki kekurangan yang mudah retak jika digunakan untuk melapisi permukaan yang melengkung.

Paper Backed Veneer

Veneer jenis ini tersedia dalam lembaran besar dengan lapisan dasar yang terbuat dari kertas sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan karena memiliki sifat fleksibel. Jenis material ini paling sering digunakan untuk finishing interior.

Phenolic Backed Veneer

Veneer Kayu yang satu ini banyak digunakan untuk membuat material komposit dari kayu ataupun material veneer sintetis. Hadir dalam bentuk lembaran sehingga tidak mudah retak ketika digunakan untuk melapisi bidang permukaan yang melengkung.

Laid Up Veneer

Laid Up Veneer terbuat dari veneer mentah yang disatukan untuk membuat potongan yang lebih besar. Proses pembuatannya memang memakan waktu dan membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi, akan tetapi tidak sulit dan tidak memerlukan alat atau mesin yang mahal. Venerr ini diproduksi dalam berbagai ukuran sehingga memungkinkan untuk digunakan mengikuti furniture dengan berbagai ukuran, bentuk atau desain.

Reconstituted Veneer

Dan jenis yang satu ini merupakan material veneer yang dibuat dari vegetasi hutan tropis yang pertumbuhannya relatif cepat. Diolah langsung dari bahan kayu gelondongan, lalu dicelupkan ke dalam larutan pewarna. Potongan ini kemudian akan disatukan dan direkatkan untuk menjadi material veneer yang dapat digunakan untuk berbagai hal.

Harga Veneer Kayu

Tipe Veneer KayuHarga Per m2
White Oak PABRp 72.500
White Oak FARp 37.500
Walnut PABRp 75.000
Walnut FARp 40.000 – Rp 55.000
Maple PABRp 55.000 – Rp 72.500
NaytohRp 18.000
MahoniRp 40.000
JatiRp 75.000
EboniRp 300.000
SungkaiRp 40.000
SonokelingRp 60.000 – Rp 85.000
AmaraRp 140.000
Cherry ImporRp 75.000
Mangga SuperRp 435.000
MindiRp 40.000
Teak Jati ReconRp 60.000
Zebrano ReconRp 140.000

Kelebihan dan Kekurangan Veneer Kayu

Kelebihan

  • Tidak Mudah Retak

Material kayu solid seringkali mengalami keretakan karena suasana yang ada disekitarnya. Pada veneer kayu ini sifatnya lebih stabil dan tidak mudah retak.

  • Harga Terjangkau

Harga veneer kayu ini juga dikenal memiliki harga yang terjangkau dan lebih murah dibandingkan menggunakan kayu solid.

  • Tampilan Menyerupai Kayu Sungguhan

Tampilan mirip dengan kayu mahal sungguhan sudah pasti memberikan nilai tambah pada bahan yang satu ini.

Kekurangan

  • Memerlukan perawatan seperti kayu solid. Aplikasikan vernis tambahan dan pelapis anti rayap untuk menghindari rusaknya material veneer kayu.
  • Tidak tahan lembab, dan tidak tahan rayap.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai harga veneer kayu, jenis serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki material yang satu ini. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga kitchen set minimalis yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.

5/5 (1 Review)