12 Cara Merawat Furnitur Rotan Agar Awet & Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Furnitur Rotan – Saat ini banyak sekali furnitur rumah dengan bahan atau material yang cukup unik. Selain menggunakan material kayu sebagai bahan utama pembuatan furnitur, pengrajin juga banyak yang menggunakan rotan untuk membuat meja dan kursi.

Dari segi harga bahan baku, material rotan tentu lebih murah dibandingkan dengan bahan kayu, terlebih KAYU JATI yang dikenal memiliki harga yang sangat tinggi. Maka dari itu tidak heran jika furnitur rotan ini banyak diminati oleh kalangan masyarakat saat ini.

Rotan sendiri lebih banyak digunakan sebagai material pembuat furnitur seperti meja dan juga kursi. Tampilan dari furnitur rotan juga terlihat lebih unik dan klasik, jadi sangat cocok dengan kalian yang gemar mengoleksi barang-barang antik dengan nuansa klasik.

Sama halnya dengan jenis furnitur lainnya, untuk menjaga furnitur rotan agar awet dan tidak cepat rusak, kalian juga harus melakukan perawatan secara berkala. Di bawah ini ahlikuli.com telah menyiapkan beberapa tips dan cara merawat furnitur rotan agar awet yang dapat kalian simak di bawah ini.

Cara Merawat Furnitur Rotan Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Furnitur Rotan

Kelebihan Furnitur Rotan

Sebelum kita kepembahasan utama, alangkah baiknya jika kalian mengetahui beberapa kelebihan yang ada pada furnitur rotan ini. Adapun untuk kelebihannya adalah sebagai berikut.

1. Furnitur Rotan Memiliki Bobot Ringan

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh furnitur rotan adalah bobotnya yang cukup ringan. Lain halnya dengan perabot lain berbahan kayu solid, bobot rotan ini sangatlah ringan sehingga mudah untuk dipindah ke tempat yang sesuai keinginan.

2. Harga Relatif Murah

Walaupun dijual dengan harga yang relatif murah, namun bukan berarti furnitur dengan bahan rotan ini murahan. Banyak para pengrajin yang mampu mengubahnya menjadi furnitur dengan harga jual bersaing dan kualitas yang tidak murahan.

3. Tampilan Unik, Klasik dan Artistik

Kelebihan yang selanjutnya adalah memiliki tampilan yang unik, klasik dan juga artistik. Hal inilah yang menjadi furnitur dengan bahan rotan banyak disukai orang, bahkan sampai diminati oleh orang-orang luar negeri.

4. Kuat

Dalam segi kekuatan, rotan dapat diadu dengan mebel lain yang berbahan kayu solid. Hal ini terbukti jika rotan banyak disulap menjadi kursi untuk ruang keluarga, ruang santai dan ruang lainnya.

5. Awet

Selain itu juga rotan mampu bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama, asalkan selalu dirawat secara berkala.

6. Mudah Dibentuk

Selain dapat digunakan sebagai bahan pembuatan furnitur, rotan juga dapat digunakan sebagai bahan untuk dekorasi ruangan.

7. Dapat Tampil Modern

Dan kelebihan yang terakhir adalah mampu tampil modern asalkan furnitur tersebut harus dilakukan finishing atau warna agar terlihat lebih modern. Kalian dapat mengaplikasikan warna apa saja sesuai selera.

Cara Merawat Furnitur Rotan

Tips Merawat Furnitur Rotan

Setelah mengetahui kelebihan dari furnitur rotan, selanjutnya kalian dapat simak cara merawat furnitur rotan agar awet dan tidak mudah rusak. Lebih jelasnya simak berikut ini.

1. Letakkan Furnitur Rotan di Tempat yang kering

Sama dengan kayu, rotan juga rentan terkena air. Maka dari itu usahakan untuk menempatkan furnitur rotan di tempat yang kering agar tidak mudah rapuh dan lapuk. Jika permukaan rotan terkena cipratan air usahakan untuk langsung membersihkannya dengan kain lap kering.

2. Letakkan di Bagian Interior Rumah

Furnitur rotan juga rentan terhadap terik matahari. Agar tampilannya tetap menarik, kalian dapat menempatkannya di bagian dalam rumah, seperti ruang tamu, ruang keluarga atau ruang santai.

3. Usahakan Tidak Menggunakan Cairan Kimia Ketika Membersihkannya

Membersihkan rotan dapat kalian lakukan dengan menggunakan kain lap kering atau vacum cleaner. Tidak perlu menggunakan cairan kimia atau sejenisnya karena dapat merusakan rotan.

4. Antisipasi Serangan Rayap

Rotan sangat mudah diserang oleh rayap, maka dari kalian harus rutin untuk mengecek apakah rotan terserang rayap atau tidak. Jika iya, maka kalian harus langsung membasmi rayap tersebut agar rotan tidak cepat rusak. Kalian dapat semprotkan minyak tanah dan kapur barus ke bagian atau seluruh permukaan rotan.

5. Lakukan Finishing Secara Berkala

Dan yang terakhir adalah dengan melakukan finishing secara berkala. Hal ini tentu agar tampilan rotan tetap menarik. Biasanya seiring berjalannya waktu, warna rotan akan memudar, maka dari itu kalian dapat melakukan finishing rotan secara berkala setiap 3 bulan sekali atau 1 tahun sekali.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara merawat furnitur rotan agar awet dan tidak cepat rusak. Mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.