15 Harga Abu Batu Terbaru 2020: Spesifikasi & Fungsi Abu Batu

Harga Abu Batu – Pasir merupakan bahan utama untuk pengerjaan kontruksi bangunan. Namun ada beberapa masyarakat terkadang mendapat kecurangan dari pihak penjual pasir yang menjual pasir dengan kualitas yang sangat jelek.

Pasir dengan kualitas jelek pastinya kurang tepat jika digunakan untuk bahan utama pembangunan sebuah rumah ataupun gedung. Maka dari itu banyak juga dari mereka yang mensiasatinya dengan menggunakan abu batu sebagai bahan campuran untuk pasir dengan kualitas rendah tersebut.

Abu batu adalah butiran batu kecil dan ampas debu batu yang terbentuk dari proses penghancuran batu yang digunakan untuk bahan konstruksi. Sumber bahan abu batu ini juga didapat dari hasil produksi di tambang-tambang seperti gunung batu.

Ngomong-ngomong soal abu batu, pada pembahasan kali ini ahlikuli.com akan memberikan informasi mengenai harga abu batu, spesifikasi, fungsi dan juga keunggulan abu batu. Lebih jelasnya langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Harga Abu Batu Terbaru: Spesifikasi & Fungsi Abu Batu

Harga Abu Batu

Keunggulan Abu Batu

Abu batu memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Daya Rekat Lebih Baik dan Kuat

Abu batu memiliki kelebihan daya rekat atau ikat yang lebih baik dan kuat jika dibandingkan dengan pasir. Daya rekat yang baik ini dikarenakan tekstur abu batu sangat tajam. Jika pasir mudah terurai ketika terkena air, maka lain halnya dengan abu batu yang malah semakin mengeras dan kuat jika terkena air.

2. Tidak Mudah Ditumbuhi Rumput

Menggunakan abu batu dalam campuran bahan bangunan juga dapat menghindarkan tumbuhnya rumput di sela-sela paving block atau pori-pori beton.

3. Dapat Mengurangi Jumlah Penggunaan Semen

Dengan kalian menggunakan abu batu, maka penggunaan semen akan lebih irit. Lain halnya jika menggunakan pasir, semen yang dibutuhkan sudah pasti lebih banyak.

4. Ukuran Partikel Abu Batu Sangat Kecil

Kelebihan yang selanjutnya adalah lebih praktis karena abu batu memiliki ukuran yang sangat kecil seperti debu. Hal ini membuat abu batu tidak perlu diayak lagi ketika akan digunakan.

5. Mudah Didapatkan

Bagi kalian yang mungkin membutuhkan abu batu, saat ini abu batu sangat muda didapatkan di berbagai daerah yang ada di seluruh Indonesia. Namun untuk soal harga tentunya berbeda-beda di setiap daerah.

6. Harga Relatif Terjangakau

Keunggulan abu batu yang terakhir adalah memiliki harga yang cukup terjangkau. Harga abu batu dinilai lebih murah dibandingkan dengan HARGA PASIR pada umumnya. Maka dari itu, penggunaan abu batu tentu akan sangat efisien dan menguntungkan.

Spesifikasi Abu Batu

Spesifikasi Abu Batu

Lanjut kepembahasan selanjutnya adalah mengenai spesifikasi abu batu. Abu batu memiliki ukuran yang sangat kecil, dimana untuk ukuran terbesarnya kurang lebih 0,075 mm. Abu batu memiliki warna abu-abu dan tidak memiliki kadar lumpur karena telah di olah dan di saring sesuai dengan kegunaannya.

Fungsi Abu Batu untuk Konstruksi

Fungsi Abu Batu

Di industri konstruksi, abu batu memiliki banyak sekali kegunaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Material pembuatan Batako Press
  • Material pengganti Pasir
  • Material lapisan dasar pemasangan Paving Block
  • Kombinasi bahan Bangunan
  • Campuran untuk kesuburan tanah

Harga Abu Batu

Harga Abu Batu 1 Truk

Sedangkan untuk harga abu batu, abu batu ini dijual dengan harga per kubik yang dimuat dengan engkel, truk colt diesel dan juga tronton. Untuk rincian harganya simak di bawah ini:

  • Harga Per Kubik Muatan Engkel = Rp 1.200.000 (Muatan 3,5-4 kubik)
  • Harga Per Kubik Muatan Truk Colt Diesel = Rp 1.800.000 (Muatan 6,5-7 kubik)
  • Harga Per Kubik Muatan Tronton = Rp 5.200.000 (Muatan 22-24 kubik)

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai harga abu batu terbaru yang dapat kalian simak diatas. Selain itu, ahlikuli.com juga memberikan informasi lain mengenai spesifikasi dan keunggulan abu batu. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

5/5 (1 Review)