60 Harga Borongan Cat Pagar Besi Per Meter 2021

Harga Borongan Cat Pagar Besi – Sebagaimana diketahui, perabotan berbahan dasar besi seperti pagar rumah sangat rentan mengalami kerusakan atau karat. Selain akan memperburuk tampilan pagar besi, karat tersebut juga bisa mengakibatkan kekeroposan sehingga pagar besi bisa roboh.

Tingkat kerusakan akibat perkaratan pada pagar besi juga cukup beragam, mulai dari stadium awal sampai ke tingkat yang bisa menghilangkan bahan besi itu sendiri. Kondisi pagar besi dengan tingkat kerusakan awal masih bisa diperbaiki dengan cara menggunakan CAT BESI ANTI KARAT.

Untungnya saat ini di Indonesia sudah tersedia cukup banyak kontraktor ataupun pekerja borongan yang menyediakan jasa pengecatan pagar besi. Namun, tentunya para pekerja borongan tersebut juga memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga jasa pengecatan pagar besi dengan hitungan per meter persegi.

Nah, jika kalian berencana hendak memberikan lapisan cat pada pagar besi menggunakan pekerja borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Maka dari itu, kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait daftar harga borongan cat pagar besi per meter perseginya, entah itu non material ataupun plus material.

Harga Borongan Cat Pagar Besi

Tujuan Pengecatan Pagar Besi

Sebelum pembahasan utama mengenai harga borongan cat pagar besi berlanjut, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu beberapa tujuannya. Adapun sejumlah tujuan dilakukannya pengecatan pagar besi diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Mencegah Perkaratan

Mencegah Perkaratan

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu tujuan utama dari pengecatan pagar besi di rumah yaitu untuk mencegah perkaratan. Jadi, melapisi pagar besi menggunakan cat anti karat bisa menjadi langkah tepat dalam mencegah timbulnya korosi.

2. Mencegah Timbulnya Lumut atau Jamur

Mencegah Timbulnya Lumut atau Jamur

Tujuan selanjutnya dalam proses pelapisan cat pada pagar besi yaitu untuk mencegah timbulnya lumut atau jamur. Munculnya lumut ataupun jamur di pagar besi ini biasanya disebabkan karena tingginya kelembapan udara pada lingkungan sekitar.

3. Mempercantik Pagar Besi

Mempercantik Pagar Besi

Tujuan terakhir yaitu untuk mempercantik serta memperindah pagar besi. Seperti diketahui, saat ini cat besi di pasaran juga sudah dijual dengan berbagai macam warna sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pembelinya.

Harga Borongan Cat Pagar Besi Per Meter

Harga Borongan Cat Pagar Besi Per Meter

Perlu diketahui, besaran harga borongan cat pagar besi per meter persegi bisa berbeda di beberapa daerah ataupun wilayah. Sebab, tarif jasa pengecatan tersebut dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti lokasi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan sampai risiko pengecatannya.

Di sisi lain, para pemborong atau kontraktor juga biasanya menyediakan 2 sistem borongan, yaitu borongan non bahan serta borongan plus bahan. Dimana borongan pengecatan non bahan berarti pemborong hanya menyediakan tenaga kerja saja sehingga pemilik pagar perlu melakukan survei HARGA CAT BESI sendiri di pasaran.

Sementara borongan plus bahan berarti pihak pemborong menyediakan tenaga kerja beserta material cat pagar besi. Untuk harganya sendiri tentunya sedikit lebih mahal dibandingkan harga borongan non material, tergantung dengan pemilihan serta penggunaan cat pagar besinya.

Umumnya mereka mematok harga borongan cat pagar besi non material mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 250.000 per meter perseginya. Sementara tarif borongan pengecatan pagar besi plus material berada di kisaran Rp 400.000 hingga Rp 600.000 per meter persegi, tergantung merek cat pagar besi itu sendiri.

Cara Menghitung Biaya Pengecatan Pagar Besi

Setelah mengetahui besaran harga borongan cat pagar besi per meter perseginya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung total biaya pengecatannya. Secara garis besar, perhitungan biaya pengecatan pagar besi hampir sama seperti saat MENGHITUNG BORONGAN CAT PLAFON.

Pasalnya, kalian perlu mencari atau menghitung terlebih dahulu volume pagar besi yang akan dilakukan pengecatan oleh pekerja borongan. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik tata cara menghitung biaya pengecatan pagar besi menggunakan pekerja borongan di bawah ini.

1. Volume Pagar Besi

Volume Pagar Besi

Langkah pertama yaitu mencari tahu total luas atau volume pagar besi yang akan dilapisi dengan cat. Sebagai contoh kalian akan melakukan pengecatan pada pagar besi sepanjang 6 meter serta tinggi 1.5 meter, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang pagar besi : 6 meter.
  • Tinggi pagar besi : 1.5 meter.

Perhitungan :

  • Volume pagar besi : Panjang x tinggi.
  • Volume pagar besi : 6 m x 1.5 m = 9 m2.

2. Biaya Pengecatan Pagar Besi

Biaya Pengecatan Pagar Besi

Tahap berikutnya yaitu menghitung total biaya pengecatan pagar besi menggunakan pekerja borongan, entah itu borongan non bahan ataupun borongan plus bahan. Cara menghitungnya juga cukup mudah, hanya mengalikan volume pagar besi dengan harga borongan per meter perseginya.

Borongan Non Material

  • Biaya pengecatan pagar besi : Volume pagar besi x harga borongan.
  • Biaya pengecatan pagar besi : 9 m2 x Rp 200.000 = Rp 1.800.000.

Borongan Plus Material

  • Biaya pengecatan pagar besi : Volume pagar besi x harga borongan.
  • Biaya pengecatan pagar besi : 9 m2 x Rp 400.000 = Rp 3.600.000.

Jadi, total biaya yang perlu kalian persiapkan untuk mengecat pagar besi menggunakan pekerja borongan ialah sekitar Rp 1.800.000 untuk borongan non bahan serta Rp 3.600.000 untuk borongan plus bahan. Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut sudah termasuk biaya penyewaan alat pengecatan serta biaya pembersihan bidang pekerjaan.

Tips Memilih Cat Pagar Besi

Tips Memilih Cat Pagar Besi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap terkait daftar harga borongan cat pagar besi per meter persegi disertai perhitungan biayanya. Nah, supaya kalian bisa mendapatkan cat besi berkualitas, sebaiknya ikuti beberapa tips memilihnya di bawah ini.

  • Pastikan cat besi diformulasikan sebagai anti karat.
  • pastikan cat besi anti jamur dan tahan terhadap cuaca ekstrim.
  • Perhatikan bahan dasar pembuatan cat.
  • Prioritaskan untuk membeli merek cat terpercaya.
  • Usahakan utamakan kualitas di atas harga.
  • Sesuaikan warna cat dengan konsep hunian.

Dari informasi di atas bisa diambil kesimpulan bahwa besaran harga borongan pengecatan pagar besi dihitung dengan satuan per meter persegi. Selain itu, tarif jasa borongan tersebut juga bisa berbeda di beberapa daerah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pengecatannya.

Itulah sekiranya pembahasan dari Ahlikuli.com seputar daftar harga borongan cat pagar besi per meter baik itu non material ataupun plus material. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai acuan ketika hendak melapisi pagar besi di rumah dengan cat menggunakan pekerja borongan.