Harga Borongan Gali Sumur Per Meter : Jasa & Finishing

Harga Borongan Gali Sumur Per Meter – Bagi setiap orang, air memang menjadi kebutuhan pokok setiap harinya, karena kita akan susah jika sehari saja tanpa air pasti merasa kesusahan. Oleh karena itu hampir setiap rumah memilih sumber air yakni sumur, baik itu sumur galian maupun sumur bor dan tak jarang juga yang memanfaatkan air PDAM.

Apabila berbicara soal sumur tentunya banyak orang bertanya berapa besar budget yang dibutuhkan untuk membuat sumur galian, apakah sama seperti sumur bor atau lebih murah ? Mengenai hal tersebut, galian sumur bisa dikatakan jauh lebih murah dengan borongan sumur bor. Jadi tak heran jika banyak orang lebih suka menggunakan sumur galian.

Lantas berapa harga borongan gali sumur dari kasa sampai proses finishing ? Perihal pertanyaan tersebut, pada kesempatan sangat baik ini kami akan sampaikan kepada kalian semua secara jelas dan detail, pasalnya tidak semua daerah mematok harga yang sama. Namun disini kami akan menjelaskan harga borongan gali sumur per meter pada umumnya saja, dengan mengetahui gambaran harganya maka kalian bisa memperkirakan berapa budget yang harus disediakan.

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada pertemuan sangat baik ini kami hendak informasikan kepada kalian semua mengenai harga borongan gali sumur per meter, maka dari itu sangat disarankan agar simak artikel ini sampai selesai agar paham nantinya. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan oleh Ahlikuli.com diantaranya adalah sebagai berikut.

Harga Borongan Gali Sumur

Perbedaan Sumur Galian & Bor

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, terlebih dahulu sampaikan kepada kalian semua mengenai perbedaan antara sumur biasa dengan sumur bor, karena banyak orang yang belum begitu paham. Sebab, taunya hanya sama sama sebagai tempat untuk mendapatkan pasokan air jernih.

Pada intinya memiliki fungsi yang sama yakni sebagai sumber mata air yang bisa di ambil setiap hari, hanya saja yang menjadi pembeda antara keduanya ialah proses pembuatan. Dimana sumur bisa dilakukan secara manual dan diameter sumur biasa jauh lebih lebar dari sumur bor karena dibuat menggunakan alat khusus.

Perbedaan berikutnya ialah kedalaman sumur, pada umumnya sumur bor jauh lebih dalam dengan galian, karena kedalaman hanya bisa dilakukan sampai keluar air. Sedangkan yang bor biasanya mencapai 20 meter lebih, sekiranya itulah beberapa perbedaan yang bisa kami sampaikan kepada kalian semuanya.

Harga Borongan Gali Sumur Per Meter

Kemudian lanjut ke pembahasan utama mengenai harga borongan gali sumur, secara umum memang jauh lebih murah dengan sumur bor sehingga tidak heran jika menjadi opsi utama bagi kebanyakan orang. Pada umumnya besaran harga yang dikenakan dari daerah satu ke daerah lain memang memiliki selisih tidak terlalu besar.

Jika berbicara harga borongan gali sumur biasanya akan dihitung kedalaman berapa meter, karena tidak semua daerah memiliki kedalaman yang sama, bahkan ada yang kedalaman 8 meter air sudah keluar dan ada juga kedalaman lebih dari 10 meter air belum juga keluar. Hal tersebut memang sudah menjadi hal yang wajar, jadi kalian akan membayarnya sesuai dengan kedalaman.

Semisalnya saja perjanjian awal kedalaman 10 meter, akan tetapi pada kedalaman 9 meter sudah keluar air maka bayar saja 9 meter, atau sebaliknya jika perjanjian awal hanya 10 meter saja tetapi air belum keluar. Lalu dilanjutkan lagi keluar pada kedalaman 12 meter maka harganya jelas ditambah, tinggal hitung saja per meter berapa.

Pada umumnya, setiap jasa gali sumur akan menghitung per meter antara 200 ribu sampai 300 ribu rupiah dan harga tersebut termasuk umum di beberapa daerah kota besar dan maupun kabupaten kota. Perlu diperhatikan jika harga tersebut bukan menjadi patokan, hanya sebagai gambaran buat kalian semua.

Biaya Finishing Gali Sumur

Sedangkan mengenai biaya finishing akan dihitung dari bahan material seperti batu, bata, pasir dan semen dimana akan dijadikan benteng pada bagian atas serta penutup jika kalian menggunakan pompa air. Bila berbicara soal biaya yang dikenakan kurang lebih mencapai 3 juta rupiah, dimana untuk jasa pada umumnya sekitar Rp 500.000.

Namun semua itu tergantung dari persetujuan awal apakah sepakat dengan proses finishing atau hanya galian sumur saja, namun sangat disarankan agar sekalian saja sehingga tidak perlu repot repot untuk mencari tenaga lagi dan selain itu juga dinilai jauh lebih efisien waktu serta budget.

Semua itu tergantung pada kalian sendiri mau menggunakan opsi mana, dimana semua opsi sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal kalian fikir secara matang sekiranya opsi mana yang lebih bagus, agar dikemudian waktu tidak menyesal.

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa biaya gali sumur per meter memang berlaku di semua daerah dan untuk besaran harga yang dikenakan, diatas bukan menjadi patokan hanya sebagai gambaran saja. Jadi pada intinya harga borongan secara umum tidak jauh berbeda dari yang sudah kami sebutkan seperti diatas, saran kami agar kalian lakukan negosiasi kepada jasa gali sumur sebelum deal siapa tahu saja masih bisa kurang.

Nah seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai harga borong gali sumur per meter disertai dengan biaya proses finishing seperti pengecoran dan acian dapat Ahlikuli.com sampaikan kepada kalian semuanya. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas bisa membantu semua orang sedang membutuhkan penjelasan seperti sudah kami sampaikan kepada kalian dari awal pembahasan sampai selesai.

Tinggalkan komentar