Harga Borongan Rumah Type 45 Minimalis Terbaru 2020

Harga Borongan Rumah Type 45 – Membangun sebuah rumah dengan desain dan konsep yang sesuai dengan keinginan kita sendiri tentu akan memberi kepuasan tersendiri. Maka dari itu tak sedikit dari mereka yang lebih memilih membeli tanah kavling atau rumah jadi untuk dibangun ulang menjadi rumah impian.

Namun jika membeli tanah kavling yang kiranya pas untuk dijadikan rumah, kalian dapat mencari-cari referensi mengenai jenis rumah dan type rumah minimalis kekinian. Untuk soal type, rumah type 45 sepertinya dapat kalian jadikan opsi utama ketika akan membangun sebuah rumah dengan modal atau biaya dibawah 200 juta.

Dalam membangun sebuah rumah memang harus benar-benar dipikirkan dengan matang, bahkan sampai hal-hal terkecil sekalipun. Terlebih lagi rumah tersebut memang akan kita tinggali. Maka untuk pemilihan type rumah, desain eksterior, interior dan juga lainnya harus benar-benar kita pikirkan dengan matang.

Lalu berapa sih harga borongan rumah type 45 minimalis saat ini? Untuk mengetahui harga tersebut, kita dapat memperhitungkan sendiri mulai dari biaya bahan bangunan dan juga jasa arsitek serta tukang yang nantinya akan kita gunakan. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan yang telah kami siapkan berikut ini.

Harga Borongan Rumah Type 45 Minimalis Terbaru

Harga Borongan Rumah Type 45

Pilih Denah Rumah Sesuai Biaya Bangun Rumah Type 45

Untuk memperkirakan biaya bangun rumah type 45 dapat kita hitung ketika kalian sudah menentukan rencana dasar atau denah dari rumah tersebut. Dari denah inilah kalian dapat menentukan ukuran dari tiap ruangan yang ada, jumlah sekat dinding yang membutuhkan pintu, jumlah jendela dan kualitas material ruangan yang akan digunakan.

Walaupun dibangun dengan type 45 kalian masih tetap bisa merancang tata ruang yang lapang dengan konsep minimalis. Bahkan kalian juga dapat membuat 3 kamar tidur dalam satu lahan tanpa perlu ditingkat, Ada banyak sekali jenis rumah minimalis type 45 yang dapat kalian pilih-pilih.

Menentukan Desain Eskterior Sebagai Perkiraan Biaya Pembangunan

Pemilihan rumah dengan konsep minimalis disini bukan berarti kalia dapat menekan biaya bangun rumah type 45 yang kalian inginkan. Konsep ini juga bukan hanya mengatur tampilan eskterior rumah, rancangan tata ruang interior dan juga dekorasi ruangan.

Karena itulah ada baiknya jika kalian memulai langkah membangun rumah dengan menemukan jasa desainer eskterior minimalis sesuai dengan keinginan kalian. Kalian juga dapat mencari inspirasi dari internet mengenai rumah tingkat minimalis atau menggunakan jasa arsitek.

Prinsip dasar pembangunan rumah adalah tampilan menarik dan tata ruang yang nyaman. Sebenarnya sangat sederhana, namun terkadang kita membutuhkan beberapa tata ruang yang lebih fungsional serta tampilan eskterior yang lebih elegan.

Jadi terkadang tidak heran jika biaya yang kita siapkan menjadi membengkak. Namun hal tersebut bukanlah masalah yang perlu diperdebatkan mengingat kita sendiri menginginkan rumah yang sesuai dengan impian kita.

Gunakan Jasa Arsitek dalam Pembangunan Rumah Type 45

Saking banyak konsep desain rumah, tata ruang dan juga denah rumah yang dapat kita lihat referensinya di internet terkadang memang membuat kita bimbang. Menyikapi hal ini kalian dapat menggunakan jasa arsitek untuk membuatkan denah rumah, konsep rumah serta lainnya.

Saat ini jasa arsitek dapat kita peroleh dengan mudah, kita dapat mencarinya melalui teman, sahabat, tetangga yang memiliki kenalan arsitek profesional. Atau kalian juga dapat mencarinya di internet karena dinilai kita akan lebih tepat menemukan jasa arsitek yang profesional.

Untuk membangun rumah type 45 dengan bantuan jasa arsitek, kalian dapat mempersiapkan budget berkisar Rp 200 juta. Maka imbalan untuk jasa arsitek yang kalian gunakan adalah sebesar 8% dari total anggaran yang kalian keluarkan, berarti sekitar Rp 18 juta.

Harga jasa arsitek juga tidak mematok pada perhitungan dasara saja, kalian juga dapat menemukan jasa arsitek dengan imbalan berdasarkan luas bangunan. Harga tersebut juga bervariasi, mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 700 ribu per meter persegi, tergantung dengan tingkat kesulitan bangunan dan pengalaman sang arsitek.

Apabila kalian menggunakan tarif bawah atau termurah dari jasa arsitek untuk bangunan rumah type 45, kalian dapat memberikan imbalan sebesar Rp 9 juta saja.

Memilih Opsi Jasa Tukang yang Digunakan

Kemudian untuk urusan tukang bangunan, apakah kalian lebih menyukai pembayaran tukang bangunan dengan sistem harian atau borongan? Apabila kalian menggunakan sistem harian maka kalian harus menyiapkan material dan desainnya sendiri.

Kalian juga harus meluangkan waktu untuk mengawasi pekerjaan tukang tersebut. Kisaran harga bangun rumah type 45 dengan sistem harian adalah mulai dari Rp 70 ribu hingga Rp 200 ribu tergantung wilayah dan juga spesialisasinya.

Apabila bangunan selesai dalam waktu 2 bulan, maka kalian perlu membayar jasa tukang harian sebesar Rp 4,2 juta per orang (jika menggunakan tarif batas terendah). Namun lain lagi jika kalian menggunakan jasa tukang borongan.

Harga borongan rumah type 45 ini dapat dibedakan menjadi 2 sistem, yakni sistem borongan upah tenaga dan sistem borongan total. Sistem borongan upah tenaga hampir mirip dengan harian, hanya saja kalian tidak menghitung berdasarkan hari melainkan berdasarkan proyek.

Material dan desain tetap kalian yang mengerjakan sendiri. Nah jika sistem borongan total, kalian disini hanya tinggal berkomunikasi dengan mandoro dan nantinya dialah yang akan membagi pembayaran kepada semua tukang. Dia juga yang akan mengatur biaya pembelian bahan bangunan.

Menghitung Biaya Bangun Rumah Type 45 Berdasar Luas Bangunan

Untuk menghitung biaya bangun rumah type 45 dengan berdasar luas bangunan, hasilnya mungkin akan berbeda-beda tergantung lokasi. Harga dipengaruhi oleh bahan material yang digunakan serta upah tukang setempat. Kalian dapat mencari tahu informasi ini mengenai harga standar yang dipakai oleh daerah kalian.

Sebagai contoh jika standar biaya bangun rumah type 45 ini adalah Rp 2 juta, kalian dapat mengkalikan dengan 45 meter persegi, jadi Rp 90 juta. Apabila menggunakan perhitungan ini kalian cenderung akan diuntungkan jika membangun rumah bertingkat type 45.

Menghitung Biaya Bangun Rumah Type 45 Berdasar Biaya Bahan Bangunan

Untuk perhitungan yang satu ini bisa dikatakan sedikit lebih rumit karena kalian harus mencari tahu harga pasaran dari material bangunan. Perhitungan ini juga dapat berbeda-berbeda dengan orang lain karena tergantung dengan pilihan materialnya.

Semisal harga semen per sak berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu. Lalu rangka atap baja ringan mulai dari Rp 120 ribu per meter persegi. Untuk hitungan kasar menggunakan material standar, kalian dapat membuat perhitungan dengan menetapkan harga perkiraan setempat.

Jika kalian mematok perkiraan harga total bahan bangunan berkisar Rp 3 juta per meter persegi, maka kalian harus mempersiapkan budget sebesar Rp 135 juta untuk type rumah 45.

Dengan kata lain melihat harga borongan rumah type 45 diatas umumnya dana yang dapat dikeluarkan menurut kami adalah diatas Rp 150 juta. Hal ini dengan melihat harga material rata-rata disetiap wilayah dan upah tukang borongan di setiap wilayah.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai harga borongan rumah type 45 yang dapat kalian simak diatas. Hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga bahan bangunan yang telah ahlikuli.com sampaikan dipostingan sebelumnya.