30 Harga Kapur Bangunan Per Sak 2020: Jenis & Fungsi

Harga Kapur Bangunan – Membahas mengenai bahan bangunan, kalian semua mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kapur. Kapur memang merupakan salah satu bahan campuran semen dan pasir yang umum digunakan oleh para tukang ketika mengerjakan pekerjaan pembangunan sebuah rumah, gedung, toko, ruko dan lain sebagainya.

Namun seiring berkembangnya zaman, penggunaan kapur memang sedikit berkurang. Banyak masyarakat yang jarang menggunakan kapur sebagai bahan campuran semen dan pasir. Padahal dengan menggunakan kapur, adukan dinilai memiliki kekuatan yang sangat baik ketika digunakan untuk merekatkan batu bata.

Berbicara mengenai material yang satu ini, ahlikuli.com akan membahas mengenai harga kapur bangunan, jenis kapur dan juga manfaat yang dihasilkan oleh material ini. Sekilas tentang manfaat kapur, bukan hanya dapat digunakan sebagai bahan campuran semen dan juga pasir dalam urusan konstruksi bangunan, BAHAN BANGUNAN yang satu ini juga mampu menjadikan pondasi bangunan menjadi lebih stabil.

Lalu apakah mudah untuk mendapatkan material di setiap daerah yang ada di Indonesia? Tentu saja, karena hampir setiap daerah atau toko bangunan terdekat di daerah kalian menyediakan material ini, baik per kilogram maupun per sak. Namun kebanyakan pihak penjual menjualnya dengan ukuran per sak.

Harga Kapur Bangunan Per Sak: Jenis & Manfaat

Harga Kapur Bangunan

Dari segi harga, kapur juga dijual dengan sangat terjangkau, dimana untuk per kilonya saja hanya dibanderol Rp 1200 sampai Rp 2000. Daripada penasaran, lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap yang telah ahlikuli.com siapkan berikut ini.

Jenis Kapur Bangunan

Jenis Kapur Bangunan

Perlu kalian ketahui juga bahwa kapur memiliki beberapa jenis yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut;

Kapur Kental

Kapur ini terdiri dari 95% kalsium oksida, dengan warna putih dan memiliki sifat mengeras perlahan, kemudian plastisitas tinggi, set perlahan di udara serta daya serap dengan keras.

Kapur Hidrolik

Selanjutnya adalah kapur hidrolik. Kapur ini mengandung tanah liat dan oksidasi besi. Bergantung pada persentase tanah liat, kapur jenis ini dapat dibagi juga menjadi 3 jenis, yakni hidrolik halus, hidrolik murni dan hidrolik sedang.

Semua jenis tersebut dibedakan dari persentase kandungan tanah liatnya. Untuk kapur hidrolik halus memiliki kandungan tanah liat sebesar 10%, kapur hidrolik sedang memiliki kandungan tanah liat sebesar 20% dan sedangkan kapur hidrolik murni memiliki kandungan tanah liat sebesar 21% sampai 30%.

Untuk sifat kapur ini antara lain set di bawah air, warna tidak terlalu putih, bentuk pasta tipis dengan air dan sifat pengikat membaik apabila serbuknya yang halus dicampur dengan pasir dan diendapkan selama seminggu.

Kapur Rendah

Dan yang terakhir adalah kapur rendah. Kapur ini mengandung lebih dari 30% tanah liat. Warnanya yang berlumpur menjadikan kapur ini memiliki sifat pengikat yang kurang bagus. Jeratan yang dibuat dengan kapur ini sering diaplikasikan untuk interior.

Manfaat Kapur Bangunan

Manfaat Kapur Bangunan

Seperti sudah kami bahas diatas bahwa kapur banyak digunakan sebagai bahan campuran antara semen dan juga pasir di sektor konstruksi. Banyak juga yang memanfaatkan kapur ini sebagai bahan untuk memperhalus dinding bangunan yang mereka buat.

Selain itu banyak juga digunakan untuk bahan penstabil pondasi jalan yang berfungsi juga untuk mengurangi penyusutan benda dan pemuaian pondasi jalan raya. Batu kapur yang dicampur dengan tanah liat juga merupakan bahan utama pembuatan semen. Semen sendiri adalah bahan baku utama dalam proses pembangunan, baik rumah maupun gedung.

Harga Kapur Bangunan Per Sak

Harga Kapur Bangunan Per Sak
KemasanHarga Kisaran
Kapur Bangunan Tohor 1 KgRp 1.200
Kapur Bangunan 1 KgRp 2.000
Kapur Bangunan 50 KgRp 350.000 – Rp 560.000/sak

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai harga kapur bangunan yang dapat kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

5/5 (1 Review)