√ Apa Itu Screed Lantai 2020: Tips & Cara Pengaplikasian

Apa Itu Screed Lantai – Keramik, Granit, marmer merupakan beberapa dari jenis lantai paling banyak digunakan oleh masyarakat. Namun apakah kalian pernah mendengar istilah screed lantai?

Nah bagi kalian yang mungkin belum tahu mengenai screeed lantai, kami akan membahasnya pada pertemuan kali ini. Screed lantai adalah sebuah lapisan halus yang digunakan ketika melakukan finishing pada lantai.

Bagian ini juga merupakan bagian penting dalam sebuah lantai, karena dengan adanya screed lantai, permukaan lantai akan lebih terlihat sempurna dan menampilkan kesan alami.

Screed lantai juga sangat cocok diaplikasikan di rumah yang mengusung konsep desain kontemporer. Perlu kalian ketahui juga bahwa screed lantai juga memiliki beragam jenis.

Apa Itu Screed Lantai: Jenis, Tips & Cara Pengaplikasian

Apa Itu Screed Lantai

Daripada penasaran mengenai jenis dari screed lantai, di bawah ini dapat kalian simak langsung mengenai jenis dan pengertian screed lantai yang telah ahlikuli.com siapkan berikut ini.

Apa Itu Screed Lantai

Screed Lantai adalah suatu lapisan halus yang digunakan ketika melakukan proses finishing pada permukaan lantai. Proses finishing biasanya menggunakan salah satu dari beberapa jenis screed lantai. Dimana setiap jenis tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Jenis Screed Lantai

Jenis Screed Lantai

Nah untuk ragam jenis dari screed lantai, kurang lebih ada 5 jenis, yakni polimer, beton, epoxy, anhidrit dan campuran. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan masing-masing jenis di bawah ini.

Screed Polimer

Screed Polimer merupakan lapisan finishing yang terbuat darui campuran antara semen, pasir dan juga polimer sintetic. Pengaplikasian screed polimer sendiri bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dari lantai. Maka dari itu tak heran jika banyak pabrik-pabrik yang menggunakan lapisan screed yang satu ini.

Screed Beton

Kedua ada screed beton. Screed yang satu ini paling umum digunakan. Namun perlu kalian ketahui bahwa pengaplikasian screed beton ini membutuhkan waktu sampai 28 hari sampai benar-benar mengering sempurna dan dapat digunakan.

Screed Epoxy

Bagi kalian yang ingin memiliki lantai rumah yang terlihat mengkilap dan licin, screed epoxy ini dapat menjadi pilihan utama kalian. Keunggulan dari jenis ini adalah tahan lama, kuat dan pengerjaan dapat dilakukan dengan cepat. Dari segi tampilan, screed epoxy terlihat lebih menarik dibandingkan jenis lainnya.

Screed Anhidrit

Kemudian ada jenis anhidrit. Jenis yang satu ini banyak digunakan di hotel, bandara, mall dan bangunan komersial lainnya. Keunggulan jenis screed ini adalah mampu mempercantik tampilan lantai dari sebuah bangunan.

Screed Campuran

Dan jenis yang terakhir adalah campuran. Screed lantai yang satu ini dibuat dengan campuran antara additif, filler, semen dan juga pasir silika. Kalian dapat menggunakannya sebagai finishing lantai, perata lantai dan menambah ketinggian lantai sebelum dipasang keramik.

Tips dan Cara Pengaplikasian

Tips dan Cara Pengaplikasian

Sebelum kalian melakukan proses finishing dengan menggunakan screed lantai, ada beberapa tips yang dapat kalian terapkan agar hasil pengaplikasian menjadi lebih sempurna, diantaranya adalah:

Bersihkan Permukaan Lantai

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah kebersihan lantai. Pastikan lebih dulu jika lantai yang hendak dilakukan pengaplikasian screed lantai sudah benar-benar bersih. Jika sudah bersih, barulah proses pengaplikasian dapat dilakukan.

Jangan Lakukan Pengerjaan di Siang Hari

Pengerjaan screed lantai ini dapat diselesaikan sebelum dikeringkan. Maka dari itu hindari pengerjaan ini pada saat sinar matahari sedang terik karena hal ini dapat menyebabkan screed lantai cepat mengering. Usahakan pengerjaan dilakukan di saat sinar matahari tidak terlalu terik agar hasilnya sempurna.

Lakukan Pengaplikasi Jika Lantai Benar-Benar Mengeras

Dan yang terakhir adalah lakukan pengaplikasian jika lantai sudah benar-benar mengeras dan siap untuk diratakan.

Pengerjaan screed lantai dapat dilakukan dengan menggunakan jasa screed lantai agar hasilnya benar-benar sempurna. Baiklah, hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Simak juga informasi lain mengenai HARGA KERAMIK LANTAI PER DUS.