13 Harga Kayu Kelapa (Glugu) 2020 : Kelebihan & Kekurangan

Harga Kayu Kelapa – Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kayu kelapa atau kita kenal dengan nama lain yakni kayu Glugu. Kayu kelapa ini banyak digunakkan untuk bahan bangunan dan juga bahan utama pembuatan furniture lain.

Untuk bahan bangunan, kayu kelapa ini banyak digunakkan untuk balok, galar dan juga kaso lepasan. Nah berbicara mengenai kayu kelapa atau glugu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai harga dan juga kelebihan serta kekurangan yang dimiliki kayu kelapa.

Kayu kelapa memang banyak dimanfaatkan untuk bahan bangunan karena memiliki kekuatan yang sangat baik. Walaupun masih kalah dibandingkan dengan kayu jati, namun kayu kelapa masuk dalam kategori kayu awet kelas 1 dan 2.

Selain digunakkan sebagai bahan bangunan, kayu kelapa juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan furniture karena memiliki serat yang unik dan artistik. Namun untuk penggunaan bahan utama furniture kayu kelapa harus dilakukan finishing terlebih dahulu.

Harga Kayu Kelapa (Glugu) : Kelebihan & Kekurangan

Harga Kayu Kelapa

Walaupun memiliki serat yang unik namun perlu kalian ketahui juga bahwa serat tersetbut sangatlah tajam. Nah untuk informasi lebih lengkapnya lebih baik langsung saja kita simak pembahasan menarik yang telah kami siapkan berikut ini.

Harga Kayu Kelapa (Glugu)

Jenis

UkuranJumlah/m3

Harga/m3

Kaso Ikatan Kelapa4 x 6 x 400 cm104.2Rp 2.800.000
Kaso Lepasan Kelapa4 x 6 x 400 cm104.2Rp 2.800.000
Kaso Ikatan Kelapa5 x 7 x 400 cm71.4Rp 2.800.000
Kaso Lepasan Kelapa5 x 7 x 400 cm71.4Rp 2.800.000
Galar Kayu Kelapa5 x 10 x 400 cm50Rp 2.900.000
Balok Kayu Kelapa6 x 12 x 400 cm34.7Rp 3.000.000
Balok Kayu Kelapa6 x 15 x 400 cm27.8Rp 3.000.000

Ciri & Karakteristik Kayu Kelapa

Berbicara mengenai ciri fisik dari kayu kelapa, ada banyak keunikan yang dimiliki oleh kayu kelapa yang satu ini. Kayu kelapa memiliki akar, buah, tunas dan juga daun yang dapat kita pahami mengenai karakteristiknya. Untuk ciri jelasnya, kayu kelapa memiliki serat kayu kasar dan bobot yang sangat berat.

Kayu jenis ini biasanya digunakan untuk bahan bangunan seperti kaso, galar dan juga balok. Harga kayu kelapa atau Glugu ini juga berbeda-beda di setiap ukurannya.

Manfaat dan Kegunaan Kayu Kelapa

Lalu untuk manfaatnya, kayu kelapa ini banyak digunakan sebagai deckling. Jika di Bali, kayu ini digunakan untuk deckling ulin Bali. Selain digunakan sebagai bahan bangunan, kayu kelapa juga banyak digunakan untuk furniture, namun harus melalui proses finishing terlebih dahulu.

Nah dengan melalui proses finishing inilah nantinya kayu kelapa menjadi lebih indah dan artistik. Proses finishing juga dapat menggunakan cat resisten air atau coating. Hal ini bertujuan agar kayu kelapa dapat halus dan rata. Penggunaan cat transparan juga dapat menjadikan tekstur kayu terlihat jelas.

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Kelapa

Lalu untuk kelebihan dan kekurangannya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kayu glugu yang satu ini. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam berikut ini;

Kelebihan

  • Dari segi estetika kayu kelapa memiliki keindahan yang sangat apik. Selain itu corak kayunya juga cukup unik. Dimana warna cokelat tua dari serat tersebut menjadi keunikan tersendiri dari kayu yang satu ini.
  • Masuk dalam kategori kayu kuat kelas 1 dan 2.Berat kayu ini berada dikisaran 0,5-0,9 dilengkapi dengan tingkat kerapatan 400 kg/m3. Jika dibandingkan dengan kayu jati, kayu jati memang lebih kuat dibandingkan glugu.
  • Kayu ramah lingkungan. Saat ini masih banyak jumlah pohon kelapa di alam, jadi jika ditebang tidak akan merusak potensi kayu ini.

Kekurangan

  • Kayu kelapa cenderung mudah menyerap air. Hal ini membuat kayu ini lebih mudah rapuh, disamping itu juga mudah terjadi perubahan bentuk.
  • Serat kayu kelapa memang unik, akan tetapi kalian harus hati-hati karena serat tersebut juga sangat tajam. Maka tak heran jika banyak pengrajin yang mengalami kesulitan pada pemrosesan.
  • Mudah terkena jamur dan hama. Dari segi keawetan bisa dikatakan kurang baik, maka dari itu proses finishing kayu ini sangatlah penting untuk menghindari hal-hal demikian.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai harga kayu kelapa atau glugu yang dapat kalian simak diatas. Selain itu kalian juga dapat memahami pembahasan lain mengenai manfaat, karakteristik, kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki.

Baiklah mungki hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga barmanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga kayu mahoni yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.

5/5 (1 Review)