20 Harga Kayu Ulin Semua Ukuran Terlengkap 2020

Harga Kayu Ulin – Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kayu keras yang satu ini, yap Kayu Ulin. Kayu yang satu ini banyak digunakan untuk keperluan bahan bangunan seperti pembuatan atap sirap, kontruksi berat, bantalan rel dan sebagainya.

Hal ini juga perlu kalian ketahui bahwa kayu ulin merupakan salah satu jenis kayu dengan kualitas tingkat 1 yang sejajar dengan kayu jati, kayu bangkir dan lainnya. Kemudian dari segi harga, harga kayu ulin juga dikenal dibanderol dengan nominal yang cukup tinggi.

Tak heran jika kayu ulin dibanderol dengan harga yang mahal, karena kayu ulin memiliki karakteristik yang sangat baik, mulai dari kekuatan, kekerasan dan juga bobot yang dimilikinya. Kayu ulin saat ini banyak digunakan juga sebagai bahan baku pembuatan furniture.

Berbicara mengenai kayu ulin, beragam informasi mengenai kayu ulin telah kami siapkan pada pembahasan kali ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak daftar harga kayu ulin semua ukuran terlengkap yang dapat kalian simak dibawah ini.

Harga Kayu Ulin Semua Ukuran Terlengkap

Harga Kayu Ulin

Harga Kayu Ulin

Jenis Kayu UlinUkuranHarga
Kayu Ulin2 x 10 x 200 cmRp 250.000/btg
Kayu Ulin19 x 100 x 1200 mmRp 700.000/m2
Kayu Ulin19 x 90 x 1200 mmRp 650.000/m2
Kayu Ulin19 x 80 x 1200 mmRp 500.000/m2
Kayu Ulin17 x 80 x 1200 mmRp 375.000/m2
Kayu Ulin18 x 80 x 1200 mmRp 450.000/m2
Kayu Ulin20 x 10 x 1200 mmRp 750.000/m2

Keunggulan Kayu Ulin

Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh kayu ulin yang satu ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

Tekstur Kayu Kuat, Keras dan Berat

Kayu ulin ini memiliki tekstur yang sangat kuat, keras dan memiliki bobot yang berat. Maka dari itu tak heran jika banyak digunakan sebagai pembuatan pondasi lantai rumah dan juga sebagai bahan atap sirap.

Tahan Rayap

Kemudian untuk ketahanannya, kayu ulin ini sangat tahan terhadap serangan serangga seperti rayap yang banyak ditemui di kayu-kayu seperti sengon, dan sejenisnya yang merupakan kayu lemah terhadap rayap. Kayu ini memiliki kandungan alami sehingga rayap tidak mampu menggerogotinya.

Tahan Terhadap Perubahan Suhu

Selain itu juga tahan terhadap suhu, maka dari itu kayu ini banyak digunakan untuk lantai baik di dalam maupun di luar rumah. Kayu ulin juga diklaim mampu bertahan dalam kurun waktu yang sangat lama bahkan sampai ratusan tahun.

Harga Jual Tinggi

Dan terakhir adalah memiliki nilai jual atau nilai ekonomi yang sangat tinggi. Banyak digunakan sebagai bahan bangunan dan bahan utama pembuatan furniture menjadikan kayu ini banyak digemari oleh masyarakat, bahkan hingga di luar negeri sana.

Karakteristik Kayu Ulin

Untuk karakteristiknya, setiap kayu tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sama halnya dengan karakteristik yang dimiliki oleh kayu ulin yang satu ini. Apa saja karakteristiknya, mari kita simak dibawah ini:

  • Bertekstur yang kasar, kuat dan sangat keras sehingga sulit digergaji menggunakan gergaji tangan biasa dan harus dipotong menggunakan gergaji mesin.
  • Kayu ulin memiliki bau atau aroma kayu yang sangat khas, sehingga setiap orang yang menciumnya biasanya akan langsung tahu bahwa kayu tersebut adalah kayu ulin.
  • Pohon ulin tidak terlalu banyak memiliki cabang.
  • Kulit pohon licin, berwarna kuning dan kelabu muda.
  • Memiliki batang lurus dengan banir yang tumbuh tidak secara melingkar.
  • Kayu yang telah dipotong akan menjadi hitam jika terendam air dalam waktu yang lama.

Manfaat Kayu Ulin

Kayu memang banyak dijadikan sebagai bahan bangunan dan bahan utama pembuatan furniture. Kayu ulin juga demikian, dimana banyak digunakan untuk bahan baku kontruksi berat, konstruksi laut, jembatan, bantalan rel, bahan furniture, perkapalan, atap sirap dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini dikarenakan kayu ulin memiliki karakteristik yang keras, kuat dan berat.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai harga kayu ulin semua ukura terlengkap yang dapat kalian simak diatas. Selain itu juga kami memberikan informasi mengenai manfaat dan juga keunggulan yang dimiliki oleh kayu ulin yang satu ini.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga kayu mahoni yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.

5/5 (1 Review)