12 Cara Membersihkan Lantai Vinyl dan Perawatan Agar Awet

Cara Membersihkan Lantai Vinyl – Kebersihan lingkungan rumah memang menjadi hal yang wajib bagi kita semua, baik di dalam maupun di luar rumah. Seperti halnya dengan kebersihan dinding rumah dan juga lantai rumah.

Kebersihan lantai rumah tentu akan memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan si penghuni rumah. Maka dari itu lantai harus tetap dalam keadaan bersih mengkilap. Saat ini penggunaan lantai bermacam-macam, mulai dari lantai keramik, granit, vinyl dan lainnya.

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai lantai vinyl, mulai dari cara perawatan dan cara membersihkannya. Perlu kalian ketahui juga bahwa perawatan lantai vinyl ini hampir sama dengan perawatan lantai kayu atau parket kayu.

Hanya saja jika lantai kayu kita tidak boleh membersihkannya dengan air terlalu banyak karena dapat merusak lantai tersebut. Lantai vinyl ini dapat kita pel dengan menggunakan air, hanya saja juga jangan terlalu banyak dan harus segera dikeringkan.

Cara Membersihkan Lantai Vinyl dan Perawatan Agar Awet

Cara Membersihkan Lantai Vinyl

Perawatan dan juga membersihkan lantai vinyl dapat dilakukan secara rutin agar lantai tetap bersih dan awet. Ada beberapa peralatan dan cara yang dapat kalian simak dalam pembahasan kali ini. Baiklah daripada penasaran  lebih baik langsung saja kita simak dibawah ini cara membersihkan lantai vinyl agar awet:

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membersihkan Lantai Vinyl

  • Pertama cek lantai kayu dan pastikan bahwa lantai benar-benar bersih dari kotorang. Apabila ada kotoran yang susah dibersihkan karena menempel, kalian dapat menggunakan kape.
  • Kalian dapat membersihkan kotoran dengan menyemprotkan MPC pada noda dengan menggunakan botol spray, gosok noda tersebut sampai benar-benar bersih dan kemudian keringkan dengan kain lap.
  • Gunakan kain lobby duster yang benar-benar bersih dan kering, jangan ditambahkan obat atau minyak lantai ke kain tersebut.
  • Bersihkan lantai dengan menggunakan lobby duster dengan cara maju mendorong, maju tumpang tindih, mundur tumpang tindih secara berkesinambungan.
  • Kumpulkan kotoran di salah satu sudut ruangan dan angkat menggunakan pengki dan buang ke tempat sampah.
  • Lalu pel lantai tersebut dengan baik dan benar.
  • Apabila lantai terlalu kotor maka harus dibersihkan dengan menggunakan cara general cleaning (scrub metode).

Peralatan yang Dibutuhkan

  • Double bucket
  • Mop-set
  • Stick Brush
  • MPC
  • Floor Sweeper (floor squigi)

Cara Membersihkan Lantai Vinyl

  1. Pertama masukan larutan obat pembersih kedalam bucket merah dan campur dengan air, sedangkan bucket biru hanya berisi air bersih saja.
  2. Lalu celupkan kain mop kedalam bucket merah, kemudian pel lantai secara merata tanpa diperas.
  3. Kemudian sikat menggunakan stick brush dengan merata agar kotoran yang melekat dapat terangkat
  4. Dan bilas dengan air bersih
  5. Dorong air bilasan diatas lantai dengan floor squigi hingga kering
  6. Dan pel kembali lantai tersebut dengan menggunakan air bersih pada bucket biru dan tinggalkan lantai dalam kondisi kering.
  7. Jika lantai sudah terlalu kusam dan tidak mengkilat lagi, kalian dapat mengcoatingnya.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara membersihkan lantai vinyl dan cara merawatnya agar tetap awet. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara membersihkan lantai granit yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.