9 Harga Pipa Tembaga Terlengkap 2020 : Kelebihan & Kekurangan

Harga Pipa Tembaga – Untuk memenuhi kebutuhan instalasi listrik, pemasangan AC, kulkas dan lainnya memang harus menggunakan pipa, nah salah satunya adalah pipa jenis tembaga. Pipa jenis tembaga ini banyak dijual dengan harga yang bervariatif tergantung dan jenis, merk dan ukurannya.

Nah pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai harga pipa tembaga terlengkap serta informasi lain mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari pipa yang satu ini. Perlu kalian ketahui juga bahwa pipa tembaga menjadi salah satu jenis pipa yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan jenis pipa lainnya.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena bahan tembaga ini sulit didapatkan, terlebih jika melihat dari kemurniannya. Untuk penggunaan pipa tembaga, ada beberapa merk yang umum digunakkan dan sudah terbukti akan kualitasnya, yakni merk Denji, Crane dan juga pipa tembaga merk Kembla.

Ketiga jenis pipa tembaga ini memang memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Baiklah untuk lebih jelasnya lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai harga pipa tembaga yang telah kami siapkan berikut ini.

Harga Pipa Tembaga Terlengkap : Kelebihan & Kekurangan

Harga Pipa Tembaga

Fungsi Pipa Tembaga

Berbicara mengenai fungsi, pipa tembaga ini memiliki bentuk yang bervariasi, mulai dari spiral, batangan panjang, gulungan hingga kaku. Dengan ketebalan yang variatif untuk disesuaikan menurut kebutuhan. Jenis pipa tembaga dapat difungsikan sebagai media penyaliran air pada instalasai kulkas, AC, saluran air dingin dan panas, gas, udara hingga oksigen.

Kelebihan dan Kekurangan Pipa Tembaga

Seperti sudah kita singgung diatas bahwa ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pipa tembaga ini. Selain itu kekurangan juga wajib kita ketahui, daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak apa saja kelebihan dan kekurangan dari pipa tembaga ini.

Kelebihan

  • Tidak mengeluarkan gas beracun apabila terkena api atau panas
  • Bersifat biostatik, tidak memungkinkan bakteri berkembang di permukannya
  • Tahan getaran, tekanan hingga vacuum
  • Material tembaga anti korosi
  • Bersifat elastis sehingga mudah ditekuk dan dipasang
  • Dapat digunakkan untuk aplikasi luar ruangan karena tahan menghadapi sinar ultraviolet
  • Ramah lingkungan, dapat didaur ulang jika sudah tidak digunakkan lagi
  • Tahan lama, anti bocor dan dapat digunakkan hingga 50 tahun

Kekurangan

Untuk soal kekurangannya, yang paling mencolok adalah mengenai harga jualnya. Dimana harga pipa tembaga ini memang lebih mahal dibandingkan dengan jenis pipa lainnya.

Jenis & Harga Pipa Tembaga

Material tembaga memang bisa dikatakan cukup langka dan jarang ditemukan dalam bentuk murni. Hal inilah yang menyebabkan harga pipa yang satu ini tergolong mahal dibandingkan dengan jenis pipa-pipa lainnya. Perlu kalian ketahui juga bahwa ada 3 merk pipa yang cukup populer, yakni Crane, Denji dan Kembla. Lebih jelasnya simak ulasan dan daftar harganya berikut ini.

1. Pipa Tembaga Crane

Buat kalian yang bekerja di bidang konstruksi, tentu sudah tidak asing lagi dengan pipa tembaga yang satu ini, yakni Crane. Pipa ini merupakan produk keluaran Crane Enfield Metals Pty.Limited yang berpusat di Penrith, Australia. Kualitas pipa ini memang sangat baik sehingga aman digunakkan di berbagai sektor, baik domestik, komersil maupun industri. Untuk harganya sendiri kalian dapat simak dibawah ini:

JenisHarga 
Pipa Crane Enfield 5/8 inch tebal 0,53 mmRp 490.000/Roll
Pipa Crane Enfield 3/4 inch tebal 0,91 mmRp 1.800.000/Roll
Pipa Crane Enfield 1/4 inch tebal 0,56 mmRp 540.000/Rol

2. Pipa Tembaga Denji

Kemudian ada pipa merk Denji yang sering digunakkan sebagai pipa instalasi sistem pendingin dan pemanas. Produk ini menjadi favorit karean tahan lama dan memenuhi standar ASTM atau American Society for Testing and Material. Bukan hanya itu saja, pipa Denji juga diklaim memiliki tingkat kemurnian hingga 99,9%. Nah berikut patokan harga pipa Denji di pasaran:

JenisHarga
Pipa Denji 3/8 inch ASTM B280 tebal 0,81 mmRp 850.000/Roll
Pipa Denji 1/2 inch tebal 0,81 mmRp 675.000/Roll
Pipa Denji 5/28inch tebal 0,89 mmRp 1.100.000/Roll

3. Pipa Tembaga Kembla

Untuk yang terakhir adalah pipa tembaga Kembla. Pipa ini kerap digunakkan untuk pemasangan saluran AC ataukulkas. Merk ini menyediakkan dua jenis pipa, yakni bentuk melingkar dan bentuk lurus. Dibandingkan dengan dua merk diatas, harga pipa ini bisa dikatakan lebih terjangkau.

JenisHarga 
Pipa Kembla Roll 1/4 inch tebal 0,61 mmRp 380.000/Roll
Pipa Kembla Roll 3/48 inch tebal 0,81 mmRp 685.000/Roll
Pipa Kembla Roll 3/4 inch tebal 0,89 mmRp 1.400.000/Roll

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai daftar harga pipa tembaga terlengkap yang dapat kalian simak diatas. Selain itu kami juga membahas mengenai kelebihan dan jenis pipa tembaga yang perlu kalian ketahui.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga pipa stainless steel yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya

5/5 (1 Review)