7 Macam Tipe Rumah dan Harganya yang Wajib Diketahui

Macam Tipe Rumah dan Harganya – Ketika kalian hendak membeli sebuah rumah maupun jenis properti lainnya, kalian dapat terlebih dulu memastikan seluk beluknya bukan? Mulai dari harga rumah tersebut dan juga tipenya. Sebab, jika kalian membeli sebuah rumah pasti jenis dan juga tipe rumah akan menjadi sangat menentukan dan mempengaruhi nilai dari harga jual rumah tersebut. Dan pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai macam tipe rumah dan harganya yang wajib kalian ketahui.

Saat ini banyak sekali jenis rumah yang dijual, rumah tersebut juga memiliki tipe dan harga yang berbeda-beda. Kalian juga pasti sudah tidak asing lagi dengan tipe rumah 21/24, 50, 56, 35, 40, 60, 70 hingga tipe rumah 120. Setiap tipe rumah tersebut juga memiliki luas dan lebar serta kesan mewah yang berbeda-beda, hal inilah yang mempengaruhi nilai beli dan juga nilai jual dari rumah itu sendiri. Tak heran jika saat ini selain dijadikan sebagai rumah tinggal, banyak juga yang membeli sebuah rumah hanya sebagai investasi sebagian orang.

Jenis dan tipe rumah diambil dengan berdasar luas dari rumah tersebut, seperti yang sudah kita singgung diatas dimana setiap tipe memiliki ukuran luas yang berbeda. Sebagi contoh untuk tipe rumah 36, rumah ini memiliki luas 36 meter persegi, lalu untuk tipe rumah 45 memiliki luas 45 meter persegi dan sama halnya dengan tipe rumah lainnya tentu sama ukurannya dengan tipenya. Dan yang menjadi faktor penentu luas rumah ini pada umumnya adalah kavling dari perumahan tempat rumah tersebut dibangun.

Lalu setiap tipe rumah tersebut juga memiliki karakteristik khusus, baik dari segi dimensi bangunan dan juga kebutuhan ruang, walaupun pada akhirnya pengembang biasanya akan menyesuaikan dengan konsep dari perumahan secara keseluruhan. Nah daripada penasaran mengenai macam tipe rumah dan harganya, dibawah ini kami telah menyiapkan ulasan menarik mengenai macam tipe rumah dan harganya yang wajib diketahui berikut ini.

Macam Tipe Rumah dan Harganya yang Wajib Diketahui

Macam Tipe Rumah dan Harganya

Macam Tipe Rumah dan Harganya

1. Tipe 21/24

Tipe 21/24

Tipe 21/24

Tipe rumah yang satu ini memiliki luas bangunan 21 meter persegi hingga 24 meter persegi. Rumah ini merupakan tipe rumah terkecil yang umumnya dibangung oleh pengembang perumahan. Biasanya rumah tipe 21/24 ini dibangun di kavling dengan lebar 3 atau 4 meter dengan ukuran 3 x 7 atau 4 x 6 meter. Sedangkan untuk harganya, rumah ini dibanderol dengan harga berkisar Rp 80 juta hingga Rp 300 juta.

2. Tipe 36

Tipe 36

Tipe 36

Macam tipe rumah dan harganya yang kedua adalah tipe rumah 36. Tipe rumah ini memiliki bangunan dengan luas 36 meter persegi. Dimensi tipe rumah ini biasanya berukuran 9 x 4 atau 6 x 6 meter. Rumah ini biasanya dilengkapi dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan juga dapur. Untuk harganya rumah ini dibanderol dengan harga Rpo 100 juta hingga Rp 400 juta.

3. Tipe 45

Tipe 45

Tipe 45

Macan tipe rumah dan harganya selanjutnya adalah rumah tipe 45. Rumah ini berukuran 45 meter persegi dengan dimensi 8 x 5,6 meter dan 6 x 7,5 meter yang biasanya memiliki kamar tidur 2, ruang tamu, ruang keluarga, 1 kamar mandi dan juga dapur serta memiliki taman minimalis di depan dan belakang rumah. Untuk harganya, rumah ini dibanderol dengan harga Rp 200 juta hingga Rp 500 juta.

4. Tipe 54

Tipe 54

Tipe 54

Untuk macam tipe rumah 54 ini memiliki ukuran yang lebih besar lagi, yakni dengan luas 54 meter persegi dengan dimensi 9 x 6 meter yang terdiri dari 3 kamar tidru di dalamnya, kemudian dapur, ruang keluarga, ruang tamu, kamar mandi, taman dan garasi. Sedangkan untuk harganya sendiri biasanya dibanderol dengan harga berkisar Rp 300 juta hingga Rp 800 juta.

5. Tipe 60

Tipe 60

Tipe 60

Lalu selanjutnya juga ada tipe rumah 60. Tipe ini merupakan tipe rumah yang memiliki ukuran luas 60 meter persegi dengan dimensi 6 x 12, 8 x 7 dan 6 x 10 meter yang mana terbagi dalam berbagai bentuk. Ukuran panjang rumah dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing individu. Harga rumah ini berkisar antara Rp 400 juta hingga Rp 900 juta.

6. Tipe 70

Tipe 70

Tipe 70

Tipe rumah 70 ini merupakan tipe rumah yang paling banyak diburu oleh masyarakat kalangan menengah keatas. Dengan luas 70 meter persegi ini memiliki interior yang luas dan juga taman luas serta garasi yang muat untuk mobil dan motor. Harga rumah ini berkisar antara Rp 500 juta hingga Rp 1 milyar.

7. Tipe 120

Tipe 120

Tipe 120

Dan macam tipe rumah dan harganya yang terakhir adalah rumah dengan tipe 120. Rumah ini masuk dalam klasifikasi rumah mewah yang diperuntukan untuk masyarakat kelas atas. Dengan ukuran luas 120 meter persegi dengan dimensi 10 x 12 atau 8 x 15 ini memiliki sejumlah fasilitas yang mewah didalam dan juga di luar. Harga rumah ini berkisar diatas Rp 1 milyar.

Nah itulah beberapa daftar macam tipe rumah dan harganya yang dapat kalian ketahui. Kalian juga dapat membaca artikel lain mengenai harga borongan bangunan di postingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.