Ukuran Kolom Rumah 2 Lantai & Perhitungan Struktur Bangunan 2021

Ukuran Kolom Rumah 2 Lantai – Saat ini bangunan dengan 2 lantai memang sudah banyak dijumpai di Indonesia. Namun untuk mendirikan bangunan bertingkat memang perhitungan ukuran tidak boleh secara asal karena akan mempengaruhi ketahanannya.

Kada bentuk dan berat material bangunan juga akan mempengaruhi struktur sebuah bangunan. Sebelumnya kami sudah pernah membahas CARA MENGHITUNG VOLUME BETON dimana berguna sebagai tolak ukur pembuatan tiang maupun kolom bangunan.

Memang saat menentukan ukuran kolom rumah 2 lantai wajib mempertimbangan desain serta struktur yang akan dipakai. Misalnya dari sisi struktur maka ada komponen seperti balok, pondasi, plat lantai maupun tangga.

Kini tugas untuk menghitung ukuran kolom rumah 2 lantai dan struktur pendukungnya memang banyak diserahkan kepada tukang ataupun arsitek. Namun anda dapat juga mengetahui dan memperkirakan ukuran kolom rumah 2 lantai menggunakan pengetahuan yang ada.

Ukuran Kolom Rumah 2 Lantai

Pada dasarnya setiap orang ingin mendapatkan ukuran kolom yang luas namun biaya yang dikeluarkan sedikit. Maka dari itu diperlukan pengetahuan untuk mengukur kolom sesuai dengan jarak yang dibutuhkan.

Faktor Penentuan Ukuran Kolom Rumah

Jika akan menentukan ukuran kolom rumah 2 lantai kita wajib melihat beberapa faktor umum pada bangunan. Masing masing faktor memiliki peran penting supaya bangunan yang didirikan lebih kuat dan tahan lama.

Faktor Penentuan Ukuran Kolom Rumah
  • Pertimbangkan ruangan yang akan dibangun, jika diatasnya akan diperuntukkan kamar maka gunakan kolom dengan ukuran kecil. Namun jika semakin besar ruangan dan bebannya berat maka dana wajib menggunakan ukuran lebih luas dan dukungan besi tulangan.
  • Apabila bangunannya akan dibongkar atau bersifat sementara maka gunakan kolom dengan bahan baja.
  • Perhatikan jarak antar kolom, jika bebannya semakin berat maka ukuran kolom juga bertambah besar.
  • Perhatikan ketinggian kolom supaya tidak mudah patah dan menekuk.
  • Lihat lokasi bangunannya apakah berada di pegunungan, pantai, perkotaan, pedesaan dan lainnya. Setiap bangunan membutuhkan strukutur yang berbeda beda.
Baca  Cara Menghitung Keramik Dinding 25×40 (Kebutuhan Material & Biaya)

Ukuran Kolom Rumah 2 Lantai

Apabila anda akan membangun rumah 2 lantai silahkan tentukan ukuran ruangan seperti kamar tidur, ruang makan, keluarga, kamar mandi, ruang tamu dan lain sebagainya. Paling aman memang menggunakan minimal jarak antar kolom 3 meter supaya bangunannya lebih baik.

Dimensi dari kolom utama rumah 2 lantai adalah 20/20, dimana memakai material tulangan besi pokok 8buah berukuran 12mm serta begel berdiameter 8-10cm.

perhitungan struktur rumah 2 lantai

Sedangkan untuk ukuran kolom rumah 2 lantai yang paling sering digunakan adalah 15 cm x 40 cm dengan baloknya 15 cm x 35 cm. Kemudian untuk perhitungan struktur kolom lainnya silahkan simak sebagai berikut.

Ukuran Struktur Pondasi Rumah 2 Lantai

Biasanya menggunakan pondasi cakar ayam dengan ukuran 80cm x 80cm berketebalan 25cm. Selain itu memakai besi tulangan 12cm dimana berjarak 15cm, namun bisa disesuaikan dengan penambahan pasangan batu kali jika tanahnya kurang kuat.

Ukuran Struktur Sloof Rumah 2 Lantai

Memakai penampang besi dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran 15cm x 35cm dimana berfungsi untuk menghubungkan antar strukutur kolom. Materialnya besi tulangan pokok dengan diameter 12cm dengan jumlah 6 buah dimana dipasang pada jarak 20cm.

Ukuran Struktur Balok Rumah 2 Lantai

Kegunaan dari balok adalah untuk dudukan plat dan menyatukan hubungan antara kolom sehingga lebih kuat, Kebanyakan memakai besi tulangan pokok 6D12 serta sengkang D8-200.

Ukuran Struktur Plat Rumah 2 Lantai

Difungsikan sebagai dak lantai beton untuk kamar tidur, dapur mapun ruangan lainnya dimana ketebalannya 12cm dan diameter 10mm. Pemasanganya dijarak 20cm, namun jika beban ruangan atas lebih besar maka bisa ditambah ketebalan platnya.

Dari semua ukuran diatas anda juga bisa memilih HARGA ACP untuk mempercantik tampilan rumah dari luar. Perlu diketahui bahwa semua ukuran diatas memang sebagai standar saja, jika kebutuhan anda berbeda maka dapat dengan mudah menyesuaikannya.

Baca  4 Cara Menghitung Kebutuhan Hebel Per m2 & Kubik Terlengkap 2021