Perbedaan Bata Merah dan Bata Ringan Wajib Diketahui !!

Perbedaan Bata Merah dan Bata Ringan – Bagi anda yang ada niatan untuk membangun rumah tentu akan dibingungkan dalam menentukan material akan digunakan. Terutama antara penggunaan bata merah atau bata ringan, karena keduanya memiliki fungsi yang sama.

Wajib untuk diketahui antara kedua jenis material tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan masing masing, oleh karena itu sangat disarankan agar pikir secara matang matang. Oleh karena itu pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan mengenai perbedaan bata merah dan ringan.

Sudah bisa dipastikan banyak perbedaan bisa dilihat mulai dari HARGA BATA, kualitas, serta pemasangan dan biaya tukang, sebab antara keduanya memiliki perbedaan dalam pemasangan. Apabila masih bingung dengan perbedaan antara bata merah dan bata ringan, maka simak terus artikel ini sampai selesai.

Dengan mengetahui perbedaan antara keduanya, maka bisa dengan mudah menentukan penggunaan material pada bangunan anda. Secara teknis kedua jenis material tersebut sama sama mudah dipasang dan proses pemasangan tidak memakan waktu sangat lama, terlebih lagi jika sudah terpasang boplang serta BESI KOLOM.

Perbedaan Bata Merah dan Bata Ringan Wajib Diketahui

Sampai disini pastinya anda semua semakin penasaran apa saja perbedaan bata merah dan herbel bukan dan jenis apa paling terbaik ? Mengenai itu semua akan kita bahas pada artikel kali ini. Baiklah untuk mempersingkat waktu silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan oleh Ahlikuli.com sebagai berikut.

Perbedaan Bata Merah dan Bata Ringan

Karena banyak orang penasaran dengan perbedaan dari meterial tersebut, pada pertemuan kali ini akan dijelaskan secara detail sampai anda semua paham. Dengan mengetahui itu semua maka lebih mudah menentukan jenis mana akan digunakan, baiklah untuk memperjelas langsung saja simak ulasan sudah dipersiapkan sebagai berikut.

Baca  21 Harga Perekat Hebel (Bata Ringan) Per Sak 2021

Bata Merah

Bata Merah

Mungkin sebagin besar orang sudah tidak asing lagi dengan bata merah, karena pada jenis material ini memang sudah digunakan banyak orang dari masa ke masa. Tidak dapat dipungkiri lagi, jika material tersebut terbukti akan kualitasnya, jadi tak heran banyak orang lebih suka menggunakan dari para herbel.

Dari segi harga memang murah, tetapi kebutuhan lebih banyak karena memiliki ukuran lebih kecil dari herbel. Tetapi itu bukan menjadi sebuah masalah karena kualitasnya sangat oke, disisi lain proses pemasangan jelas lebih lama dikarenakan ukurannya juga kecil.

Jika dilihat dari sisi biaya tukang jelas lebih banyak, tetapi hal yang perlu anda ketahui jika bata merah sangat di unggulkan dari kualitas serta ketahanan dari getaran yang terjadi. Berbeda dengan bata ringan yang lebih ringkih, terutama terhadap guncangan.

Apabila melihat dari bobot memang jauh lebih berat, karena berbahan dari tanah yang dibakar sehingga lebih berat bila dibandingkan dengan herbel. Dan itu mempengaruhi durasi pemasangan, terlebih jika pemasangan sudah berada di posisi atas.

Bata Ringan

Bata Ringan

Bata ringan atau sering disebut dengan herbel memang memiliki keunggulan dari segi pemasangan lebih cepat dikarenakan memiliki ukuran lebih besar, sehingga lebih cepat selesai. Selain itu juga perekat yang digunakan ialah lem khusus untuk herbel, meskipun ada beberapa orang menggunakan semen juga.

Soal harga jauh lebih irit jika dibandingkan dengan bata merah, hal tersebut terbukti dengan kebutuhan material tidak sebanyak itu. Pada pembahasan sebelumnya juga sudah kami jelaskan cara menghitung kebutuhan herbel, jadi anda bisa memperkirakan berapa biji yang diperlukan.

Sedangkan proses pengerjaan jelas lebih cepat karena lebih ringan dan ukurannya juga lebih besar dan panjang. Pada umumnya herbel sering digunakan untuk ruko, gudang dan tak jarang rumah hunian juga menggunakan material ini.

Baca  7 Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan untuk Atap

Namun secara keseluruhan keduanya memang sama sama oke, tinggal tentukan saja ingin irit budget dan cepat selesai atau ingin fokus dengan kualitas dari bangunan tersebut, terlebih lagi jika buat hunian sendiri.

Kesimpulan

Setelah mengetahui pembahasan sudah kami sampaikan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa bata merah memang sangat direkomendasikan sekali, meskipun biaya pemasangan lebih mahal dari bata ringan. Selain itu kualitasnya juga tidak perlu diragukan kembali, maka kami sarankan agar pakai bata merah.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai perbedaan bata merah dan bata ringan dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti tersebut.