9 Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng 2022 : Cara Hitung dan Model

Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng – Plafon merupakan salah satu elemen interior rumah yang wajib dipasang supaya menghindari cuaca ekstrim masuk kedalam ruangan. Karena fungsinya sebagai pelindung panas maupun dingin maka umumnya plafon dipasang datar. Namun dengan banyaknya referensi dunia properti ini plafon dipasang miring mengikuri bentuk genteng.

Dengan plafon miring mengikuti bentuk genteng maka akan menciptakan tampilan baru sehingga membuat rumah berkesan stylis. Melalui cara menghitung kebutuhan genteng kita dapat memperkirakan berapa luasan plafon yang dibutuhkan. Kini juga sedang trend model plafon ruang tamu miring dimana akan membuat ruangan serasa lebih lega.

Kemudian plafon miring minimalis juga banyak dipakai pada rumah bergaya klasik ala eropa bagian timur sehingga tampil elegan. Pilihan jenis plafon memang cukup banyak dari berbagai bahan seperti PVC, kayu, triplek, GRC dan lain sebagainya. Masing masing dapat diterapkan pada rangka plafon miring sehingga membuat tampilannya unik.

Kamu juga dapat menambahkan ornamen seperti lampu untuk plafon miring ataupun hiasan lainnya. Dengan berbagai material yang tersedia akan memudahkan kalian memilih model plafon rumah atap miring. Desain rumah juga dapat dipadu padankan dengan gaya minimalis sehingga semakin membuat rumah lebih nyaman.

Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng

Model Plafon Miring Mengikuti Bentuk Genteng

Bahan plafon miring mengikuti bentuk genteng memang jumlahnya cukup banyak. Tinggal kalian memilih berdasarkan pada harga, kelebihan maupun kekurangannya. Apabila bicara masalah harga pastinya ada yang berkelas premium namun memiliki daya tahan lebih baik. Sedangkan untuk yang murah biasanya standar saja kemampuannya.

Karena plafon adalah bagian penting dimana menentukan bagus atau tidaknya ruangan maka menggunakan desain miring mungkin cocok dengan selera kalian. karena pemasangannya miring maka dipastikan ruangan akan lebih terasa lega. Sebagai referensi berikut ini jenis dari plafon miring mengikuti bentuk genteng.

1. Plafon PVC Miring Mengikuti Bentuk Genteng

plafon pvc miring mengikuti bentuk genteng

Plafon miring PVC dibuat dari Polyvinyl Chloride dimana bahan dasarnya sama dengan pipa air. Kelebihannya adalah mempunyai ketahanan dari air maupun api, tak akan terkena rayap, warnanya banyak dan dikenal begitu awet. Kemudian beratnya termasuk ringan dan jika sudah kusam mudah dicat ulang lagi.

Baca  Harga Lantai Vinyl Per M2 Terbaru dan Terlengkap 2022

Namun kelemahan plafon PVC adalah harganya cukup mahal tiap lembarnya sehingga mungkin tidak dapat dijangkau semua kalangan. Jadi kalian harus mengeluarkan budget lebih ketika ingin memanfaatkan plafon jenis ini terlebih jika atapnya luas.

2. Plafon Miring Minimalis Gypsum

model plafon ruang tamu miring

Kemudian jenis plafon miring mengikuti bentuk genteng berikutnya adalah gypsum. Materialnya sudah sangat dikenal karena mudah dipasang dan punya harga sangat terjangkau. Semua orang menggunakannya karena hasilnya rapi dan banyak model maupun jenis rangka plafon miring yang mendukung.

Sayangnya memang kelemahannya adalah daya tahannya kurang maksimal karena mudah patah ataupun jebol. Kemudian apabila terkena air akan berubah warna dan mudah rusak sehingga genteng wajib dipastikan tidak bocor.

3. Model Plafon Kayu Miring

model plafon rumah atap miring

Selanjutnya plafon kayu dimana dengan bebas dapat dibentuk miring mengikuti bentuk genteng. Namun pastikan kalian memilih kayu yang sudah lembaran dan kering supaya tidak menyusut. Dengan motif alami finishingnya cukup diplitur sehingga akan mengeluarkan kesan natural. Namun untuk pengerjaannya memakan waktu lama kemudian harga kayu juga semakin mahal.

4. Plafon Triplek Miring Mengikuti Bentuk Genteng

plafon miring minimalis

Alternatif murah untuk kayu adalah triplek dimana menawarkan keuntungan yang hampir sebanding. Harga triplek perlembar termasuk terjangkau kemudian mudah ditemukan dipasaran dan pemasangannya mudah. Namun kelemahannya adalah tidak dapat tahan air, sambunganya terlihat dan akan dibutuhkan cat ulang supaya lebih nampak bagus.

5. Plafon Asbes

lampu untuk plafon miring

Asbes atau eternit sudah dikenal luas sebagai penutup atap paling murah dan terjangkau. Pemasangannya termasuk sangat mudah kemudian kualitasnya akan mirip gypsum. Namun sayangnya mudah retak ataupun patah, cukup berbahaya bagi kesehatan karena menyebabkan gangguan pernapasan dan tidak tahan air.

6. Model Plafon Metal Rumah Atap Miring

rangka plafon miring

Bahan metal juga dapat jadi plafon miring mengikuti bentuk genteng dimana terdapat berbagai ukuran maupun motif. Kekuatannya dijamin maksimal karena tahan berat, rayap, air bahkan sampai bencana alam. Memang kekuatannya sangat baik namun harganya cukup mahal, pengerjaannya sulit dan wajib menyesuaikan desain rumah.

7. Plafon Akustik Miring Mengikuti Bentuk Genteng

Plafon Akustik Mengikuti Bentuk Genteng

Bahan peredam suara juga dapat dijadikan plafon mengikuti bentuk genteng dimana tampilannya cukup elegan. Memang fungsi utamanya untuk meredam suara dimana dipasangkan dengan rangka metal ataupun kayu. Bobotnya memang ringan dan mudah untuk dipasang dengan waktu yang cepat.

Baca  26 Harga Lantai Marmer Terbaru 2022 : Kelebihan & Kekurangan

Sayangnya memang harga per meternya terlampau mahal, kadang sulit memperoleh barangnya dan tidak tahan dari air. Meski begitu peminat plafon akustik memang semakin banyak terutama untuk studio rumahan ataupun ruangan nonton film.

8. Plafon Fiber Flat

Plafon Miring Mengikuti Bentuk kemiringan atap

Berikutnya adalah plafon fiber flat dimana memiliki daya tahan terhadap air kemudian karena terbuat dari bahan semen maka lebih berat dari gypsum. Pemasangannya dilakukan di rangka besi ataupun kayu dimana memang tidaklah mudah. Tapi kelebihannya mampu bertahan terhadap cuaca, benturan, air, rayap, api bahkan sampai jamur. Lalu harganya akan lebih mahal dimana memang jarang dipilih masyarakat umum.

9. Plafon GRC Miring Ikut Bentuk Genteng

hitung kemiringan atap

Lalu bahan plafon miring mengikuti bentuk genteng terakhir adalah GRC dimana cukup mirip dengan eternit. Bedanya GRC punya ukuran lebih besar kemudian daya tahan lebih baik terhadap api maupun air. Keunggulan lainnya desainnya menarik serta tampil jauh lebih mewah. Tapi pekerjaannya cukup sulit dilakukan dan harganya cukup mahal, tak heran jika memakan biaya jauh lebih besar.

Cara Hitung Plafon Mengikuti Kemiringan Atap

Kemudian bagaiman menghitung biaya plafon miring, plafon mengikuti kemiringan atap? Pada dasarnya kalian dapat mencoba menghitung berdasarkan pada derajat kemiringan dari atapnya kemudian akan dikalikan dengan panjang lebar atapnya. Karena bentuknya miring maka rumus volume wajib digunakan karena membentuk ruang didalamnya.

Setiap pemasangannya juga akan dikenakan harga borongan dengan perhitungan meter persegi senilai Rp.160.000. Sebagai contohnya kita akan melakukan pemasangan plafon PVC memakai ukuran 15m dikalikan 10m. Kemudian kemiringan atapnya 30 derajat, lantas cara menghitungnya dapat diperoleh dengan rumus dibawah ini.

  • P = 15m
  • L = 8m
  • cos(30°) = 0,86
  • Vol rangka genteng = (15m x 10m) : 0,86 = 174,41m2 = 174m2
  • Total biaya pemasangan = 174m2 x Rp.160.000 = Rp.27.840.000

Kekurangan memakai plafon miring adalah kemungkinan kekuatannya kurang maksimal ketika terjadi gempa bumi dan kadang dapat lepas. Meski begitu memang plafon miring sangat banyak digunakan pada kota besar karena udara serta suhu yang cocok. Ketika dipasang didesa pastinya kurang maksimal apalagi material metal dimana mudah karatan karena lembab.

Sebelummnya kami juga membahas cara memperbaiki pompa air Shimizu dimana dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Demikian pula dengan memasang beberapa jenis plafon seperti gypsum, triplek ataupun PVC yang dapat dilakukan sendiri.

5/5 (1 Review)