√ Struktur Kantilever 2021: Definisi, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Struktur Kantilever – Apakah kalian pernah melihat rumah modern terkini dengan tampilan bangunan yang terlihat melayang tanpa penyangg? Jika pernah, kalian tentu juga bertanya-tanya mengenai struktur apa yang digunakan untuk bangunan tersebut.

Nah, perlu kalian ketahui bahwa struktur tersebut dinamakan dengan struktur kantilever. Perkembangan dalam sektor arsitektur dan interior memang telah mengalami perkembangan yang cukup pesan di zaman sekarang.

Banyak masyarakat yang mencari berbagai macam cara untuk membuat tampilan rumah mereka terlihat unik dan juga berbeda dari bangunan rumah pada umumnya. Salah satunya adalah dengan menerapkan struktur yang satu ini.

Lalu apa sih struktur kantilever? Mengenai pembahasan kali ini, ahlikuli.com akan membahas mengenai struktur kantilever lengkap dengan pembahasan lain seperti fungsi, kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki struktur yang satu ini.

Struktur Kantilever: Definisi, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Struktur Kantilever 1

Baiklah, daripada penasaran mengenai struktur kantilever, di bawah ini telah kami siapkan ulasan lengkap yang dapat kalian simak berikut ini.

Definisi Struktur Kantilever

Kantilever adalah sebuah fisik struktur yang dibuat menonjol atau keluar dair bangunan utama dengan dukungan penyangga pada satu sisi saja. Hal inilah yang membuat mengapa struktur ini banyak digunakan karena mampu membuat bangunan terlihat melayang tanpa penyangga.

Agar bangunan tetap stabil, diperlukan keahlian teknis yang baik dan juga perhitungan mekanika yang akurat. Dengan hitungan dan teknik yang tepat, bangunan akan kuat dan tahan terhadap segala kondisi maupun cuaca yang ekstrim sekalipun.

Hal inilah yang membuat mengapa struktur kantilever ini kadang kurang diminati, karena membutuhkan tenaga ahli untuk membuat bangunan ini dapat berdiri dengan baik.

Fungsi & Kegunaan Struktur Kantilever

Perlu kalian ketahui bahwa struktur ini dapat digunakan di banyak jenis bangunan, mulai dari rumah hunian, gedung bertingkat, jembatan maupun furnitur rumah.

Penerapan desain ini dapat memungkinkan rumah hunian mendapatkan ruang tambahan serta menangkap lebih banyak pemandangan dari lingkungan yang ada di sekitar bangunan tersebut.

Penggunaan struktur ini juga cocok untuk rumah yang berada di area curam seperti tebing, tengah hutan dan juga di kaki gunung.

Penggunaan Kantilever pada Eksterior Rumah

Struktur Kantilever Eksterior

Untuk penggunaan di eksterior rumah, kantilever dapat diterapkan sebagai kanopi akses masuk rumah. Area tambahan ini dapat kalian gunakan sebagai kanopi rumah yang menjaga pintu bagian depan dari hujan ataupun sinar matahari.

Selain itu, rumah juga akan terlihat lebih modern ketika menggunakan kantilever pada akses depan rumah. Selain itu kalian fungsi kantilever juga dapat sebagai carport yang unik dan multifungsi serta dapat berfungsi melindungi kendaraan dari hujan, angin dan sinar matahari.

Penggunaan Kantilever pada Interior Rumah

Struktur Kantilever Interior

Lalu untuk penggunaan pada interior rumah, dapat kalian fungsikan sebagai tangga, meja dapur dan kasur yang hemat ruangan.

Kelebihan & Kekurangan

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangannya, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh struktur yang satu ini.

Kelebihan

  • Mampu menampilkan pemandangan di sekitar hunian menjadi lebih luas
  • Berfungsi menjadi berbagai macam keperluan, mulai dari carport hingga kanopi rumah dan lain sebagainya.
  • Anggaran lebih murah karena memanfaatkan satu sisi penyangga saja.

Kekurangan

  • Rancangan desain harus membutuhkan perhitungan akurat.
  • Dibutuhkan tenaga ahli yang sudah pasti mengelurkan biaya yang cukup mahal.
  • Material yang digunakan cukup mahal, karena harus menggunakan material berbobot ringan dan kokoh.
  • Harus memperhatikan area lahan dan tanah yang tepat agar bangunan kokoh.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai struktur kantilever yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa baca juga informasi lain mengenai APA ITU SCREED LANTAI di postingan sebelumnya.