15 Tips Membeli Rumah Bekas Agar Tidak Rugi 2020

Tips Membeli Rumah Bekas – Memiliki sebuah rumah tentu menjadi impian setiap orang. Banyak dari mereka yang rela membeli rumah bekas dengan cara cicilan KPR.

Namun untuk pembelian rumah bekas, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan agar nantinya kalian tidak merasa merugi ketika membeli sebuah rumah bekas.

Bukan hanya ketika membangun rumah saja yang memerlukan perhitungan, membeli rumah bekas juga kita tidak bisa sembarangan asal membeli tanpa mengetahui informasi detail mengenai rumah tersebut.

Mengenai hal ini, ahlikuli.com akan memberikan beberapa tips menarik agar kalian tidak merugi ketika membeli rumah bekas. Lebih jelasnya langsung saja kalian simak tips-tipsnya berikut ini.

Tips Membeli Rumah Bekas Agar Tidak Rugi

Tips Membeli Rumah Bekas

Tips Aman Membeli Rumah Bekas

Cek Lokasi Rumah

Cek Lokasi Rumah

Tips pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mengecek lokasi rumah tersebut. Kalian dapat memilih rumah yang lokasinya cukup strategis. Selain itu pertimbangkan juga soal ketersediaan fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, fasilitas kesehatan dan lain sebagainya.

Cek Akses Ketersediaan Jalan

Cek Akses Ketersediaan Jalan

Tips yang kedua adalah cek ketersediaan jalan. Kemudahan akses jalan menjadi prioritas nomor 2 dalam membeli sebuah rumah bekas. Sesuaikan juga dengan kebutuhan kalian nantinya ketika menggunakan sebuah kendaraan. Bagi yang terbiasa melakukan aktivitas dengan mobil, sebaiknya cari rumah bekas yang memiliki akses mobil.

Cek Kondisi Fisik Rumah

Cek Kondisi Fisik Rumah

Tips yang paling penting adalah mengecek kondisi rumah bekas tersebut. Biasanya rumah bekas memiliki beberapa kerusakan, seperti pada bagian atap, permukaan tembok atau lainnya.

Namun tidak semua rumah bekas memiliki kerusakan, hanya saja untuk berjaga-jaga, kalian dapat mengecek kondisi rumah tersebut. Cek dengan detail, apabila kalian membeli rumah tersebut untuk kepentingan investasi, carilah rumah dengan kerusakan yang minimal.

Cek Fasilitas Rumah

Cek Fasilitas Rumah

Setelah kalian mengetahui kondisi fisik rumah tersebut, pastikan juga fasilitas utama rumah tersebut tersedia dengan baik, terutama listrik, air dan juga telepon. Pertimbangan lain yakni ketersediaan saluran pembuangan kota, akan tetapi masih ada yang cukup penting, yakni ketersediaan sinyal di lokasi rumah tersebut.

Lingkungan Sekitar

Lingkungan Sekitar

Perhatikan juga lingkungan sekitar rumah tersebut. Perhatian yang paling utama adalah pada masalah bencana alam. Apakah di lokasi tersebut rawan banjir, longsor atau lainnya. Tanyakan kepada tetangga atau kepala lingkungan yang bertanggung jawab di wilayah tersebut.

Disamping itu, kalian juga perlu mengetahui lingkungan psikis orang sekitar atau karakteristik tetangga yang ada di kawasan rumah tersebut. Banyak orang yang memilih untuk berinvestasi lebih untuk mendapatkan rumah yang memiliki tingkat keamanan baik.

Harga Rumah

Harga Rumah

Setelah mengetahui lokasi, kondisi rumah tersebut, tips selanjutnya adalah mengecek harga rumah bekas tersebut. Apabila kalian masih belum yakin mengenai harga yang ditawarkan oleh penjual, kalian dapat membandingkan dengan harga rumah tetangga yang ada di lokasi tersebut atau kalian dapat mengecek harga rumah sejenis di pasaran.

Jika kalian membeli sebuah rumah di kawasan dalam tanda kutip “nakal”, maka kalian perlu menyiapkan dana tambahan. Walaupun kondisi rumah cukup menarik dan bagus, kalian dapat menyediakan dana setidaknya 10% untuk renovasi dan penyesuaian terhadap kebutuhan.

Legalitas Rumah

Legalitas Rumah

Membeli rumah bekas harus mempertimbangkan apakah pembangunan rumah tersebut sudah benar-benar sesuai dengan peraturan tata ruang yang berlaku di lokasi tersebut. Kalian juga dapat memastikan jika rumah yang kalian beli setidaknya memiliki IMB sebagai bukti kabsahan pembangunan di lokasi tersebut.

Jangan sampai kalian membeli rumah yang masih dalam sengketa atau dibangun di area yang diperuntukkan untuk fasilitas umum, yang mana resiko terburuknya nanti rumah kalian akan kena gusur. Tanyakan kepada pemilik rumah atau ke pihak yang berwenang terutama Bapedda.

Kelengkapan Dokumen Rumah

Kelengkapan Dokumen Rumah

Untuk tips membeli rumah bekas yang terakhir adalah cek kelengkapan dokumen rumah tersebut. Jika kalian sudah cocok dengan kondisi rumah, lokasi rumah dan lain sebagainya, kalian dapat menanyakan kepada penjual mengenai kelengkapan dokumen surat-surat rumah tersebut. Pastikan juga bahwa dokumen tersebut asli dan tidak palsu. Terlebih lagi jika kalian membeli rumah bekas dengan harga yang cukup tinggi.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai tips membeli rumah bekas agar tidak merugi yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa baca juga artikel lain mengenai HARGA BORONGAN RUMAH TYPE 60 di postingan sebelumnya.