Tips Memilih Kayu Bahan Kusen Pintu Bagus & Awet

Tips Memilih Kayu Bahan Kusen Pintu – Setiap orang memiliki keinginan membuat rumah menggunakan desain yang di inginkan, bahkan tidak sedikit orang memilih bahan sesuai dengan apa yang di inginkan. Semisalnya saja pada kusenan serta daun pintu tentu ingin menggunakan jenis kayu paling terbaik dengan harapan mampu bertahan sangat lama bila dibandingkan dengan jenis kayu yang biasa.

Jika kalian salah satu orang ingin mencari bahan kayu yang dijadikan kusen pintu, maka sangat disarankan agar mengetahui tip memilih kayu bahan kusen pintu terlebih dahulu. Kenapa kami menyarankan seperti demikian ? Hal tersebut bertujuan agar kalian merasa puas setelah memilih bahan kayu tersebut dikarenakan tidak asal asalan dalam memilih bahan kayu.

Sebab banyak orang disana cuma melihat dari bentuknya saja tetapi tidak tahu tips serta ciri ciri kayu yang bagus atau sudah tua, karena kualitas dari kayu muda dan tua sangat berbeda jauh sekali. Bahkan hal tersebut sudah dibuktikan oleh mimin sendiri bahwa kayu tua memang memiliki kualitas sangat bagus karena mampu bertahan meski terkena panas serta hujan dan menariknya lagi tidak mudah rapuh.

Tidak hanya kalian saja yang merasakan, bagi mereka yang membuat kusenan kayu juga senang karena sangat berkualitas adapun ketika pemasangan juga seperti demikian jadi tak perlu ragu apabila menggunakan sistem borongan pasang daun pintu atau kusen. Sudah pasti pemasangan akan lebih mudah serta cepat dikarenakan mudah dipasang serta ukuran sudah pasti tidak bakalan berubah meski suhu dingin maupun panas.

Tips Memilih Kayu Bahan Kusen Pintu

Sampai disini pastinya kalian semua semakin penasaran buka dengan tips dan cara memilih bahan kayu terbaik seperti apa serta jenis kayu yang cocok untuk kusesnan dan daun pintu ? Apabila ingin mengetahui itu semua, silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan oleh Ahlikuli.com kali ini. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua, silahkan cek langsung informasi mengenai tips memilih kayu bahan kusen pintu telah dipersiapkan sebagai berikut.

Baca  Cara Menghitung Kebutuhan Pintu Kayu & Biaya Jasa Tukang

Jenis Kayu Untuk Kusen Pintu

Dari awal memang sudah kami jelaskan kepada kalian semua bahwa kusenan atau daun pintu berbahan kayu terdapat jenis masing masing, dari setiap jenis yang ada memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Sedangkan pada pertemuan singkat ini akan kami berikan rekomendasi beberapa jenis kayu paling bagus dan untuk lebih jelasnya dapat simak langsung sebagai berikut.

  • Kayu Kamper
  • Kayu Bengkirai
  • Kayu Jati
  • Kayu Meranti
  • Kayu Kruing
  • Kayu Merbau
  • Kayu Mahoni
  • Kayu Nangka
  • dan masih banyak lagi lainnya

Tips Memilih Kayu Bahan Kusen Pintu

Kemudian lanjut ke pembahasan utama yaitu tips dan cara memilih kayu bahan kusen pintu, diatas juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua beberapa jenis kayu paling bagus. Setelah mengetahui semua jenisnya maka wajib untuk mengetahui tips memilihnya, jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

1. Gunakan Kayu Tua

Seperti sudah dijelaskan dari awal pembahasan tips pertama harus kalian lakukan cukup pastikan menggunakan kayu yang sudah tua karena terdapat jaminan kualitasnya yang sangat bagus. Adapun untuk mengetahuinya sangat mudah, silahkan pilih bahan yang memiliki ukuran lebar karena sudah bisa dipastikan kayu tersebut sudah tua.

2. Lihat Tekstur Kayu

Tips berikutnya silahkan cek tekstur kayu yang kalian, pada umumnya kayu yang berkualitas terlihat dari segi warnanya yakni merah kecoklatan. Kemudian juga dapat di cek dengan air, dimana bila terkena air maka mengeluarkan getah berwarna merah.

3. Jangan Pilih Kayu Banyak Belang

Kemudian pilihlah kayu yang tidak banyak belang, karena tidak semua kayu akan memiliki bentuk yang sempurna. Setidaknya minim belang sehingga kayu tersebut bisa dimanfaatkan serta tidak banyak bahan kayu yang terbuang dikarenakan terdapat belang yang mengganggu.

Baca  12 Cara Memperbaiki Tembok Retak & Ketahui Penyebabnya

4. Sesuaikan Ukuran

Berikutnya sesuaikan ukuran kusenan serta pintu, karena hampir sebagian besar penjual kayu menyediakan ukuran normal mulai dari 150 cm, 200 cm serta 250 cm. Untuk itu tentukan ukuran sesuai dengan berapa tinggi kusenan rumah kalian, dengan menyesuaikan ukuran nantinya tidak ada barang yang terbuang sia sia.

Kesimpulan

Apabila melihat dari pembahasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bawah tips memilih bahan untuk kusenan pintu menggunakan kayu cukup sederhana, silahkan kalian pilih bahan kayu yang tua. Karena sudah dapat dipastikan kayu tersebut memiliki kualitas sangat bagus dan tentunya tahan lama serta anti terhadap panas, sampai disini apakah sudah paham dan jelas.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai tips memilih kayu bahan kusen pintu yang bagus dan awet disertai dengan jenis kayu dapat Ahlikuli.com sampaikan kepada kalian semua. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti tersebut.