√ Apa Itu Coping Saw 2021 : Pengertian, Fungsi & Kelebihan

Apa Itu Coping Saw – Bagi kalian yang bergelut di bidang konstruksi baik itu kontraktor atau tukang bangunan, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama gergaji. Alat yang satu ini merupakan benda wajib pertukangan yang harus kalian miliki.

Gergaji merupakan perkakas yang digunakan untuk memotong atau membelah benda seperti triplek, kayu, besi, plastik atau benda-benda lainnya. Alat ini dapat kalian jumpai di pasaran dengan berbagai macam bentuk dan jenis.

Salah satu jenis gergaji yang kerap digunakan oleh para tukang untuk memotong atau membelah sebuah benda yaitu coping saw. Mungkin bagi sebagian orang sudah tahu mengenai gergaji coping saw. Namun, tak sedikit pula orang yang belum mengetahui jenis perkakas yang satu ini.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai coping saw mulai dari pengertian, fungsi hingga ciri-cirinya, Tanpa berlama-lama lagi langsung saja kalian simak pembahasan apa itu coping saw di bawah ini.

Apa Itu Coping Saw : Pengertian, Fungsi & Kelebihan

Apa Itu Coping Saw

Bagi kalian yang awam di dunia konstruksi bangunan, pasti pernah terbesit di pikiran bahwa semua gergaji itu sama saja. Namun, sebenarnya ALAT PERTUKANGAN tersebut memiliki cukup banyak jenis dan bentuk.

Tentunya setiap jenis tersebut memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda-beda, termasuk coping saw. Nah, bagi kalian yang penasaran apa itu coping saw, simak saja pembahasan di bawah ini.

Pengertian Coping Saw

Coping saw merupakan salah satu jenis gergaji yang biasa digunakan oleh tukang bangunan. Coping saw dapat diartikan sebagai gergaji tangan dengan bilah sempit yang ditahan di bawah tegangan dalam suatu bingkai.

Baca  Harga Water Heater Gas Dan Listrik 2021

Ciri dari perkakas yang satu ini yaitu mempunyai mata gergaji yang tajam dan kecil. Selain itu, gergaji yang satu ini juga memiliki bentuk menyerupai huruf U yang memudahkan penggunanya dalam memotong suatu benda.

Fungsi Coping Saw

Fungsi Coping Saw

Sesuai dengan namanya, coping sow ini dapat digunakan untuk memotong bentuk atau pola rumit pada triplek atau papan kayu. Bentuknya yang menyerupai huruf U tersebut juga berfungsi untuk mempermudah penggunanya dalam proses pemotongan pada pola lengkung atau kurva.

Dengan fungsinya tersebut membuat perkakas ini kerap digunakan oleh para tukang, pengrajin kayu hingga tukang mainan dalam proses pemotongan papan kayu atau triplek. Selain mudah untuk digunakan, alat yang satu ini juga dapat memberikan hasil potongan yang presisi dan simetris.

Kelebihan Coping Saw

Setelah kalian mengerti apa itu coping saw, kalian juga harus mengetahui apa saja kelebihannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan coping saw atau gergaji triplek yang bisa kalian jadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya.

  • Memiliki mata gergaji yang kecil, tipis dan tajam sehingga mempermudah dan mempercepat proses pemotongan.
  • Mempunyai mata gergaji yang halus dan rapat.
  • Mata gergaji tersebut dapat dilepas dan diganti apabila sudah tumpul.
  • Dapat digunakan untuk memotong triplek atau papan kayu dengan presisi dan simetris.
  • Memberikan hasil pemotongan yang lebih rapi dan maksimal sehingga triplek atau papan kayu tidak rusak.

Harga Coping Saw

Harga Coping Saw

Sama halnya dengan gergaji hand saw, back saw, keyhole saw, crosscut saw atau jenis yang lainnya, gergaji coping saw juga bisa kalian dapatkan dengan harga terjangkau di toko bangunan atau material. Biasanya satu set perkakas ini dijual mulai dari harga 50.000, sementara untuk mata gergajinya kalian bisa mendapatkan dengan kisaran harga sebesar Rp 35.000.

Baca  √ Apa Itu Kacamata Safety 2021 : Pengertian, Fungsi, Jenis & Rekomendasi

Tips Merawat Gergaji Coping Saw

Di atas sudah kami jelaskan apa itu coping saw beserta fungsi dan kelebihannya. Selanjutnya jika kalian sudah membeli perkakas yang satu ini, kalian juga harus merawatnya dengan baik. Di bawah ini adalah beberapa tips terbaik dalam merawat gergaji coping saw.

  • Jangan menyimpan perkakas di dalam kotak, simpanlah gergaji dengan menggantungnya di dinding.
  • Berilah pelindung dari plastik atau bahan lainnya pada bagian mata gergaji.
  • Sebelum melakukan penggergajian, pastikan papan kayu atau triplek terbebas dari paku atau besi. Hal itu bertujuan untuk menjaga ketajaman mata gergaji coping saw.
  • Gosokkan mata gergaji dengan lilin atau oleskan cairan anti karat untuk mencegah perkaratan pada perkakas.

Itulah sekiranya yang dapat Ahlikuli.com sampaikan mengenai penjelasan apa itu coping saw lengkap dengan fungsi, kelebihan serta kisaran harganya. Sebaiknya belilah gergaji coping saw bermerk yang sudah terjamin kualitasnya sehingga perkakas tersebut kuat dan tahan lama.

0/5 (0 Reviews)