13 Cara Memasang Bondek dengan Baik & Benar Wajib Diketahui !

Cara Memasang Bondek – Rumah dengan desain dua lantai atu lebih memang membutuhkan banyak biaya harus dikeluarkan karena banyak bagian bagian yang harus diperhatikan, seperti halnya dengan struktur pada bagian kolom dan sluf dimana sebelumnya harus diperkuat dengan cakar ayam sebagai mana sebagai pondasi utama untuk rumah dua lantai atau lebih. Selain itu ada beberapa bagian bagian lain wajib untuk diperhatikan, salah satunya ialah proses pengecoran dak.

Berbicara soal dak cor maka kalian harus memperhitungkan kebutuhan besi serta ukuran besi yang digunakan, pada pembahasan sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua cara menghitung kebutuhan bondek. Dimana bondek menjadi salah satu media untuk alas pengecoran,hal tersebut dikarenakan lebih efisien waktu serta bambu penahan tidak membutuhkan banyak.

Dikarenakan ini metode terbilang baru dan masih belum banyak orang belum mengetahui caranya, maka pada pertemuan sangat baik ini akan kami informasikan cara memasang bondek dengan benar dan baik. Karena pada sebuah bondek terdapat cara memasang dikarenakan pada setiap sisi bondek terdapat pengait sehingga bondek terkunci dan inilah salah satu kelebihan jika menggunakan material tersebut sebagai alat dak cor.

Dinilai lebih aman dan kuat sebagai pengganti papan cor ataupun triplek, dari waktu ke waktu bondek menjadi alternatif pilihan banyak orang akan tetapi masih banyak orang belum tahu bagaimana cara memasang dengan benar. Pasalnya tidak banyak orang tahu cara memasang seperti apa, namun itu bukan menjadi masalah karena kali ini akan kami informasikan jadi simak terus artikel ini sampai selesai.

Cara Memasang Bondek dengan Baik Benar Wajib Diketahui

Sampai disini pastinya banyak orang semakin penasaran dengan cara memasang seperti apa sesuai dengan SOP pemasangan, untuk menjawab rasa penasaran tersebut silahkan simak ulasan kali ini. Baiklah untuk mempersingkat waktu kita semua silahkan simak langsung cara memasang bondek dengan benar seperti dibawah ini.

Apa Itu Bondek

Seperti dengan pembahasan seperti sebelumnya, untuk mengawali perjumpaan kali ini kami akan informasikan terlebih dahulu pengertian dari bondek. Karena masih banyak orang belum mengetahui secara pasti apa itu bondek seperti fungsi apa saja, ukuran dan lain sebagainya.

Baca  8 Cara Membersihkan Lantai Teraso Agar Bersih Mengkilap 2022

Bondek merupakan bahan material bangunan yang terbuat dari bahan galvanis dan galvalum dimana dibuat khusus sebagai alat dak cor untuk mengganti papan maupun juga kayu. Lebih menariknya lagi tidak hanya tersedia ukuran panjang 6 meter saja, jadi kalian bisa memilih ukuran panjang sesuai apa yang dibutuhkan atau menyesuaikan dengan luas lantai yang akan di dak cor.

Fungsi Bondek

Merupakan salah satu material dengan bentuk lembaran meyerupai seng dan material tersebut juga sering disebut dengan florrdeck dimana memiliki fungsi utama sebagai alas untuk mengecor sebagai pengganti papan maupun triplek.

Biasanya orang kontruksi menyebutnya dengan metal decking, adapun cara memasang bondek terdapat ketentuan sesuai sop pemasangan. Penggunaan material ini memang sangat cocok untuk rumah dua lantai serta gedung gedung besar.

Ukuran Bondek

Seperti sudah kami jelaskan kepada kalian semua, bahwa bondek memiliki ukuran masing masing dari ketebalan serta ukuran panjang. Jika kalian penasaran dengan ukuran dari bondek, silahkan simak ulasan telah kami persiapkan seperti dibawah ini.

Sesuai dengan sudah kami sampaikan kepada kalian semua bahwa material bondek memiliki ukuran masing masing mulai panjang 3 meter, 4 meter, 5 meter dan 6 meter. Namun pada umumnya orang sering menggunakan panjang 6 meter, tetapi itu semua disesuaikan dengan luas lantai yang akan di cor.

Sedangkan untuk ketebalan mulai dari 0,75 mm sampai 1 mm, namun kami sarankan untuk menggunakan 1 mm dimana kualitasnya sudah pasti paling terbaik. Sedangkan untuk lebar sebuah bondek cukup bervarian mulai dari 0,6 meter, 0,8 meter dan 1 meter.

Akan tetapi pemilihan ukuran bondek akan disesuaikan dengan luas dak cor yang dibutuhkan, jadi silahkan tentukan ukuran panjang bondek. Karena tidak semua ukuran panjang akan sesuai dengan ukuran lantai dak cor tersebut.

Harga Bondek

Jika kalian ada niatan untuk menggunakan bondek maka wajib untuk mengetahui harganya terlebih dahulu, sehingga kalian dapat menentukan dan menghitung kebutuhan bondek. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan telah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Baca  5 Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 40×40 : Lantai & Dinding
UkuranHarga
Bondek 0.65Rp 94.300
Bondek Galvanis 0.70Rp 100.050
Bondek Galvalum 0.70Rp 102.350
Bondek Galvanis 0.75Rp 110.400
Bondek Galvalum 0.75Rp 112.700
Bondek Galvalum 1 mmRp 170.000
Bondek Galvalum 0.70 mmRp 105.000
Bondek 0,75mm Toleransi ARp 93.000
Bondek 6m x 0,75mmRp 570.000
Bondex Tebal 0.75 mm x 4 MeterRp 420.000
Bondex 0.60 mm x 6 MeterRp 510.000
Bondeck Tebal 0.65 x Panjang 3 MeterRp 285.000

Cara Memasang Bondek

Kemudian berlanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul seperti diatas yakni cara memasang bondek dengan benar. Baiklah untuk mempersingkat waktu, silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  1. Langkah pertama harus kalian lakukan ialah merangkai penyangga, pastikan juga balok penyangga sudah di cor agar kuat.
  2. Lalu langkah berikutnya persiapkan kawat atau besi yang sudah di stek pada penyangga, dimana nantinya besi stek tersebut akan dikaitkan dengan rangkaian besi atau wermesh.
  3. Setelah semua sudah siap mulai dari penyangga dan besi steak, berikutnya tinggal pasang satu persatu bondek dan pastikan setiap sisinya terpasang dengan benar.
  4. Sebelum proses pengecoran silahkan tutup terlebih dahulu lubang besi steak satu persatu.
  5. Kemudian tinggal proses pemasangan rangkaian besi jika ingin menggunakan cara manual atau bisa juga menggunakan besi wermesh.
  6. Setelah itu tinggal tutup pada bagian samping samping dengan cor agar rapat, sehingga pada saat pengecoran tidak menyebar kemana mana.
  7. Silahkan pastikan jika bambu penyangga sudah siap dengan benar.
  8. Silahkan kaitkan besi stek ke rangkaian besi atau wermesh.
  9. Berikutnya tinggal pemasangan beksiting cukup dengan memasang papan kayu pada bagian samping samping.
  10. Langkah terakhir tinggal proses pengecoran dan sampai disini proses pemasangan bondek sudah berhasil.
  11. Setelah proses pengecoran sudah selesai, silahkan lakukan perataan permukaan sehingga ketika cor sudah keras permukaan lebih rata.
  12. Untuk menghasilkan kualitas terbaik, silahkan rendam dak cor tersebut hingga 1 atau 2 minggu.

Kesimpulan

Sampai disini tentunya dapat menarik kesimpulan bahwa cara memasang bondek cor bisa dikatakan cukup mudah asalkan mengikuti prosedur pemasangan mulai dari penyangga, besi stek dan lain sebagainya. Namun saran kami untuk menggunakan bondek sebaiknya gunakan ukuran ketebalan 1 mm dimana kualitasnya sudah terjamin.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara memasang bondek dengan benar wajib diketahui serta fungsi, ukuran dan harga dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.