10 Cara Merawat Karpet Lantai Rumah Agar Bersih dan Wangi

Cara Merawat Karpet Lantai – Karpet lantai merupakan salah satu elemen interior ruangan yang hampir ada di semua rumah. Mereka juga kerap meletakkan karpet di ruang tamu, ruang keluarga atau ruang lain seperti ruang kerja dan juga ruang lainnya.

Selain dapat mempercantik ruangan tersebut, dengan adanya karpet juga menjadi salah satu hal yang dapat membuat ruangan terasa lebih nyaman dan sehat. Namun kalian juga jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan karpet tersebut karena karpet terkadang mudah sekali untuk menjadi sarang debut.

Bukan hanya debu saja, terkadang kita seringkali menumpahkan makanan dan juga minum sehingga karpet tersebut mau tidak mau harus langsung di bersihkan agar tidak bau dan alhasil malah dapat menimbulkan penyakit. Saat ini kalian dapat dengan mudah membersihkan karpet dengan menggunakan vacuum cleaner.

Selain cara tersebut ada beberapa langkah lain yang dapat kalian terapkan untuk membersihkan karpet lantai agar bersih dan wangi. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kalian simak tutorial cara merawat dan membersihkan karpet lantai rumah agar bersih dan tidak bau berikut ini.

Cara Merawat Karpet Lantai Rumah Agar Bersih dan Wangi

Cara Merawat Karpet Lantai 1

Tips Merawat Karpet Lantai

1. Tips pertama adalah dengan menempatkan karpet di posisi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat menyebabkan warna karpet menjadi cepat pudar.

2 Bersihkan karpet lantai minimal 2 atau 3 hari sekali dengan menggunakan vacuum cleaner. Dengan menggunakan mesin tersebut karpet akan selalu terjaga dan bebas dari kotoran serta debu.

3. Apabila kalian menginginkan karpet selalu harum, kalian dapat menaburkan baking soda ke seluruh permukaan karpet. Tunggu kurang lebih 1 jam dan bersihkan.

4. Ubah posisi karpet secara berkala. Dengan cara ini maka warna karpet tidak akan mudah pudar khususnya pada bagian sebelahnya, lakukan dengan teratur.

Cara Mencuci Karpet Lantai

Cara Mencuci Karpet Lantai 1

Agar karpet selalu bersih dan terjaga maka kalian juga harus rutin untuk mencuci karpet tersebut. Cuci karpet dapat kalian lakukan setiap 10-12 bulan sekali. proses membersihkan karpet juga harus dilakukan dengan benar agar hasilnya maksimal. Seperti apa caranya langsung saja simak berikut ini.

1. Pertama kalian dapat menyiapkan tempat dan juga peralatan yang dibutuhkan seperti sabun, deterjen atau produk pembersih karpet khusus serta selang dengan aliran air yang memiliki tekanan kuat.

2. Setelah itu lakukan proses pembersihan karpet. Pertama-tama pastikan bahwa karpet sudah bersih dari debu yang menempel. Hal ini agar nantinya pencucian dapat dilakukan dengan mudah. Maka dari itu bersihkan karpet dengan menggunakan vacuum cleaner terlebih dahulu sebelum dicuci menggunakan air.

3. Selanjutnya basahi karpet dengan air yang memiliki tekanan cukup kuat dan gosok perlahan dengan menggunakan skita halus dan deterjen ke seluruh permukaan karpet. Bilas dengan menggunakan air bersih, usapkan juga cairan pelembut pada seluruh permukaan karpet dan bilas sekali lagi dengan air bersih.

4. Terakhir jemur karpet tersebut. Usahakan juga untuk tidak menjemur karpet di bawah terik sinar matahari secara langsung karena bahan karpet bisa cepat rusak. Cukup jemur di teras rumah atau di bawah teduh pohon hingga benar-benar kering.

Perlu kalian ketahui juga bahwa karpet yang kering tidak maksimal dapat menyebabkan tumbuh jamur jika digunakan. Maka dari itu jangan sesekali menggunakan karpet yang belum kering.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara merawat karpet lantai rumah agar bersih dan wangi. Mungkin hanya ini saja yang dapat ahlikuli.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa baca juga artikel lain mengenai CARA MEMBERSIHKAN LANTAI VINYL di postingan sebelumnya.