8 Cara Membersihkan Lantai Teraso Agar Bersih Mengkilap 2020

Cara Membersihkan Lantai Teraso – Memiliki rumah dengan tampilan lantai yang bersih mengkilap tentu akan membuat kalian lebih betah tinggal dirumah. Maka dari itu, kalian harus selalu menjaga kebersihan setiap ruangan yang ada di dalam rumah, terutama pada bagian lantai.

Penggunaan lantai untuk rumah saat ini banyak yang menggunakan keramik, parket, vinyl maupun marmer. Namun tidak sedikit pula dari mereka yang menggunakan lantai teraso. Lantai teraso sendiri merupakan salah satu jenis lantai yang memiliki permukaan mengkilap.

Lantai teraso dibuat dengan campuran semen serta pasir, kemudian lapisan glatsir yang ada di bagian permukaan inilah yang menjadikan permukaan lantai ini menjadi mengkilap. Penggunaan lantai ini banyak diterapkan untuk rumah-rumah dengan konsep klasik, rustic, tradisional dan vintage.

Setiap jenis material khususnya lantai memang membutuhkan perawatan khusus agar permukaannya selalu terlihat mengkilap. Ada beberapa cara membersihkan lantai teraso agar bersih mengkilap yang dapat kalian ketahui. Daripada penasaran langsung saja kalian simak langkah-langkah membersihkan lantai teraso yang telah ahlikuli.com siapkan berikut ini.

Cara Membersihkan Lantai Teraso Agar Bersih Mengkilap

Cara Membersihkan Lantai Teraso

Dalam hal perawatan lantai teraso ini juga bisa dikatakan cukup berbeda dengan ketika kalian MEMBERSIHKAN LANTAI GRANIT. Perawatan lantai teraso harus benar-benar tepat, dimana kalian perlu membutuhkan beberapa step-step perawatan agar lantai tetap mengkilap. Lebih jelasnya mari simak tutorial cara membersihkan lantai teraso di bawah ini.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus Lantai

Gunakan Cairan Pembersih Lantai

Perlu kalian ketahui bahwa lantai ini sangat sensitif terhadap zat asam. Jika lantai terkena cairan asam dan tidak segera dibersihkan, maka warna permukaan lantai dapat langsung memudar. Hal ini karena disebabkan oleh zat pewarna yang ditambahkan di permukaan lantai yang memang sangat rentan terhadap cairan yang memiliki pH rendah.

Jadi kami sarankan untuk menghindari penggunaan cairan yang mengandung asam. Kalian dapat menggunakan cairan pembersih khusus lantai serta detergen pakaian ketika mengepel lantai tersebut. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya dengan kain halus.

Poles Secara Berkala

Lakukan Pemolesan Lantai Secara Berkala

Penggunaan lantai teraso dalam kurun waktu yang lama tentu akan membuat warna menjadi pudar, hal ini sudah pasti akan terjadi. Untuk menjaga warna permukaan lantai tetap bersih dan mengkilap, kalian dapat melakukan perawatan lantai dengan memolesnya secara berkala. Kalian juga dapat menggunakan bahan poles yang dilapisis dengan kristal dan wax agar lantai terlihat lebih mengkilap.

Ampelas Lantai

Pengampelasan Lantai Teraso Menggunakan Mesin Polisher

Penggunaan amplas juga dapat menjadi opsi selanjutnya agar permukaan lantai terlihat mengkilap kembali. Perlu kalian ketahui juga bahwa pengampelasan ini berbeda ketika kalian melakukan pengampelasan pada kayu. teknik mengampelas lantai (scrubbing) dapat dikerjakan dengan bantuan mesin polisher khusus serta bahan chemical dan floor cleaner.

Gunakan Ampas Kelapa

Membersihkan Lantai Teraso Menggunakan Ampas Kelapa

Dan yang terakhir, kalian juga dapat menggunakan ampas kelapa untuk membersihkan lantai teraso. Ampas kelapa memiliki kandungan minyak nabati yang terbukti efektif mampu mengangkat kotoran yang menempel pada pori-pori lantai teraso.

Minyak tersebut juga sanggup mengembalikan kilauan pada permukaan lantai dengan cukup cepat. Mulailah dengan mengepel lantai terlebih dahulu untuk membersihkannya. Setelah itu kalian dapat mengepel sekali lagi dengan menggunakan ampas kelapa.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara membersihkan lantai teraso yang dapat kalian simak diatas. Memiliki lantai rumah yang indah, bersih dan mengkilap tentu menjadi dambaan setiap orang.

Maka dari itu kalian dapat menjaga kebersihan lantai dengan cara-cara yang ahlikuli.com sampaikan. Hanya ini saja yang dapat kami ulas, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.