Instalasi Listrik Rumah Tangga : Persyaratan, Fungsi & Tips

Instalasi Listrik Rumah Tangga – Listrik menjadi sumber energi paling dibutuhkan oleh semua orang, hal tersebut karena hampir semua penunjang membutuhkan sebuah listrik. Oleh karena itu setiap rumah wajib untuk instalasi listrik dengan benar serta aman, agar tidak terjadi atau terhindar dari korsleting.

Dalam melakukan instalasi harus dilakukan oleh ahlinya atau yang mengetahui kelistrikan, karena terdapat PERSYARATAN INSTALASI LISTRIK. Dimana poin pertama harus dilakukan oleh ahlinya dan kedua peralatan yang digunakan harus sesuai standar nasional Indonesia (SNI).

Jika anda sedang membangun sebuah rumah maupun melakukan renovasi, sangat disarankan untuk menggambar detail bagian bagian mana yang akan diberikan titik instalasi listrik rumah tangga. Dengan adanya gambaran tersebut, tentu bisa menghitung berapa besaran biaya pembelian peralatan serta jasa.

Agar lebih aman nantinya, sebaiknya meminta saran kepada teman atau saudara yang mengetahui akan hal ini. Sebagai contoh saja penggunaan kabel jalur utama ukuran berapa, lalu material pendukung lain standar rumahan seperti apa, itu memang sangat wajib diketahui.

Instalasi Listrik Rumah Tangga Persyaratan Fungsi Tips

Sampai disini pastinya banyak orang penasaran dasar dasar instalasi listrik, fungsi serta keuntungan serta adanya perhitungan instalasi listrik dengan benar. Jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan sudah Ahlikuli.com persiapkan mengenai instalasi listrik rumah tangga.

Persyaratan Instalasi Listrik

Persyaratan Instalasi Listrik

Hal pertama wajib untuk anda ketahui yakni persyaratan dasar instalasi sesuai ketentuan telah ditetapkan oleh pihak PLN. Adapun ada 3 poin penting wajib dilakukan, jika penasaran dengan itu semua silahkan simak langsung sebagai berikut.

Baca  17 Cara Menambal Lubang pada Kayu dengan Teknik Sederhana

Syarat Ekonomis

Persyaratan pertama instalasi listrik harus memiliki perencanaan, pemasangan serta pemeliharaan dengan dibuat secara ekonomis mungkin tetapi tidak menimbulkan hal hal membahayakan. Pastikan juga tidak menimbulkan kerugian dalam bentuk apapun dalam proses instalasi listrik.

Syarat Keamanan

Kemudian wajib dibuat seaman mungkin sehingga tidak menyebabkan kejadian atau kecelakaan sekecil apapun baik itu pada saat pemasangan maupun juga dalam penggunaan setiap harinya. Selain itu keamanan bagi manusia juga wajib atau tidak membuat bahaya pada beberapa benda di sekitarnya.

Syarat Keandalan

Lalu persyaratan terakhir gunakan tenaga jasa sudah ahli dalam bidang tersebut sehingga kesalahan akan minim terjadi, gunakan material sesuai dengan standar sudah di anjurkan agar kejadian seperti kabel putus serta lainnya sangat kecil terjadi.

Fungsi Instalasi Listrik Rumah Tangga

Fungsi utama instalasi listrik rumah tangga sebagai jalur atau aliran listrik ke beberapa titik yang sudah ditentukan. Karena merupakan rangkaian sistem listrik yang dibagi menjadi beberapa aliran maka dalam pemasangan harus benar benar aman agar tidak terjadi arus pendek menyebabkan kebakaran.

Tips Aman Instalasi Listrik

Tips Aman Instalasi Listrik

Karena tidak semua orang mengetahui instalasi seperti apa, setidaknya mengetahui tips aman membagi aliran listrik pada rumah anda. Nah, pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan beberapa tips aman dan lebih jelasnya simak sebagai berikut.

  • Pertama silahkan gambar detail bagian bagian mana saja akan diberikan titik atau saklar.
  • Selanjutnya gunakan material seperti kabel, Mcb, jek, saklar dan pendukung lainnya berkualitas.
  • Mengetahui simbol simbol instalasi listrik rumah tangga.
  • Ukur daya meteran yang dimiliki, sehingga bisa menentukan penggunaan setiap harinya.
  • Sebaiknya menggunakan jasa atau orang sudah ahli dalam bidang seperti ini.
Baca  13 Cara Membersihkan Lantai Kayu dan Lantai Beton Paling Mudah

Biaya Instalasi Listrik Rumah Tangga

Ada banyak orang lebih memilih menggunakan jasa bila dibandingkan dilakukan sendiri, hal tersebut dikarenakan demi keamanan nantinya setelah digunakan. Jika dirasa rasa biaya yang dikenakan tidak terlalu mahal juga kok, cuma saja pembelian material cukup lumayan.

Sedangkan untuk jasa pemasangan setiap titik biasanya dikenakan antara Rp 40.000 sampai Rp 50.000, besaran biaya tersebut akan menyesuaikan masing masing daerah anda. Jadi ini bukan menjadi patokan, melainkan sebuah gambaran saja.

Pada umumnya instalasi listrik kurang lebih memakan budget antara Rp 2,5 sampai 4 juta rupiah. Jumlah tersebut sudan termasuk pembelian material serta ongkos jasa, jika kebutuhan lebih banyak maka budget bisa bertambah.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa mengetahui lebih detail instalasi listrik memang sangat penting, sebab banyak kejadian merugikan bagi setiap pengguna. Hal tersebut dikarenakan anggap remeh sebuah rangkaian, untuk itu kami sangat menyarankan untuk menggunakan jasa saja.

Kira kira seperti itulah pembahasan dapat kami sampaikan kepada anda semua, mulai dari pengertian, fungsi, tips serta biaya dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu bagi semua orang sedang membutuhkannya.