5 Cara Membuat Cakar Ayam 2021 : Ukuran Pondasi & Biaya Terlengkap

Cara Membuat Cakar Ayam – Kita tentunya mengenal pondasi sebagai dasar atau bagian bawah dari sebuah bangunan. Di Indonesia ada berbagai jenis pondasi yang digunakan, paling terpopuler dan terkenal adalah cakar ayam.

Pondasi cakar ayam adalah bagian dasar dari bangunan yang mirip bentuknya seperti kaki unggas. Didalam cakar ayam terdapat pipa beton yang mirip cakar dimana kegunaanya mencengkeram tanah sehingga bangunan atasnya lebih kokoh.

Anda bisa melakukan CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN SEMEN untuk pondasi cakar ayam dengan mudah. Selain itu cakar ayam juga dapat diterapkan pada konstruksi bangunan dengan jenis tanah lembek ataupun keras.

Karena kekuatannya anda bisa melakukan cara membuat cakar ayam rumah 2 lantai atau bahkan gedung bertingkat. Bahkan cakar ayam juga diterapkan dalam pembangunaan jembatan layang, mall, landasan pacu dan berbagai konstruksi besar lainnya.

Cara Membuat Cakar Ayam

Cara membuat cakar ayam berbeda beda untuk setiap kebutuhan bangunan, jika beban semakin berat secara otomatis ukurannya semakin besar. Selain itu saat ini lebih mudah karena banyak besi cakar ayam yang sudah jadi sehingga tinggal memasangnya saja.

Kelebihan Pondasi Cakar Ayam

Kekakuan pondasi cakar ayam akan mengikuti tekanan tanah sehingga akan menghemat biaya konstruksi. Cakar ayam dipilih banyak orang karena berbagai keunggulan yang dimilikinya, supaya lebih jelas simak seperti berikut.

Kelebihan Pondasi Cakar Ayam
  • Dapat dibangun pada permukaan tanah apapun termasuk lembek dan berair. Lebih tahan ambles karena cakar ayam mencengkeram kuat tanah.
  • Daya dukung yang lebih baik karena memiliki celah untuk tampungan pengembangan karena cuaca.
  • Tidak membutuhkan drainase karena semua komponen cakar ayam menggunakan beton kuat.
  • Dapat digunakan pada seluruh wilayah Indonesia.
  • Mampu membuat bangunan tahan terhadap goncangan.
Baca  Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam (Rumah 1 lantai & 2 Lantai)

Cara Membuat Cakar Ayam

Cara membuat cakar ayam wajib memperhitungkan material dan juga biaya yang akan dihabiskan. Seperti CARA MEMASANG WALLPAPER DINDING PER METER anda juga wajib melakukan pengukuran supaya hasilnya lebih akurat.

Cara Membuat Pondasi Cakar Ayam

1. Pilih Material Cakar Ayam

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah memilih material yang akan digunakan. Biasanya banyak orang menggunakan material besi ulir ataupun besi mulus, namun semuanya bergantung kepada selera dan keinginan anda.

2. Cara Menghitung Kebutuhan Besi Cakar Ayam

Jika ingin membuata cakar ayam sendiri maka anda wajib menghitung kebutuhan besi. Misalnya anda memilih besi ulir untuk pondasi cakar ayam dengan ukuran 100x100cm, maka perhitungan lengkapnya sebagai berikut.

Perhitungan(90+15+15+35+35+25)x10
Total Besi215×10 = 2150cm atau 21.5 meter

Namun jika anda memilih membeli besi cakar ayam yang sudah jadi maka tidak perlu melakukan perhitungan. Untuk dimensi tulangan besi berukuran 80 cm x 80 cm memiliki harga sekitar Rp.300.000 pada toko bangunan.

3. Menghitung Biaya Tenaga

Akan lebih baik apabila anda menggunakan tenaga borongan karena murah. Memang setiap daerah memiliki besaran upah berbeda, biasanya antara Rp.60.000 sampai Rp.75.000 untuk membuat sebuah rangkaian tulangan besi.

4. Memilih Rangka Baja

Langkah berikutnya silahkan pilih rangka baja terbaik, bisa ditanyakan pula ke tenaga kuli ataupun toko bangunan. Penggunaan rangka baja mampu membuat bangunan lebih kuat terkena guncangan atau bahkan gempa.

5. Membuat Cakar Ayam

Sesuaikan cakar ayam dengan beban sebuah bangunan dan kondisi tanahnya. Dasar pondasinya dibuat memakai pipa besi berjarak 2 sampai 3 meter kedalam, untuk diameternya berukuran 1.2 sampai dengan 8 centimeter.

Pada bagian plat beton pilih ketebalan antara 10 sampai 15 centimeter supaya kokoh. Bagian tulangan kolom didalamnya akan menjadi tonggak utama, sedangkan begel ditengah digunakan menopang sisi konstruksi cakar ayam

Baca  5 Cara Membuat Tiang Tandon Air 2021 : Bahan, Biaya & Pemasangan

Demikian informasi dari Ahlikuli.com semoga bisa menjadi referensi saat akana membuat cakar ayam. Sesuaikan kembali ukuran dengan konstruksi bangunan anda supaya bisa mendapatkan hasil pondasi yang kokoh dan tahan lama.