9 Cara Memperbaiki Lantai Beton Retak Paling Mudah

Cara Memperbaiki Lantai Beton Retak – Rumah dengan gaya minimalis modern saat ini memang banyak dipiliha oleh sebagian orang. Hal ini karena tampilannya yang cukup menarik dan elegan serta biaya yang diperlukan untuk membuat juga bisa dikatakan cukup terjangkau, akan tetapi dengan melihat model dan juga material yang digunakan terlebih dahulu.

Terkadang ada rumah minimalis modern yang memerlukan banyak biaya karena penggunaa material dan model yang sangat baik. Namun untuk rata-rata pengeluaran biaya dalam membuat rumah minimalis modern biasanya berkisar antara Rp 200-300 juta.

Berbicara mengenai rumah minimalis modern, banyak rumah dengan konsep tersebut yang menggunakan lantai berbahan dasar beton. LAntai beton memang sangat cocok untuk model rumah minimalis. Selain tampilannya yang elegan, lantai beton dikenal awet, kuat dan tahan lama.

Namun ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam penggunaan lantai beton, seperti perawatan dan juga perbaikannya. Karena terkadang kita kerap melakukan hal-hal yang tanpa kita sadari akan merusakan lantai tersebut.

Cara Memperbaiki Lantai Beton Retak Paling Mudah

Cara Memperbaiki Lantai Beton Retak 1

 

Lantai beton yang mengalami kerusakan biasanya terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah karena faktor lingkungan, kualitas bahan dasar dan juga faktor manusia atau human eror atau kelalaian yang menyebabkan lantai tersebut mengalami kerusakan.

Jenis Kerusakan Lantai Beton

Ada beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada lantai beton, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terjadi keretakan pada bagian atas lantai
  • Honeycom/voids yaitu lubang-lubang yang cukup besar. Hal ini disebabkan karena jarak antar tulangan terlalu dekat, tidak maksimal dalam pencampuran bahan, pengaplikasian yang tidak tepat, dan lain sebagainya.
  • Keropos, dengan besi tulangan terlihat ataupun tidak
  • Permukaan beton yang menggelembung

Alat dan Bahan

Nah untuk memperbaiki keretakan pada lantai beton, disini kalian harus mempersiapkan terlebih dahulu bahan dan juga alat yang dibutuhkan seperti:

  • Semen
  • Pasir
  • Pahat
  • Martil/Palu
  • Bogem
  • Roskam
  • Jidar

Cara Memperbaiki Kertakan pada Lantai Beton

Setelah semua peralatan dan bahan dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah perbaikan. Sebaiknya disini kalian memperhatikan dan memahami terlebih dahulu mengenai jenis keretakan yang terjadi pada lantai beton rumah kalian. Setelah mengetahui jenis kerusakannya barulah kita mulai perbaikannya, untuk langkah-langkahnya dapat kalian simak berikut ini:

1. Pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan menandai lokasi keretakan pada lantai beton terlebih dahulu dengan menggunakkan kapur. Beri jarak sekitar 10-15 cm dari garis tepi keretakan.

2. Kemudian bongkar lantai beton tepat di garis penanda dengan menggunakkan pahat beton, kalian juga harus menghadapkan kape ke arah area yang akan dibongkar.

3. Pukul pahat sedikit demi sedikit menggunakan martil dan kemudian bongkar tepat di garis penanda.

4. Setelah lantai beton berhasil di bongkar, kalian perlu menggali tanah di area tersebut dengan kedalaman 10-15 cm dan padatkan permukaan tanahnya.

5. Buat adonan semen dan pasir untuk menambal lantai beton dengan perbandingan 1:2.

6. Tuangkan adonan semen tersebut ke dalam lubang yang sudah kalian buat tadi. Isi lubang dengan adonan semen hingga penuh.

7. Ratakan permukaan semen menggunakkan jidar agar merata dan sejajar dengan tinggi lantai di sekitarnya. Lalu haluskan permukaan atas menggunakan roskam.

8. Biarkan adonan semen tadi mengering dengan sendirinya. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 7 hari hingga tambalan benar-benar kuat.

9. Selama proses pengeringan, kalian dapat menutupi tambalan ini dengan menggunakan kain basah agar dapat mengering sempurna.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai tips memperbaiki lantai beton yang retak. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara memperbaiki tembok retak yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.