12 Cara Mengecat Kayu Paling Mudah untuk Pemula

Cara Mengecat Kayu – Mungkin dari kalian semua pernah ada yang mencoba untuk melakukan pengecatan kayu sendiri tanpa memesan jasa tukang cat. Sebenarnya pengecatan dapat dilakukan dengan cukup mudah, asalkan kalian mengetahui dengan baik dan benar bagaimana langkah-langkahnya.

Nah pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara mengecat kayu paling mudah untuk para pemula. Seperti kita ketahui bahwa cat memiliki banyak sekali jenis warna yang dapat kita pilih sesuai dengan selera dan di sesuaikan dengan konsep ruangan yang ada di rumah agar serasi.

Kayu adalah salah satu bahan yang banyak sekali digunakkan, seperti dengan pembuatan furniture meja, kursi, lemari, rak, hiasan dinding dan lain sebagainya. Biasanya pemilik rumah terkadang bosan dengan warna kayu yang hanya itu-itu saja, maka tak jarang jika mereka memilih untuk mengecat ulang perabotan kayu tersebut.

Nah dalam pengecatan kayu ini diperlukan beberapa alat dan bahan dan barulah ke tahapan pengecatan. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai langkah-lankah cara mengecat kayu paling mudah untuk pemula yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Mengecat Kayu Paling Mudah untuk Pemula

Cara Mengecat Kayu

Alat dan Bahan

Sebelum memulai pengecatan, persiapan awal adalah dengan mempersiapkan alat dan juga bahan-bahan yang diperlukan, antara lain adalah berikut ini:

  • Cat kayu
  • Cat dasar (meni) kayu
  • Kuas
  • Amplas
  • Kain lap
  • Kertas koran

Proses Tahapan Pengecatan Kayu

Ratakan Permukaan Kayu Menggunakan Amplas

Langkah pertama adalah kalian dapat meletakkan furniture kayu yang akan dicat diatas koran bekas. Kemudian amplas permukaan kayu dengan merata. Lakukan pengamplasan berulang-ulang hingga permukaan kayu benar-benar halus. Utamakan pengamplasan pada bagian sudut furniture yang melengkung karena bagian ini membutuhkan usaha ekstra agar hasilnya merata. Kalian juga dapat melakukan pengamplasan pada bagian belakang.

Aplikasi Dempul/Meni sebagai Lapisan Dasar

Langkah selanjutnya adalah lapisi dempul pada permukaan kayu dengan menggunakan meni kayu sebagai cat dasar. Kalian dapat melapisinya 2 sampai 3 kali. Fungsi dari lapisan ini adalah untuk menghasilkan cat luar yang berwarna sempurna dan tidak kusam. Dempul juga akan menutupi pori-pori pada permukaan sehgingga teksturnya menjadi halus. Untuk pelapisan dempul yang kedua kalian dapat menunggu sampai lapisan pertama benar-benar kering.

Amplas Kembali untuk Menghaluskan

Nah setelah pelapisan pada permukaan kayu menggunakan dempul telah benar-benar kering, maka selanjutnya kalian dapat mengamplas permukaan kayu kembali agar permukaan bidang kayu menjadi lebih halus, rata dan tidak bergelombang. Lakukan pengamplasan ringan saja, jangan terlalu kasar agar cat dasar tidak menghilang.

Aplikasikan Cat Kayu Sebanyak 2 – 3 Kali

Setelah langkah sebelumnya telah selesai maka selanjutnya adalah pengecatan. Mulailah dengan memberikan goresan-goresan kecil cat yang diikuti dengan goresan yang lebih besar. Berikan minimal 2-3 kali lapisan agar warna cat dapat keluar. Lapisan pertama goreskan tipis-tipis saja dan tidak perlu diratakkan.

Untuk lapisan kedua ini memiliki fungsi meratakan lapisan cat, sedangkan lapisan terakhir bisa dikatakan sebagai finishing agar warna yang dihasilkan keluar dan terlihat rata.  Namun untuk langkah ketiga kalian dapat menunggu hingga lapisan kedua benar-benar kering.

Keringkan Cat Kayu

Setelah pengecatan selesai, kalian dapat mengeringkannya. Untuk pengeringan dapat dilakukan dengan membiarkannya terkena angin saja, jangan dijemur dibawah terik matahari langsung. Letakkan ditempat yang teduh hingga seluruh bagian cat benar-benar mengering sempurna.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara mengecat kayu paling mudah untuk pemula. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai harga plitur kayu yang telah ahlikuli.com sampaikan di postingan sebelumnya.