Cara Menghitung Kebutuhan Pintu Kayu & Biaya Jasa Tukang

Cara Menghitung Kebutuhan Pintu Kayu – Hampir kebanyakan orang melakukan perhitungan terlebih dahulu ketika ada niatan untuk membuat hunian, tidak hanya kebutuhan batu dan bata saja. Beberapa komponen lain juga harus ada perhitungan terlebih dahulu, agar nantinya anggaran akan sesuai dengan semuanya.

Sebagai contoh saja, pintu memiliki beberapa bagian bagian mulai dari kusen pintu serta daun pintu wajib menghitung kebutuhan bahan kayu dan berapa besar biaya pembuatannya. Karena masih banyak yang belum mengetahui, pada pertemuan kali ini kami akan informasikan itu semua, jadi simak terus artikel ini sampai selesai.

Untuk melakukan perhitungan wajib mengetahui volume daun pintu serta panjang keseluruhan kusen pintu, dengan mengetahui volume maka lebih mudah dalam menghitungnya. Adapun cara menghitung kebutuhan pintu kayu tidak jauh berbeda dengan CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN HEBEL dan lainnya.

Dimana wajib mengetahui ukuran panjang & lebar, pada umumnya satu set pintu memiliki ukuran tinggi 2 meter serta lebar 80 cm, meski ada juga yang berukuran 90 cm. Ketika sudah mengetahui ukuran, maka ketahui rumus menghitung seperti apa, agar nantinya lebih mudah.

Cara Menghitung Kebutuhan Pintu Kayu Biaya

Jika sampai disini belum mengetahui rumus cara hitung daun pintu dan kusen, sebaiknya simak artikel ini sampai selesai agar nantinya anda mudah mengaplikasikan. Baiklah tanpa perlu berlama lama, langsung saja simak artikel telah dipersiapkan oleh Ahlikuli.com seperti dibawah ini.

Cara Menghitung Kebutuhan Pintu Kayu

Cara Menghitung Kebutuhan Pintu Kayu

Hal pertama harus diketahui adalah lebar daun pintu berapa serta tinggi daun pintu berapa, maka lebih mudah cara menghitung kebutuhan bahan daun pintu. Pada umumnya setiap daun pintu memiliki ukuran lebar 80 cm dan tinggi 2 meter.

Baca  8 Tips & Cara Membuat Talang Air Beton Paling Mudah

Jadi rumusnya begini ukuran tersebut diubah menjadi satuan meter maka 0,80 x 2 meter, maka luas daun pintu tersebut 1,6 meter. Untuk menghitung kebutuhan maka membutuhkan 3 lembar papan karena pada umumnya memiliki lebar 20 cm.

Sedangkan sisi samping kanan kiri membutuhkan papan dengan tebal 5 cm serta lebar 10 cm, jadi perhitungannya membutuhkan 2 lembar papan. Itu sudah termasuk untuk bagian bawah serta atas, karena pada umumnya papan memiliki panjang 3 meter.

Cara Menghitung Kebutuhan Kusen Pintu

Cara Menghitung Kebutuhan Kusen Pintu

Sedangkan cara menghitung kebutuhan kusen pintu jauh lebih mudah, cukup menghitung panjang keseluruhan, adapun perhitungannya sebagai berikut :

Tinggi 2.15 m & lebar 90 cm dari ukuran tersebut memiliki panjang 2.15 m + 0.9 m + 2.15 m = 5.20 m. Biasanya bahan buat kusenan memiliki panjang 3 meter per batang, jadi kebutuhan kusenan kayu sekitar 3 batang .

Karena satu batang tidak bisa dibagi dua, jadi memerlukan 3 batang bahan kusenan dan ini untuk satu buah saja. Apabila membutuhkan 3 kusenan pintu hanya membutuhkan 7 batang saja. Karena yang satu batang bisa dipotong menjadi 3 bagian masing masing 90 cm.

Biaya Pembuatan Kusen & Daun Pintu

Biaya Pembuatan Kusen Daun Pintu

Karena banyak yang belum mengetahui berapa si biaya jasa pembuatan kusenan pintu & daun pintu ? Terkait hal ini memang tidak dapat dipastikan berapa besar. Karena ada beberapa jasa yang menghitung dari per unit dan ada juga yang menghitung per meter.

Jika menghitung per unit biasanya biaya pembuatan daun pintu kisaran Rp 300.000 sampai 400.000, itu bahan kayu dari anda sendiri jika ingin terima beres biasanya kurang dari 1 juta rupiah tergantung jenis kayunya apa.

Sedangkan kusenan kurang lebih Rp 200.000 per unit, sedangkan untuk per meter biasanya Rp 50.000. Jadi untuk biaya jasa pembuatan 3 pintu sekitar Rp 1.500.000, nominal tersebut bukan menjadi patokan, karena setiap daerah pasti berbeda beda.

Baca  5 Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 40x40 : Lantai & Dinding

Kesimpulan

Setelah menyimak pembahasan seperti diatas, tentunya sudah paham bukan ? Jika ingin mengetahui secara detail, pada saat melakukan perhitungan bisa didampingi oleh orang yang berpengalaman sehingga lebih akurat. Apabila ingin lebih simpel, pesan saja yang sudah jadi karena perbedaannya tidak terlalu jauh.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan bahan kayu daun pintu dan kusen serta biaya pembuatan dapat Ahlikuli.com sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti tersebut.